Tech

IPHONE 14 BAKAL DIRILIS, HARUSKAH BELI SMARTPHONE BARU?

Smartphone saat ini memang sudah menjadi kebutuhan pokok dalam hidup manusia, salah satunya smartphone. Dekat ini iPhone bakalan rilis, simak artikel ini supaya lo tahu detailnya!

title

FROYONION.COM - Pasti lo enggak akan kaget lagi. Apple akan meluncurkan smartphone series terbarunya, yaitu iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Ada yang sudah kepikiran belum ini mau ganti smartphone keluaran Apple terbaru ini?

Dilansir dari salah satu unggahan di situs iDropNews, Apple akan meluncurkan smartphone flagship iPhone 14 dan iPhone 14 Pro pada tanggal 13 September akhir tahun ini. Meski bukan informasi resmi yang keluar dari Apple itu sendiri, apabila kita melihat ditahun-tahun sebelumnya, perusahaan Apple memang seringkali meluncurkan smartphone mereka pada bulan September. 

Perilisan smartphone flagship terbaru iPhone ini tidak menggunakan notch model poni yang telah dipamerkan dan disematkan ketika perilisan iPhone X pada tahun 2017 lalu seperti yang dikutip oleh Tom’s Guide. 

iPhone 14 series Mini akan digantikan dengan iPhone 14 Max yang beresolusi layar lebih besar. Mengingat penjualan iPhone Mini pada series sebelumnya mengalami sedikit potensi penjualan. 

Diperkirakan ukuran layar dari iPhone 14 dan iPhone 14 Max memiliki ukuran 6,1 inci sedangkan pada serie iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan mengusung ukuran layar 6,7 inci lebih besar beberapa inci dari iPhone 14 dan iPhone 14 Max. iPhone 14 dan iPhone 14 Max diperkirakan akan menggunakan chipset Apple A16 Bionic, chipset terbaru dari Apple smartphone. Dengan refresh rate layar 120 Hz Pro Motion. 

Dan kamera belakang atau kamera utama beresolusi 48 MP. Kita sudah tahu ya Civs dengan kamera iPhone yang terkenal dengan sangat megahnya foto atau video yang kita tangkap. Pada series sebelumnya saja pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dengan 12 MP hasilnya sangat megah, apalagi dengan 48 MP nya yang akan rilis ini ya, Civs. Kita tunggu saja. 

Ternyata tidak hanya Apple smartphone saja yang dirilis pada hari tersebut. Kabarnya Apple juga akan merilis Airpods dan dan iWatch-nya ini Civs. Wah-wah ngga tanggung-tanggung ya ternyata Apple dalam menggarap sebuah project. 

Airpods yang akan dirilis diperkirakan adalah AirPods Pro 2 dan Apple Watch 8. AirPods Pro 2 akan mengusung fitur audio lossless dan teknologi active noise cancellation (ANC) terbaru. Dan iWatch yang akan dirilis juga pada hari tersebut diperkirakan adalah Apple Watch 8 akan hadir dalam tiga model yaitu Apple Watch 8 edisi standar, Apple Watch SE, dan Apple Watch Extreme Edition.

Ternyata ada kabar yang cukup mengejutkan di Civs dari seorang pengamat Apple gadget. Pengamat dan penganalisa Apple Ming-Chi Kuo memprediksi Apple akan segera meninggalkan standar pengisian daya lightning port untuk semua perangkatnya mulai dari iPhone, AirPods, pengisi daya MagSafe, periferal mouse dan keyboard Apple. 

Sebelumnya, Kuo juga pernah menganalisa Apple akan mendesain ulang iPhone untuk menampilkan port standar yang lebih universal pada paruh kedua 2023. Hal itu dikuatkan analisan Bloomberg bahwa Apple akan membuang Lightning port iPhone pada 2023. 

Diperkirakan mereka akan beralih kepada port USB Type-C. Kenapa mereka berpindah ya kira-kira? Kemungkinan alasannya dikarenakan port USB Type-C adalah port yang lebih universal digunakan pada saat ini. Port C yang sudah hampir disemua gadget sekarang menggunakan port tersebut mulai dari berbagai macam smartphone juga laptop sekarang sudah menggunakannya. 

Bahkan sudah ada di gadget Apple itu sendiri, yaitu Macbook. Dinilai lebih universal dan mungkin untuk memudahkan para penggunanya juga ya Civs. Keunggulannya, USB Type-C menawarkan pengisian dan mentransfer data lebih cepat daripada Lightning. 

BACA JUGA: IPHONE 4 JUTAAN DI 2022 YANG MASIH ‘WORTH IT’ APA YA?

Manfaat lainnya, USB Type-C dapat menggunakan kabel pengisian daya yang sama untuk setiap perangkat yang Anda miliki seperti dikutip Engadget. Alasan lainnya, Apple ingin menghindari pengawasan peraturan daripada menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik sekaligus mengulangi limbah elektronik.

Lalu bagaimana dengan hal tersebut. Apakah Civs sudah ada yang memiliki rencana untuk upgrade kegadget terbaru Apple tersebut? 

1. Kebutuhan 

Kalau menurut saya kembali kepada teman-teman Civs nih. Bagaimana kebutuhan dari teman-teman terhadap kualitas gadget terbarunya. Apakah sangat memberikan perdebadaan atau tidak. Sebenarnya ini juga berlaku terhadap teman-teman yang mau ganti berbagai macam gadget sih, tidak hanya pada Apple gadget saja. Apabila kita mengikuti gengsi kita, menurut saya itu tidak terlalu diperlukan. Karena mengingat gengsi tidak akan mati dan terus berkembang setiap saat. 

2. Harga 

Dari segi harga, mungkin keluarnya iPhone 14 san iPhone 14 Max ini kita tidak akan kaget ya. Karena dalam pengalaman-pengalaman sebelumbya Apple memang meluncurkan gadget dengan harga dimusim pertamanya sangatlah tinggi. Mengingat nama Apple itu sendiri sudah sangat besar dan kualitas gadget yang ditawarkan memang sangat bagus. Namun, itu berimbas pada gadget-gadget keluaran sebelumnya, yang mengalami penurunan harga. Hal ini bisa jadi alternatif teman-teman Civs ini. Apabila membeli gadget Apple, saat keluaran gadget terbarunya, maka gadget pendahulunya akan turun harga. 

Nah bagaimana nih Civs sudah ada pandangan belum? Mau ganti gagdet juga kita pikirkan terlebih dahulu terkait segala pertimbangannya. Mengingat kita sebagai kaum muda milenial tidak harus memiliki gengsi yang tinggi. Tergantung pada kebutuhan juga. Karena kita sebagai gen-z memang dituntut untuk lebih maju, lebih berinovasi, lebih memiliki kelebihan dari generasi sebelumnya. 

Mungkin cukup untuk informasi soal iPhone 14 ya, Civs. Lo bisa dapatkan informasi lainnya soal gadget dan teknoligi di rubruk Tekno website Froyonion. (*/)

BACA JUGA: CINEMATIC MODE DI IPHONE 13: BISAKAH BIKIN FANS ANDROID ‘CONVERT’?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satria Dwi Atmaja

Orang biasa-biasa aja yang suka nyari duit. Semangat untuk hidup dan untuk melanjutkan hidup dengan baik, adalah moto utama.