Trends

INTIP TREN WEARABLE, CARA HUAWEI LIRIK KONSUMEN DENGAN TEKNOLOGI MUTAKHIR DAN FESYEN

Kisah bagaimana raksasa teknologi asal China ini mengusung perangkat wearable yang tampil fashionable sebagai tren terkini yang diminati generasi muda.

title

FROYONION.COMKita tak pernah menyangka sebuah jam tangan yang dahulu hanya bisa diandalkan untuk menunjukkan waktu, ternyata sekarang punya fungsi canggih menerima telepon layaknya ponsel, sampai mengukur detak jantung hingga menghitung langkah kaki.

Begitu pula sebuah jaket yang dilengkapi dengan earphone untuk mendengarkan musik, kacamata yang dilengkapi kemampuan melihat dunia secara realitas virtual hingga skuter yang kini bisa berjalan secara otomatis tanpa perlu menyeimbangkan kaki dengan teknologi smart balance wheel.

Ya! Semua benda-benda canggih tersebut merupakan beberapa contoh dari konsep wearable. Sederhananya, wearable adalah perangkat elektronik yang dapat kita pakai sebagai aksesori yang melekat di pakaian, bahkan ada yang ditanamkan di tubuh manusia dan ditato di kulit.

BACA JUGA: SEBAIKNYA JANGAN GEGABAH, INI ALASAN HUAWEI WATCH GT 4 NGGAK BOLEH DIANGGAP SEPELE

Sebagaimana yang kita lihat sehari-hari. Orang-orang sudah beralih menggunakan wearable untuk membantu pekerjaan mereka agar lebih efektif dan efisien. Bayangkan ketika teknologi itu belum hadir. Kita tentu sibuk membagi perangkat antara handphone, jam tangan, dan komputer. Namun dengan kehadiran teknologi ini, semua bisa dikendalikan terpusat.

Namun, wearable bukan semata-mata memudahkan pekerjaan manusia. Ada salah satu tujuan penting yang umumnya dipakai oleh generasi muda. Apalagi kalau bukan untuk menunjang fesyen! Salah satu jenisnya adalah smartwatch yang mampu mempercantik tampilan fesyen anak muda dengan teknologi mutakhir di dalamnya.

BUKAN SEKADAR MENGUSUNG TEKNOLOGI MUTAKHIR TAPI JUGA FESYEN

Bicara soal wearable seperti smartwatch yang kini naik daun di kalangan anak muda. Ada salah satu dari sekian produsen yang giat berinovasi menciptakan produk smartwatch yang tak hanya mengusung teknologi mutakhir namun juga selaras dengan selera fesyen penggunanya. Inilah HUAWEI.

Perusahaan teknologi asal negeri tirai bambu tersebut telah dikenal masyarakat tanah air lewat beberapa produk yang hingga kini tetap dinikmati. Mulai dari smartphoneWiFiwireless earphone, laptop, PC, dan yang kini tengah bergema adalah smartwatch.

Mengusung teknologi paling canggih saja rasanya tidak cukup. Sebagai produsen, HUAWEI memahami ini untuk secara bertahap meluncurkan varian smartwatch yang juga punya desain fashionable sehingga semakin dilirik konsumen muda.

Seperti yang tim Froyonion.com temui pada acara HUAWEI Wearable Strategy and New Product Launch untuk mengenalkan smartwatch terbaru mereka, HUAWEI GT 4 dan HUAWEI WATCH Ultimate, kedua produk tersebut didesain secara apik dengan mengusung bentuk yang sesuai dengan selera fesyen pengguna. 

Apalagi, kabar terbaru yang kami terima, mereka meluncurkan varian smartwatch yang begitu istimewa dan bernilai seni tinggi! Seperti halnya varian smartwatch HUAWEI Watch Ultimate Design yang dibalut emas asli sebanyak 18 karat dan terbuat dari zirkonium yang umumnya digunakan dalam pembuatan pesawat luar angkasa.

“Jadi, varian smartwatch ini kami buat untuk kalangan tertentu yang menginginkan barang spesial. Apakah produk ini limited? Tentu! Produk ini sangat eksklusif, bahkan di Indonesia hanya ada sekitar 30 unit saja. Itulah mengapa, seri ini memiliki variabel dan target konsumen yang berbeda dari pendahulunya,” tutur Edy Supartono, Training Director of HUAWEI Device Indonesia saat diwawancarai pada Kamis (5/10/2023).

