Civs

UALA KOPI: ‘CREATIVE SPACE’ SEJUK BERNUANSA ‘VINTAGE’ DI KOTA PAHLAWAN

Biasanya kedai kopi yang penuh dengan tanaman berada di kota-kota yang ada di dataran tinggi seperti Malang atau Bandung. Namun, di Surabaya yang panas, sebuah kedai kopi tampil beda dengan kerimbunannya.

title

FROYONION.COM - Di perbatasan kota Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di gang Kutilang no. 10, Karang Pilang, Surabaya Selatan, di bawah jembatan layang jalan tol, ada tempat nongkrong asri & adem banget, yang bisa membawa pengunjungnya merasakan seperti sedang tidak di Surabaya. 

Uala Kopi, nama yang mudah tuk diingat dan relevan dengan tempatnya yang cukup tersembunyi di dalam gang kecil. Mengusung konsep yang rimbun dengan berbagai macam tanamannya, dari tanaman yang menjalar sampai tinggi ada di sini. Halaman rumah bergaya vintage yang sederhana disulap menjadi kedai kopi yang tenang dari hiruk pikuk perkotaan yang sesak dan cukup melelahkan. 

Uala Kopi adalah salah satu solusi sebagai ruang tuk rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan yang melaju begitu cepat ini. Bisa jadi salah satu rekomendasi tempat nongkrong buat lu Civilion yang di Surabaya maupun Sidoarjo. Tempat nongkrong yang recommended banget, Lu bisa nongkrong sambil nikmatin suasana halaman rumah bergaya vintage sederhana nan asri dipenuhi tanaman rimbun yang bisa buat pikiran adem dan fresh.

Bukan hanya tempat yang asri dan rimbun, di Uala Kopi juga disajikan furnitur-furnitur yang kental dengan cita rasa vintage, menambah keindahan rumah sederhana bergaya vintage ini kian terasa. Furnitur-furnitur tersebut ada berbagai macam, meliputi televisi tabung,rak meja set, kamera analog, mesin ketik, radio, hingga piring keramik.

BACA JUGA: THE FUMES: TEMPAT NONGKRONG NYENTRIK ALA ANAK MOTOR DI SURABAYA

Uala Kopi di Surabaya memiliki nuansa vintage. Walau outdoor, Uala Kopi terhindar dari gangguna nyamuk.
Uala Kopi di Surabaya memiliki nuansa vintage. Walau outdoor, Uala Kopi terhindar dari gangguna nyamuk.

Semakin malam, suasana di Uala Kopi ini kian syahdu. Ditambah sinaran lampu berwarna kuning, suasana vintage ala-ala makin terasa dalam. Uniknya, berada di rerimbun tanaman di sini malah tidak ada gangguan dari serangan nyamuk sama sekali.

Salah seorang pengunjung bernama Gilang juga berpendapat bahwa Uala Kopi adalah tempatnya untuk menikmati kopi sembari melepas kepenatannya dari dunia kerja. Tempat yang cukup nyaman dan tenang, ditambah tanaman yang ada di setiap sudut serta akar yang menjalar di atap tempat nongkrong adalah keindahan tersendiri baginya. 

Ketika pengunjung datang maka akan disambut dengan ramah oleh para barista, begitu juga ketika pengunjung hendak meninggalkan Uala Kopi maka para barista pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungannya dan salam perpisahan.

Uala Kopi buka setiap hari kecuali hari Kamis, Senin sampai Rabu buka pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB, untuk hari Sabtu dan Minggu buka lebih awal dari pukul 07.35 WIB sampai 22.00 WIB serta khusus di hari Jumat dibuka siang sejak pukul 13.30 WIB sampai 22.00 WIB.

Untuk menu yang  disajikan juga variatif dari berbagai camilan, kopi, kopi susu, susu, burger, roti, hingga mocktail. Tampilan daftar menu sendiri tidak menggunakan kertas atau buku seperti di tempat-tempat lain secara umum, daftar menu di Uala Kopi ini ditulis di atas stick es krim dan ditata rapi. 

BACA JUGA: ALASAN KENAPA NONGKRONG BISA MEMBERIMU BANYAK INSPIRASI BARU

Uala Kopi di Surabaya menyediakan kopi dan camilan dengan harga terjangkau.
Uala Kopi di Surabaya menyediakan kopi dan camilan dengan harga terjangkau.

Harga menu di sini juga bermacam-macam, untuk olahan kopi mulai dari 5 ribu rupiah, kopi susu mulai dari 13 ribu rupiah, olahan varian susu mulai 13 ribu rupiah, mocktail dibandrol dengan harga dari 15 ribu rupiah, roti dengan harga start dari 3 ribu rupiah, serta camilan dihargai mulai dari 10 ribu rupiah. 

Bisa dikatakan harga menu di Uala Kopi ini sangat murah, dibandingkan dengan cita rasa camilan dan minuman yang dapat memikat penikmatnya, serta tempat yang disediakan sangat nyaman. 

Hanya saja di Uala Kopi ini tidak menyediakan menu minuman dari varian teh. Tetapi secara keseluruhan Uala Kopi adalah tempat terbaik untuk healing dari sibuknya Surabaya maupun Sidoarjo tepat di perbatasan dua kota tersebut. (*/)

BACA JUGA: ALASAN KENAPA LAPTOPAN DI COFFEE SHOP BISA BIKIN LO BERPIKIR KREATIF

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Imam Luqman

Mahasiswa Sastra Indonesia tingkat akhir di salah satu kampus negeri di Surabaya, anggota masyarakat urban di Surabaya dan aktif di kesenian teater dan film pendek