Books

DARI FIKSI HINGGA BUKU LAWAS, 10 WEBSITE INI MENYEDIAKAN E-BOOKS GRATIS

Jika kamu merupakan pecinta buku sekaligus pejuang gratisan. 10 website ini menyediakan beragam ebook bagus secara gratis.

title

FROYONION.COM — Pengalaman membaca buku secara fisik memang memiliki sensasi tersendiri, dibanding membacanya secara digital. Namun nggak jarang, buku fisik dapat memberatkan tas, apalagi jika buku tersebut tebal. Sekaligus memberatkan kantong juga karena beberapa buku dijual dengan harga yang tidak murah. 

Peran buku digital atau e-books pun menjadi penting. Keberadaannya lebih fleksibel karena bisa diakses dari smartphone tanpa perlu membebani tasmu. Apalagi, jika kamu memiliki Kindle, kamu bahkan dapat merasakan sensasi yang mirip-mirip dengan membaca buku secara fisik. Namun, yang terpenting adalah di internet kamu bisa menemukan berbagai buku digital secara GRATIS. Dari fiksi, buku anak, buku pengembangan diri, dan bacaan favoritmu tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. 

Beberapa website menawarkan di bawah ini menawarkan hingga ribuan bacaan bagus secara gratis, yang bisa langsung kamu download dan baca. 

1. Google eBookstore

Pada menu “free section” kamu akan bisa menemukan berbagai bacaan gratis yang paling dibaca. Dari klasik, drama, maupun fantasi, termasuk karya-karya penulis legendaris seperti Franz Kafka, Agatha Christie, dan Ayn Rand. Begitupun buku nonfiksi, kamu juga bisa menemukannya di sini. Untuk menilai bukunya bagus atau tidak, kamu juga bisa membaca penilaian dan review dari pembaca lain di Google eBookstore. Jika telah memiliki akun Google, kamu tinggal tekan tombol “Read” atau “Baca” tanpa perlu ada tambahan apa-apa lagi.

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini

2. Project Gutenberg

Website ini menyediakan puluhan ribu e-book gratis. Untuk membacanya juga kamu tak perlu repo mendaftar atau membuat akun dulut, tinggal baca saja. Project Gutenberg juga menyediakan berbagai format untuk membaca buku, yang tersedia dalam ePub, Kindle, dan  HTML. 

Novel-novelnya pun lengkap, sastra-sastra terkenal seperti karya Pride & PrejudiceNorthanger AbbeyMansfield Park karya Jane Austen serta novel science fiction seperti Frankenstein karya Mary Wollstonecraft menjadi rentetan novel yang paling sering dibaca para pengunjung. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini

3. Open Library 

Selain membaca buku, Open Library juga mempersilahkan pengunjungnya untuk berdonasi e-books untuk menambah koleksi mereka. Karena sifatnya yang sebagai proyek open online, website ini menyediakan pilihan bahasa, download, dan juga versi rilis dari masing-masing novel. 

Beberapa buku di sini, ada yang bebas dibaca, harus pinjam dulu, atau hanya bisa melihat preview-nya saja. Untuk mengakses novel-novel di sini secara gratis  pengunjung perlu mendaftar dulu di website-nya. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini

4. Internet Archive 

Website ini asli, lengkap banget ebooks yang tersedia. Internet Archive menyediakan buku dengan berbagai bahasa dari Inggris, Spanyol, Jerman, Hindi, Jepang, sampai Yunani pun tersedia. Nggak hanya buku, Internet Archive juga menyediakan mikrofilm, surat kabar, hingga jurnal secara gratis. Namun, kamu perlu cermat-cermat memilih karena, beberapa buku ternyata hanya merupakan preview saja, dan tersedia dengan lengkap. Untuk kelengkapan nggak perlu diragukan, mau cari buku saku insinyur listrik dari tahun 1918, tersedia. Buku resep masakan dari seluruh dunia pun tersedia. Perlu daftar dulu untuk meminjam buku.

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

5. ManyBooks.net

Website ini menyediakan novel-novel populer dengan berbagai bahasa, namun sayangnya belum tersedia bahasa Indonesia. Format download pada website ini juga tersedia berbagai pilihan seperti untuk Kindle, Ipad, atau smartphone. Tampilan website juga rapi dan enak dipandang. 

Membuat mata tak pusing memilih ribuan ebooks yang ada. Mereka juga sudah mengelompokan buku dan novel sesuai genre, sehingga mempermudah pengunjung. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

6. Free-Ebooks.net

Website menyediakan ebook yang bervariasi yang mereka kelompokan seperti fiksi, akademi, dan klasik. Tersedia juga review dari pembaca lain, serta variasi download. Perlu mendaftar dulu, sebelum bisa mengunduh buku-buku pada Free-Ebooks.net. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

7. PDF Books World's

Sesuai namanya, website ini menyediakan ebooks dalam format PDF dengan domain publik. Review, sinopsis, dan karya-karya yang related dengan pilihanmu tersedia pada website ini. Karya-karya klasik seperti The Great Gatsby milik F. Scott Fitzgerald, Romeo & Juliet milik William Shakespeare tersedia di sini. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

8. Feedbooks 

Websitenya rapi serta jelas. Feedbooks menyediakan buku secara gratis dan bayar. Untuk yang gratis, buku-bukunya pun bagus-bagus. Tersedia William Shakespeare, Joseph Conrad, James Joyce, Virginia Woolf, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses versi gratis pastikan kamu ke “Public Domain”. Untuk bisa mengunduh banyak buku, kamu perlu mendaftar ke website mereka.  Kamu juga bisa memilih buku dari penerbit yang berbeda-beda.

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

9. International Digital Children's Library

Buku-buku untuk anak-anak tersedia di sini secara gratis. Variasi buku-buku anak dari yang panjang dan tingkat kesulitan yang berbeda bisa ditemukan di sini. Tersedia juga dalam berbagai bahasa, namun sayang belum ada bahasa Indonesia. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini.   

10. Ipusnas

Lewat aplikasi Ipusnas, kamu bisa meminjam berbagai buku-buku bagus. Yang menarik di Ipusnas juga menyediakan karya-karya klasik seperti Jane Austen, Oscar Wilde, dan Scott Fitzgerald dalam Bahasa Indonesia. Seperti biasa kamu harus daftar dulu untuk bisa meminjam buku.

Untuk novel-novel populer mungkin kamu perlu bersabar. Jika eksemplarnya sudah kosong, kamu perlu mengantri dulu untuk meminjam buku tersebut. Dengan sistem pinjam, tentu buka tak bisa sepenuhnya jadi milikmu, tapi jika ingin membaca buku-buku terbaru tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, meminjam di Ipusnas bisa jadi opsi yang baik. 

Kamu bisa langsung meluncur ke ke sini. (*/) (Photo credit: Ugur Akdemir)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Pasthiko Pramudhito

Sedang belajar jadi Content Writer. Penggemar sepakbola dan pop culture.