Untuk itu, HUAWEI merilis konsep bertajuk Fashion Forward yang menggabungkan unsur teknologi dengan fesyen demi memberikan terobosan segar di industri wearable, bagaimana sebuah produk bisa memadukan teknologi mutakhir, desain modis serta fitur kesehatan dan kebugaran yang dapat dipersonalisasi pengguna. 

Misalnya, HUAWEI Watch GT 4 yang memudahkan konsumen muda ingin mejeng dengan tampilan yang berubah-ubah sesuai dengan selera serta gaya busana yang tengah dikenakan. Smartwatch ini menyediakan warna bodi dan strap yang bervariasi, mulai dari hitam, cokelat, hijau, abu-abu, putih, dan silver. Bahkan tersedia ukuran jam 46 mm dan 41 mm.

Di samping itu, konsumen muda yang ingin tampil lebih premium juga dapat memilih HUAWEI WATCH Ultimate yang dibuat dari material zirkonium berkualitas tinggi serta dilengkapi lapisan kaca berbahan safir dengan ketahanan yang luar biasa di segala medan dan cocok untuk menunjukkan kesan mewah di setiap situasi yang dihadapi.

PERJALANAN MENCIPTAKAN WEARABLE YANG RELEVAN DENGAN ZAMAN

HUAWEI bukanlah pemain baru. Tercatat, perjalanan menciptakan perangkat wearable yang selaras dengan teknologi mutakhir telah dimulai selama hampir satu dekade terakhir. Mulai dari smartband seperti HUAWEI WATCH FIT dan HUAWEI Band, lini smartwatch seperti HUAWEI WATCH, HUAWEI WATCH GT, dan yang teranyar HUAWEI WATCH Ultimate.

“Awal mula HUAWEI terjun di wearable berasal dari strategi kami yang menghadirkan perangkat smartphone, laptop, tablet, PC, dan monitor. Kita ingin wearable ini bisa melekat di tubuh kita dan bisa diintegrasikan dengan ekosistem lainnya. Misalnya, cek denyut nadi, tingkat stres, dan lainnya,” pungkas Edy.

Tahun 2015 dimulai dengan peluncuran HUAWEI WATCH dan menentukan peluncuran seri WATCH berikutnya. Seri paling awal dari setiap wearable ini memiliki desain yang klasik antara lain strap yang menggunakan bahan kulit asli dan hadir dengan warna hitam serta bodi dasar berwarna perak. Layar AMOLED 1,4 inci terpasang dilapisi kaca safir untuk mencegah goresan. Android Wear pun terpasang sebagai sistem operasi yang memberikan pengalaman smartwatch yang tak kalah nyaman.

Di tahun berikutnya meluncur HUAWEI FIT yang tampil sporty dengan layar bertipe monokrom seluas 1,4 inci, kapasitas penyimpanan internal sebesar 16MB, RAM 256KB, dan didukung kemampuan baterai sebesar 80mAh dan sanggup bertahan dari cipratan air melalui sertifikasi IP68. Menghadirkan spesifikasi dan desain yang simplewearable ini juga dilengkapi fitur penghitung langkah kaki dan pembakaran kalori.

Pada lini smartband, HUAWEI merilis WATCH FIT di tahun 2020 yang menampilkan kesan elegan dan sporty dengan desain khas smartband pada umumnya yaitu layar berbentuk persegi panjang. Didukung teknologi layar AMOLED seluas 1,64 inci, kapasitas penyimpanan internal 4GB dan berat yang super ringan sebesar 21g, bisa dibilang ini merupakan produk pertama yang diciptakan HUAWEI di lini smartband

Dan, pada akhirnya di tahun 2023, HUAWEI memperkenalkan seri WATCH GT 4 dan WATCH Ultimate sebagai terobosan di lini smartwatch yang menggabungkan teknologi mutakhir dan desain yang fashionable. Tahun tersebut pula menandai perjalanan HUAWEI untuk berusaha menghadirkan produk wearable yang relevan dengan zaman. 

Kalau produk wearable favorit kalian, apa? Mau yang berbentuk jam, pakaian, kacamata, atau skuter seperti disebutkan di atas? (*/)

BACA JUGA: SEBAIKNYA JANGAN GEGABAH, INI ALASAN HUAWEI WATCH GT 4 NGGAK BOLEH DIANGGAP SEPELE

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas