Books

5 REKOMENDASI AKUN BOOKSTAGRAM YANG BISA BIKIN AKTIVITAS BACA BUKUMU LEBIH SERU

Kalau aktivitas baca bukumu mulai membosankan dan kurang menarik, mungkin kamu perlu follow beberapa akun bookstagram di bawah ini agar aktivitas baca bukumu jadi lebih seru!

title

FROYONION.COM - Kalau kamu familiar dengan kata “selebgram”, yaitu para pengguna media sosial Instagram yang cukup terkenal dan memiliki jumlah followers dari ribuan hingga jutaan, yang beberapa di antaranya punya tanda centang biru di samping nama akunnya, mungkin ini akan terdengar mirip dengan bookstagram karena sama-sama memiliki akhiran “gram” di belakangnya, karena keduanya sama-sama melakukan aktivitas membuat konten di media sosial Instagram.

Lalu apa itu bookstagram? Jadi bookstagram adalah sebutan untuk orang-orang yang senang membaca buku dan kemudian membagikan aktivitas membacanya melalui Instagram.

Aktivitas membaca buku oleh akun bookstagram
Aktivitas membaca buku oleh akun bookstagram. (Sumber gambar: Sincerely Media)

Biasanya bookstagrammer (sebutan untuk pemilik akun bookstagram) ini memberikan informasi tentang buku apa yang sedang dibaca dengan mengunggah foto atau video dan mengulas isi buku tersebut secara singkat dan juga berbagi tips tentang kebiasaan membaca mereka.

Nah, berikut adalah 5 rekomendasi akun bookstagram yang bisa kamu follow biar dapet rekomendasi buku bacaan favorit dan juga referensi aktivitas baca buku yang seru. Check it out!

1.  Hzboy1906

Akun bookstagram yang dibuat oleh Kak Hestia ini berisi dokumentasi tentang buku yang lagi dibaca beserta review singkatnya. Selain itu, Kak Hestia biasanya juga memberikan informasi tentang harga buku yang (lagi diskon) dari beberapa tempat entah itu toko offline seperti Gramedia, Periplus, BBW maupun online seperti Kindle. Jadi selain bisa dapet referensi daftar bacaan, kamu juga bisa tahu diskon di toko tertentu dan bisa membuat belanja buku kamu lebih terjangkau.

Dan yang tidak kalah serunya, Kak Hestia yang baru - baru ini dilantik sebagai duta baca Jakarta juga menjadi inisiator gerakan baca buku senyap yang bernama bacabareng.sbc yaitu gerakan membaca buku bersama dengan hadir dan membawa buku bacaan yang biasanya dilakukan di ruang terbuka seperti taman, alun-alun, dan pelataran museum. Hal ini juga bisa jadi alternatif kalau kamu ingin membaca buku bareng temen-temen di tempat terbuka. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang buku apa saja yang sudah diulas oleh Kak Hestia dan agenda baca buku bareng, follow akun instagramnya di @hzboy1906 dan @bacabareng.sbc.

2.  Bacaanalya

Kak Alya Putri, pemilik akun @bacaanalya ini juga bookstagrammer yang suka share insights dari buku yang dibacanya. Selain bisa dapat rekomendasi buku yang bisa dibaca dari berbagai genre, Kak Alya juga berbagi mengenai tips membaca buku dan berbagi informasi toko buku offline dari beberapa kota maupun platform online. Dan ini bisa dijadikan referensi untuk kamu yang mau nambah koleksi buku. Kalau kamu berkunjung ke akun Instagramnya akan ada beberapa highlights di sana, dan salah satu yang menarik adalah #bacadimrt, yaitu beberapa dokumentasi foto dari Kak Alya yang lagi baca buku di MRT. Siapa tahu ini juga menginspirasi kamu buat baca buku juga di MRT sambil menunggu waktu perjalanan sampai tujuan.

3.  Fathiyah_azizah

Pemilik akun bookstagram @fathiyah_azizah yang akrab disapa Kak Fathiyah ini juga mendokumentasikan aktivitas baca bukunya dan membuat ulasan dari isi buku di caption Instagramnya. Kalo kamu mengunjungi akun Instagramnya, kamu akan disuguhi foto-foto yang disusun dengan estetik, memanjakan mata dan jadi lebih tertarik untuk scrolling terus-terusan. Selain itu, Kak Fathiyah juga membagikan bagaimana cara beliau merawat buku-bukunya dan kalau lihat beberapa postingan di feed-nya betapa rapi susunan buku yang ada di raknya. Ini bisa jadi referensi kamu untuk merawat buku dengan baik agar buku yang kamu punya tetap rapi dan awet.

4.  Awaywithbook

Kak Wahyu Novianto, yang mengenalkan dirinya dengan nama panggilan Kak Way ini selain membagikan buku-buku yang dibaca dengan ulasan singkatnya. Beliau juga membagikan perjalanannya saat mengunjungi beberapa perpustakaan dan book cafe di beberapa kota, juga tidak lupa spot-spot Book hive di Jakarta yang ikonik dan bisa jadi alternatif kamu buat cari referensi buku yang bisa dipinjam. Melihat postingan-postingan di akun Instagramnya, berasa diajak berjalan-jalan sambil menikmatinya dengan baca buku. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, langsung saja meluncur ke akun Instagram @awaywithbook.

5.  Nge.review

Selain membuat review buku dengan berbagi foto dan video juga menuliskan ulasannya di caption, Kak Shafira Indika juga membagikan beberapa stationery lucu untuk membuat buku jadi lebih berwarna dan menarik, misalnya highlighter, bookmark dan sticky notes untuk memberi tanda di tulisan atau halaman yang penting sehingga membuat buku jadi lebih colorful dan menarik. Dan kalau kamu cek di salah satu highlight-nya ada informasi tentang aplikasi book tracker yang bisa bantu kamu mengelola dan membuat target baca jadi lebih teratur. Selain itu, pada highlight yang lain, Kak Shafira juga membuat ulasan  mengenai aplikasi baca buku secara online. Jadi selain membaca buku fisik, informasi ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang mau mencoba membaca buku secara digital.

Itu dia 5 akun bookstagram yang bukan hanya membagikan dokumentasi perjalanan baca bukunya tapi juga hal-hal menarik yang bisa dilakukan sambil membaca buku sehingga membuat aktivitas baca bukumu lebih seru. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadillah Insani

Seseorang yang akhir-akhir ini tertarik dan sedang belajar lebih dalam tentang content writer.