Books

MAU LEBIH RAJIN BACA BUKU? FOLLOW 7 AKUN BOOKSTAGRAM TERPOPULER INI!

Ingin baca buku tapi bingung menemukan bacaan yang tepat? Cek rekomendasi akun bookstagram di sini untuk mengetahui ulasan singkatnya!

title

FROYONION.COMBagi sebagian orang, membaca buku adalah hobi yang menyenangkan dan sering dijadikan sebagai cara untuk menghibur diri. Sementara itu, sebagian yang lain bukan hanya menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi, melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Salah satu cara menemukan komunitas membaca dengan mudah dan praktis adalah dengan mengikuti akun-akun bookstagram di Instagram. Bookstagram itu sendiri merupakan sekumpulan pecinta buku yang mengunggah ulasan bacaan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia literasi di akun Instagram. 

BACA JUGA: DARI FIKSI HINGGA BUKU LAWAS, 10 WEBSITE INI MENYEDIAKAN E-BOOKS GRATIS

Bookstagram tidak hanya mengunggah ulasan buku, tetapi juga gambar buku yang indah dan estetik. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mengikuti akun bookstagram. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan yakni sebagai berikut:

  • Membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki hobi dan minat yang sama.
  • Mengetahui tempat-tempat yang menjual buku berkualitas, baik online maupun offline.
  • Mengetahui judul-judul buku yang bagus, menarik, dan relate dengan kebutuhan diri sendiri.
  • Meningkatkan semangat membaca buku.
  • Lebih mengenal seni menyusun buku yang estetik.
  • Menambah wawasan dengan membaca review singkat dari bookstagram.
  • Bermain media sosial bukan cuma buang-buang waktu, tapi memperoleh insight untuk bertumbuh.

BACA JUGA: TAK CUMA MUSIK, ADA JUGA KOMUNITAS BUKU KHUSUS KPOPERS INDONESIA

AKUN BOOKSTAGRAM INDONESIA TERPOPULER 2023

Berikut adalah beberapa akun bookstagram Indonesia terpopuler yang layak di-follow bagi para pecinta buku:

1. @bacaanalya (67,9rb+ followers)

Rekomendasi akun bookstagram yang pertama adalah @bacaanalya. Akun ini banyak mengulas buku-buku non fiksi, dari yang mainstream hingga anti mainstream.

Buku yang diulas juga bukan hanya dari berbagai penerbit mayor yang terkenal, tetapi juga dari berbagai penerbit indie yang sedang bertumbuh.

Alya Putri, pemilik akun ini konsisten mengunggah foto-foto buku dalam style yang simple, natural, dan cenderung memanfaatkan ruang terbuka. Hal tersebut tentunya tidak mengurangi kesan estetik pada feeds Instagram yang dibuatnya.

Dengan mengikuti Instagram @bacaanalya, kamu bisa mengetahui buku-buku kece non fiksi yang menarik dan patut dibaca. 

2. @sintiawithbooks (47,8rb+ followers)

Sintia adalah bookstagram yang sering mengeksplor berbagai bookish place, baik perpustakaan umum, perpustakaan khusus, taman baca, cafe book, dan lain sebagainya.

Ruang literasi yang dieksplornya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sebut saja Bandung, Jogjakarta, Jakarta, Aceh, Solo, Semarang, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya dapat menjadi informasi yang menarik bagi para pecinta buku yang ingin menambah koleksi bukunya di toko offline.

Buku-buku yang diulas Sintia cukup beragam, mulai dari antologi puisi, cerpen, novel, self improvement, dan lain-lain.

3. @vioreadsbooks (37rb+ followers)

Akun Instagram @vioreadsbooks aktif mengulas berbagai jenis buku, baik fiksi maupun non-fiksi dari berbagai penulis Asia, Eropa, hingga Amerika.

