Tekno

IPHONE 4 JUTAAN DI 2022 YANG MASIH ‘WORTH IT’ APA YA?

Beberapa iPhone seri lawas ternyata masih keren dan bisa memenuhi kebutuhan lo di tahun 2022 ini. Apa aja serinya? Simak di sini, Civs.

title

FROYONION.COM - Di pertengahan 2022 ternyata tidak sedikit pula yang masih menyukai iPhone harga 4 jutaan di bawah gempuran keluaran smartphone Android terbaru yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa dibilang spek dewa lah ya.

Liat aja coba, sekarang keseluruhan dari smartphone Android juga udah pakai dual-sim nano. Sedangkan untuk iPhone, di harga tersebut cuma bisa mendapatkan dual-sim dengan salah satunya menggunakan e-sim, yang di Indonesia sendiri masih belum marak digunakan oleh provider di Indonesia, Civs. Bahkan dari berbagai macam provider di Indonesia pun masih 1 jenis provider yang menggunakan e-sim ini yaitu Smartfren.

Bahkan Samsung Galaxy S9 atau S9+ yang pada zamannya terkenal dengan keflagship-annya sekarang harganya juga turun sangat drastis mencapai angka 3 jutaan aja untuk barang second-nya. Ternyata juga tidak hanya 1 macam aja, yang lainnya pun juga ikut turun harga. LG V60 contohnya. Smartphone dengan jaringan 5G yang dulu sempat menggemparkan media teknologi dengan harganya yang melambung tinggi, tetapi sekarang pun tersedia smartphone second-hand dengan harga 4 jutaan aja. Juga ada Poco F2 dan juga masih banyak lagi Civs.

Nggak nyangka banget bisa sebegitunya perkembangan gadget ya, Civs. Bahkan untuk iPhone jangka perkembangannya cepet banget. iPhone model 6S yang dirilis di tahun 2015 bahkan mentok di tahun 2022 ini mendapatkan upgrade software-nya nih Civs. Ternyata cukup lama juga ya, jangka untuk iPhone worth it untuk digunakan.

Dan emang masih ada ya? iPhone 4 jutaan yang masih bisa dibilang worth it untuk digunakan? Sekarang gue kasih rangkuman 4 iPhone yang masih worth it untuk dipakai di tahun 2022 ini, Civs.

iPhone XR (Rilis tahun 2018)

iPhone XR. (Sumber: Inet.detik.com)

iPhone list pertama ini adalah keluaran ke-3 dari trend poni di tahun 2018. Yang didahului oleh kakaknya, yaitu iPhone X dan iPhone XS. 

iPhone XR series ini dibekali dengan teknologi dual-sim dengan salah satunya menggunakan e-sim dan bertipe layar Liquid Retina IPS dengan ukuran display 6.1 inci. 

Ponsel ini menggunakan chipset terbaru pada masanya, yaitu Apple A12 Bionic. 

Tersedia memori internal dengan varian 64 GB, 128 GB, dan 256 GB, tanpa adanya slot external memory ya, Civs. Ntar nyariin lagi. Wkwkw.

Dengan single back camera beresolusi 12 MP yang udah bisa ngrekam 4k dengan 60 FPS, gimana nggak worth it coba, Civs? Dan jangan lupa baterainya 2942 mAh yang tergolong awet banget 1 hari dengan pemakaian normal.

Sejak artikel ini  dibuat, dengan varian iPhone XR 64 GB sekarang di rentang harga yang sangat beda jauh dengan tahun rilisnya. Sekarang ponsel ini cuma dibanderol 4,4 jutaan aja. Dengan catatan, harga ini harga yang second ya, Civs.

iPhone XS (Rilis tahun 2018)

iPhone XS (Sumber: Tek.id)

Salah satu ponsel cerdas keluaran 2018 ini masih worth it banget di tahun 2022 ini karena masih sangat relatif baru dibandingan dengan series 7 ke bawah.

iPhone yang dibekali dengan dual-sim dengan salah satunya menggunakan e-sim ini bertipe layar Super Retina OLED dengan ukuran display 5,8 inci. 

iPhone XS menggunakan chipset terbaru pada masanya, yaitu Apple A12 Bionic. 

