Viral

PENGKATEGORIAN CEWEK KUE, MAMBA, DAN BUMI ITU BUKAN STYLE FESYEN

Lagi viral banget soal cewek kue, mamba, dan bumi yang dilihat dari perbedaan penampilannya. Namun, kalo dari kaca mata fesyen, kategori tren fesyen ini gimana sih?

title

FROYONION.COMPasti lo udah sering denger soal cewek kue, bumi, dan mamba kan? 

Pertama kali viral di aplikasi TikTok, akun @javamassie memperkenalkan tentang ciri-ciri cewek kue, mamba, dan bumi yang sekarang jadi tren anak muda Indonesia dalam berpakaian. Menurutnya, cewek kue itu yang pake outfit warna-warni dengan warna pastel ataupun mentereng yang sering menerapkan konsep color blocking. 

Contoh outfit cewek kue. (Foto: Pinterest)
Contoh outfit cewek kue. (Foto: Pinterest)

Outfit cewek kue yang ngejreng dan colorful ini membuat penampilan mereka terlihat menyenangkan dan memberikan kesan fun. Sebelumnya, tren fesyen dengan warna ngejreng dan pastel dipopulerkan di Asia lewat outfit para idol di Korea Selatan. Walaupun begitu, sebenernya tren ini udah ada sejak akhir tahun 2000-an. 

Dilansir dari Aesthetic Fashion, penggunaan warna-warna pastel dalam fesyen dimulai oleh perusahaan fesyen Coco Chanel lewat koleksinya yang keluar saat musim panas. Dari sini penggunaan warna-warna muda atau saturated pada bahan pakaian mulai banyak diadaptasikan. Nggak jarang desainer dulu suka bingung gimana cara bikin baju bagus dengan warna-warna pastel ini. Eh sekarang malah jadi tren di tengah anak muda Indonesia. 

Nah, jauh sebelum ada cewek kue, Diana Rikasari udah lebih dulu berpenampilan penuh warna. Dengan outfit warna-warni, fesyen desainer Indonesia yang sering mengangkat isu-isu mindfulness ini sering dibilang nyentrik. Dengan memakai berbagai warna dalam busananya, yang nggak jarang suka tabrakan, Diana mengaku bisa lebih jadi kreatif dan berjiwa muda.  

BACA JUGA: APA SIH BEDANYA 'STYLE' DAN 'LOOK' DALAM FASHION?

Diana Rikasari, seorang fashion designer Indonesia yang udah jadi cewek kue sebelum tren ini ada. (Foto: Diana Rikasari)
Diana Rikasari, seorang fashion designer Indonesia yang udah jadi cewek kue sebelum tren ini ada. (Foto: Diana Rikasari)

Selanjutnya cewek mamba yang namanya diambil dari jenis ular mamba dengan sisik berwarna hitam. Sesuai namanya, image cewek mamba ini lebih ke mereka yang suka pake outfit serba hitam atau warna-warna gelap. Biasanya cewek mamba ini lebih suka pake outfit yang sederhana, nggak ribet, tapi nanti ribetnya waktu milih aksesoris. 

Contoh outfit cewek mamba yang suka pake outfit all black. (Foto: Pinterest)
Contoh outfit cewek mamba yang suka pake outfit all black. (Foto: Pinterest)

Karena outfit-nya begini, cewek mamba kontras banget dari cewek kue yang terlihat fun. Kesan misterius, serius, dan elegan adalah apa yang pengen ditunjukkan para cewek mamba lewat penampilannya. Bahan pakaian yang dipakai cewek mamba juga cenderung lebih beragam. Seperti bahan kulit yang naturalnya memang berwarna gelap. 

Kalo figur publik yang sering berpenampilan kayak cewek mamba itu Bella Clarissa. Uniknya, dia nggak cuman jadi cewek mamba saat berpenampilan casual untuk sehari-hari, tapi juga saat memakai pakaian formal untuk ke pesta. 

Contoh cewek mamba kalau diadaptasikan pada pakaian formal. (Foto: Bella Clarissa)
Contoh cewek mamba kalau diadaptasikan pada pakaian formal. (Foto: Bella Clarissa)

Satu lagi adalah cewek bumi dengan warna-warna netral atau earth tone. Biasanya mereka suka pake outfit berwarna coklat, putih, dan hijau. Karena warna-warnanya cenderung kalem, maka image cewek bumi juga begitu. Kalo kata orang cewek mamba itu simple, justru cewek bumi ini malah lebih simple lagi. 

Contoh outfit cewek bumi dengan warna-warna earth tone yang kalem. (Foto: Pinterest)
Contoh outfit cewek bumi dengan warna-warna earth tone yang kalem. (Foto: Pinterest

Sebenernya banyak sih orang-orang yang berpenampilan sebagai cewek bumi ini. Terlebih karena outfit cewek bumi cenderung lebih mudah untuk ditemukan, jadi orang juga lebih mudah dalam mengikuti tren cewek bumi. 

Viralnya sebutan cewek kue, mamba, dan bumi ini mungkin memudahkan lo yang sebelumnya buta sama style fesyen untuk lebih mengenal dan menerapkannya. Namun, pengkategorian ini sekaligus juga terlalu mempersempit style fesyen yang sebenernya ada banyak. Bahkan cewek kue, mamba, dan bumi bukan termasuk style, loh. Lebih ke perbedaan palet warna yang menjadi kriteria utama tren fesyen ini. 

Sedangkan style fesyen tidak hanya melihat warna, tapi juga siluet, bahan, dan pola kain yang dipakai untuk busana tersebut. Namun, untuk permulaan, lo bisa menerapkan dan memadukan tren fesyen ini, Civs. (*/) 

BACA JUGA: KENAPA TREN FESYEN SELALU NGULANG KAYAK SEJARAH?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.