Penjelasan tentang buku yang ditulis di-caption cukup panjang dan lengkap, sehingga memudahkan pembaca untuk memperoleh informasi yang detail. Vio juga kerap mengunggah reels yang menghibur dan edukatif yang tentunya relate dengan kebiasaan para pembaca.

4. @shanifiction (34,5rb+ followers)

Jika dilihat dari nama akunnya, bisa diketahui bahwa @shanifiction adalah bookstagram pecinta buku fiksi. Terang saja, feeds Instagram akun ini memang dipenuhi buku-buku fiksi lintas genre, mulai dari fantasi, romance, horor, dan lain-lain.

Meskipun demikian, tidak jarang ia juga kerap membagikan ulasan buku-buku pengembangan diri yang dapat membuat mind blowing. Hanifa–sapaan akrabnya memiliki rak buku besar di kamarnya yang terisi penuh dengan kumpulan buku. Foto-foto perpustakaan pribadinya tersebut juga banyak menghiasi feeds Instagram-nya yang sangat cantik dengan balutan gaya rustic dan tone vintage.

BACA JUGA: 4 ALASAN RUGINYA BELI BUKU BAJAKAN

5. @missfioree (32rb+ followers)

Para pecinta buku mungkin sudah akrab dengan akun yang satu ini karena cukup "veteran" di dunia bookstagram. Mengusung tema vintage, feeds @missfioree sangat cantik dan estetik untuk dieksplor para followers-nya.

Selain membagikan ulasan buku beserta foto buku cantiknya, wanita yang akrab disapa Wardah ini juga sering memberikan tips-tips agar pembaca bisa survive menekuni dunia literasi.

6. @welldonemusthofa (30,3rb+ followers)

Bagi kamu yang mencari akun bookstagram cowok, maka @welldonemusthofa adalah salah satu yang bisa dipilih. Feed Instagram di akun ini menggunakan warm filter yang tentunya membuat kita merasa nyaman ketika menjelajahinya.

Buku-buku yang diulas oleh Musthofa juga sangat bervariasi dan tentunya sangat menginspirasi para calon pembaca yang ingin menemukan bacaan yang bagus.

Selain berisi ulasan buku, akun Instagram @welldonemusthofa juga sering mengunggah berbagai quotes seputar literasi yang mampu meningkatkan motivasi membaca buku.

7. @dybacain (24,1rb+ followers)

Rekomendasi akun bookstagram yang wajib diikuti berikutnya adalah @dybacain. Mayoritas buku bacaan yang diulas bertema self improvement, namun sesekali juga novel.

Selain menulis ulasan, @dybacain juga menambahkan informasi terkait toko yang menjual buku-buku yang dibacanya. Buku-buku yang diulas tersebut bukan hanya menggunakan bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa Inggris.

Pastinya, kamu tidak akan bosan ketika mengeksplor feeds Instagram ini karena pemilihan warna filternya sangat manis dan hangat.

8. @fathiyah_azizah (22,8rb+ followers)

Fathiyah Azizah adalah bookstagram yang mengulas berbagai macam buku, mulai dari agama, sastra klasik, self improvement, dan lain-lain. Desain foto buku yang menghiasi feeds akun Instagram ini menggunakan tema vintage dan rustic yang tentunya sangat memanjakan mata.

Ulasan yang dibuat oleh Fathiyah juga mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana dan familiar di kalangan orang awam.

Tidak jarang, Ibu enam anak ini mengunggah jepretan perpustakaan pribadinya yang cantik dan besar, sehingga selalu berhasil membuat para pecinta buku kagum dibuatnya.

Beberapa rekomendasi akun bookstagram yang disebutkan di atas tentunya dapat membantu pembaca dalam memahami isi suatu bacaan dengan mudah dan ringkas. Selain itu, para pecinta buku juga berkesempatan meningkatkan semangat dalam membaca buku karena telah menemukan ekosistem literasi yang sehat melalui bookstagram. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dilla Hardina

Content writer dan Japanese pop culture entusiast