Potensi Diri

ALASAN KENAPA NONGKRONG BISA MEMBERIMU BANYAK INSPIRASI BARU

Salah satu budaya di kalangan anak muda saat ini adalah suka nongkrong dan ngopi, dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun, terkadang dalam pemikiran orang tua, anak muda yang suka nongkrong dan ngopi adalah anak muda yang buang-buang waktu saja. Padahal banyak hal positif yang bisa kita dapetin dari nongkrong.

title

FROYONION.COM - Bukan hal yang asing lagi untuk saat ini mendengar kata nongkrong dan ngopi.  Apalagi sekarang hampir di setiap sudut kota terdapat kafe dan kedai kopi yang sangat populer di kalangan anak muda. Ditambah para pemilik kafe ini juga berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya, mulai dari live musik, harga biasa rasa bintang lima dan juga beberapa spot foto yang estetik untuk kebutuhan instastory lo yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah kafe.

Bagi anak muda seperti gue, budaya nongkrong dan ngopi ini merupakan sarana atau media pelepas stres yang mudah dijangkau dan murah pastinya. Soalnya pasti ada aja yang bertindak sebagai badut di tongkrongan yang bisa jadi pencair suasana dan pembangkit mood booster lo saat sedang sedih.

Apalagi kalau lo sekarang berstatus menjadi mahasiswa dan punya circle sendiri, pasti budaya nongkrong ini nggak bisa lepas dari kehidupan lo, ada aja tiap minggu yang ngajakin “Eh ntar ngopi yuk? Ada kafe baru yang tempatnya bagus dan murah disana!". Nggak mungkin kan lo cuma mengurung diri dikamar aja setiap harinya, makin stres yang ada jadinya.

Namun, hal ini bisa berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh orang tua kita, mereka menganggap bahwa nongkrong dan ngopi adalah kegiatan yang sia-sia dan tidak ada tujuan pasti yang jelas, hanya membuang waktu saja.

Padahal ketika kita nongkrong bareng temen rame-rame pembahasannya bisa sampai kemana-mana, bisa saling bertukar pikiran, berdiskusi, cari inspirasi baru, dan juga ngomongin hidup dari berbagai sudut pandang. Di sini gue mencoba menjelaskan hal positif yang bisa lo dapetin ketika ikut  nongkrong.

BACA JUGA: ALASAN KENAPA LAPTOPAN DI COFFEE SHOP BISA BIKIN LO BERPIKIR KREATIF

1. TEMPAT DISKUSI

Ketika lo sedang ngopi secara nggak sadar akan banyak ngobrolin hal-hal yang random banget, makanya terkadang juga merambat ke fenomena sosial di sekitar lo. Misalnya, pasti ada aja yang membuka obrolan terhadap isu-isu sosial, ekonomi, politik, budaya, konspirasi, dan teknologi. Di samping itu, lo akan menjadi lebih paham bagaimana menyikapi permasalahan yang ada.

Hal inilah yang membuat lo bisa menemukan inspirasi baru soalnya bisa jadi tempat bertukar pikiran dan membuka wawasan baru bagaimana cara memandang persoalan hidup. Gue juga beberapa kali agak kaget bisa menemukan ide-ide unik dan keren dari tongkrongan, yang mana ide tadi bisa gue terapkan dalam karya gue nantinya. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda akan membuat lo lebih bisa melihat permasalahan dengan berbagai macam sudut pandang. Karena memang waktu nongkrong baik di kafe,warung kopi atau coffee shop adalah waktunya buat lo akrab sama circle lo.

2. MEDIA PELEPAS STRESS

Pasti ada aja waktu lo nongkrong di kafe atau coffe shop salah satu orang yang emang jadi badutnya disitu, sukanya ngelempar jokes-jokes lucu gitu. Atau dengan kelakuan konyolnya yang diluar dugaan. Atau justru lo sendiri yang jadi pencair suasana di tongkrongan nih Civs? Selain dengan kehadiran temen lo yang suka ngebanyol atau jadi badutnya tadi, lo juga bisa memanfaatkan kafe untuk tempat menyendiri. Terkadang kita emang membutuhkan waktu untuk sendiri sejenak dari rutinitas yang kita jalani tiap hari baik dari kuliah atau kerjaan.

BACA JUGA: MACAM-MACAM PASSWORD WIFI YANG UNIK DI WARUNG KOPI SURABAYA

3. NUGAS ATAU KERJA

Kafe atau coffee shop juga menjadi salah satu tempat yang nyaman dipakai untuk ngerjain tugas kuliah atau pekerjaan. Ruang yang luas serta fasilitas yang lengkap membuat kafe jadi tempat nyaman bagi para mahasiswa mengerjakan tugas kelompok, skripsi atau tesis. Begitu juga dengan menyelesaikan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dunia kreatif.

Misal membuat desain atau menulis konten. Ide seakan-akan mengalir deras kalau lo berada di kafe kayak gitu. Makanya sebagian besar dari generasi milenial yang ingin mencari inspirasi, butuh suasana baru dengan bekerja atau nugas di kafe.

Nongkrong memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian anak muda dari pekerja kreatif maupun mahasiswa. Namun, ingat Civs, lo juga perlu mengatur waktu agar berjalan seimbang, nggak tiap hari nongkrong terus di kafe, yang ada malah bikin boros dan nggak bisa nabung. Budaya konsumtif saat lo berada di coffee shop juga perlu kita perhatikan agar dapat menghemat pengeluaran. (*/) 

BACA JUGA: MELALUI KOPI DAN SENI, PROJECT ‘KEPADA TANAH’ AJAK KITA LEBIH PEDULI ISU WADAS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan