Viral

SIMAK BEBERAPA KELEBIHAN IPHONE 14 YANG BISA BIKIN PENGGUNA ANDROID CONVERT!

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menyajikan fitur Dynamic Island dan Always-On display. Apa sih kelebihan fitur-fitur terbaru ini? Mari kita simak!

title

FROYONION.COM - Kamis dini hari (8/9), dalam sebuah event bertajuk “Far Out”, produsen smartphone asal California, Apple, akhirnya merilis seri iPhone terbaru mereka yaitu iPhone 14, Civs.

Seperti biasanya, nggak ada kejutan yang spesial dari seri iPhone 14 dan iPhone 14 Plus selain sensor kamera yang diklaim lebih besar ketimbang seri iPhone sebelumnya. Bentuknya pun sama, dengan kamera belakang yang berjajar secara diagonal, mirip kayak iPhone 13 pula.

1. DYNAMIC ISLAND BISA BIKIN PENGGUNA ANDROID CONVERT KE IPHONE?

Tetapi kejutan hadir dari seri Pro, Civs. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menyajikan fitur terbaru yang katanya bisa bikin orang yang sebelumnya nggak pengen upgrade dari iPhone 13, malah jadi berubah pikiran, yaitu fitur Dynamic Island–sebuah notch di bagian atas layar iPhone yang berbentuk seperti pil interaktif, menggantikan notch di iPhone X hingga iPhone 13 yang bersifat statik, alias nggak bisa ‘gerak-gerak’, Civs.

Fitur Dynamic Island yang ada pada seri iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)
Fitur Dynamic Island yang ada pada seri iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)

Fitur Dynamic Island ini bisa menyajikan berbagai macam notifikasi interaktif dan intuitif. Misalnya ketika ada panggilan telepon dari seseorang, notifikasinya akan muncul di bagian Dynamic Island ini tanpa mengharuskan lo menutup aplikasi yang sedang lo buka. Begitu juga saat mendengarkan musik, melihat maps, dan berbagai kegiatan lainnya jadi terasa lebih fluid dan seamless dengan fitur yang satu ini.

iPhone mengklaim bahwa Dynamic Island adalah buah inovasi software dan juga hardware. Sadar atau nggak, fitur yang satu ini bisa membantu lo mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien. Cutout yang satu ini bakal melebar dan menyesuaikan ukuran dengan notifikasi dari aplikasi tertentu supaya lo nggak perlu repot-repot bolak-balik aplikasi tertentu saat lagi multitasking.

BACA JUGA: CONTENT CREATOR LEBIH SUKA PAKAI IPHONE? TERNYATA INI ALASANNYA!

2. ALWAYS-ON DISPLAY, NGGAK PERLU REPOT KETUK LAYAR DEMI LIAT NOTIFIKASI

Selain Dynamic Island, ada fitur lainnya yang baru pertama kali ada di seri iPhone, yaitu Always-On display–yang membuat screen lo glanceable, alias tetap terlihat meskipun layarnya dikunci. Fitur ini berguna banget untuk mantau notifikasi, melihat jam, dan berbagai widget lainnya tanpa harus nge-tap layar dulu.

Fitur Always-On display yang memperlihatkan notifikasi, jam, dan widget di lock screen iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)
Fitur Always-On display yang memperlihatkan notifikasi, jam, dan widget di lock screen iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)

Always-On display didukung dengan ProMotion dan Super Retina XDR display. Lo juga nggak perlu takut baterai jadi boros, karena baterai iPhone 14 Pro dan Pro Max didukung dengan multiple power-efficient technologies. Lalu, meskipun fitur Always-On lo aktifkan, ketika iPhone menghadap ke bawah atau dimasukkan ke kantong, layar bakal otomatis jadi gelap selayaknya lo mengunci layar seperti biasa.

BACA JUGA: IPHONE 4 JUTAAN DI 2022 YANG MASIH ‘WORTH IT’ APA YA?

3. SENSOR KAMERA 65% LEBIH BESAR KETIMBANG IPHONE 13 PRO

Dari sisi kamera, ada peningkatan juga nih di bagian sensornya. iPhone 14 Pro, dengan kamera utama sebesar 48 MP-nya bisa menyajikan resolusi 4x lebih besar di ProRAW, pihak iPhone mengklaim bahwa detail yang terdapat di gambar hasil jepretan iPhone 14 Pro cukup mind-blowing.

Sensor quad-pixel, memberikan detail lebih pada gambar jepretan iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)
Sensor quad-pixel, memberikan detail lebih pada gambar jepretan iPhone 14 Pro dan Pro Max. (Sumber: Apple)

Sensor quad-pixel dalam 3 kamera utama di iPhone 14 Pro dan Pro Max menghasilkan tambahan zoom di Telephoto, Civs. Jadi, yang dulunya kamera iPhone cuma punya opsi zoom 0.5x, 1x, dan 2x, sekarang, bisa ditambah hingga 3x (bukan digital zoom, melainkan hasil zoom dari kamera tengah 12MP).

Selain beberapa fitur tambahan di atas, iPhone 14 Pro dan Pro Max juga mendapatkan upgrade di bagian processor, yaitu dengan chip A16 Bionic yang pastinya lebih powerful ketimbang pendahulunya, yaitu A15.

Itu tadi beberapa fitur terbaru yang cuma ada di seri iPhone 14 Pro dan Pro Max, Civs! Buat pengguna Android, ataupun pengguna iPhone seri sebelumnya, apakah cukup tertarik untuk upgrade ke seri terbaru iPhone yang satu ini? Coba kasih opini lo di kolom komentar di bawah ya! (*/)

BACA JUGA: IPHONE 14 BAKAL DIRILIS, HARUSKAH BELI SMARTPHONE BARU?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.