Lo bisa pilih beberapa varian memori internal yakni 64 GB dan 256 GB, lagi-lagi nggak bisa ditambahi memori eksternal tentunya.

iPhone XS ini juga dibekali dengan dual back camera beresolusi 12 MP kamera utama, dan 12 MP kamera telephoto yang mendukung adanya fitur Potrait di dalam software kameranya. 

Seri iPhone ini juga bisa merekam di kualitas 4K, 60 FPS. Baterainya cukup bertenaga dengan kapasitas 2658 mAh.

Saat artikel ini ditayangkan, smartphone iPhone serie XS ini berkisar di harga 4,6 jutaan untuk kapasitas memori 64 GB..

iPhone SE 2 (Rilis tahun 2020)

iPhone SE 2. (Sumber foto: Tekno.kompas.com)

Di bulan April 2020, Apple merilis iPhone SE generasi ke-2.  Ponsel pinter satu ini masih layak dan bagus untuk lo gunakan di tahun 2022 ini karena rilisnya iPhone SE seri ke-2 ini bebarengan dengan rilisnya iPhone 11 yang keduanya menggunakan chipset Apple A13 Bionic. 

Lebih bagus chipset-nya dibandingkan dengan iPhone XR dan XS yang masih dengan Apple A12 Bionic. Tapi uniknya, iPhone Se 2 ini memiliki desain yang sama dengan seri 8 sebelumnya. Terbilang sama persis bahkan. 

iPhone SE generasi 2 ini selain dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic juga dibekali dengan dual-sim (nano, e-sim). Bertipe layar Retina IPS LCD dengan lebar 4,7 inci, ponsel ini dijual dengan beberapa pilihan kapasita memori internal. Yang terkecil 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Lalu ada juga back single camera dengan 12MP yang bisa merekam video sampai 4K 60 FPS dan dibekali dengan baterai 1821 mAh. 

Setelah diperhatikan dengan spek dan fiturnya ternyata di 2022 ini penggunaan multi-apps ternyata masih harus dipertimbangkan lagi ya. Tapi dengan Apple A13 Bionic Civs bisa menggunakannya dengan bermain game dengan sesukanya, Civs. 

Pada saat artikel ini dibuat, harganya sudah turun hingga Rp4,3 jutaan untuk varian 64 GB. Kira-kira masih worth it ga nih Civs?

iPhone 8 Plus (Rilis tahun 2017)

Pilhan warna iPhone 8 Plus. (Sumber: Tekno.kompas.com)

Kayak iPhone seri lainnya, iPhone 8 Plus adalah iphone idaman pada zamannya. Salah satu kelebihannya yang diunggulkan saat itu ialah mode portrait yang memungkinkan pengguna berswafoto (selfie) dan menghasilkan foto dengan background bokeh atau blur. 

Dibekali dengan layar bertipe Retina LCD dengan lebar 5,5 inci, iPhone satu ini masih menggunakan chipset Apple A11 Bionic. Jadul emang. Kayak sebelumnya, ada beberapa varian kapasitas memori internalnya: 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Dual kameranya masing-masing beresolusi 12 MP dengan jenis kamera 12 MP wide dan kamera 12MP telephoto. Juga tidak lupa dengan baterainya yang tergolong cukup, dengan 2691 mAh. 

Saat gue nulis artikel ini, harga dari iPhone 8 plus untuk serian 64 GB di rentang harga Rp4 jutaan. 

Bagaimana nih Civs? Udah ada bayangan belum mau memilih iPhone model mana di tahun 2022 ini yang masih worth it di rentang harga 4 jutaan aja? Dan masih bagus banget dan proper untuk digunakan di tahun 2022.

Di setiap barang apapun termasuk smartphone sekalipun pasti tetap akan ada sisi unggul dan minusnya.

Semuanya kembali ke kebutuhan dan anggaran lo sendiri, Civs.  (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satria Dwi Atmaja

Orang biasa-biasa aja yang suka nyari duit. Semangat untuk hidup dan untuk melanjutkan hidup dengan baik, adalah moto utama.