Tech

SEBAIKNYA JANGAN GEGABAH, INI ALASAN HUAWEI WATCH GT 4 NGGAK BOLEH DIANGGAP SEPELE

Huawei meluncurkan produk wearable terbaru mereka, Huawei Watch GT 4. Perangkat smartwatch ini mengusung tema fashionable dan fungsional.

title

FROYONION.COM - Huawei menunjukkan kembali kelasnya. Bulan lalu mereka meluncurkan tablet murah meriah dengan Harmony OS-nya yang memberikan sensasi penggunaan WPS Office seperti versi Windows. Kini Huawei hadir kembali lewat produk wearable terbaru mereka, Huawei Watch GT 4.

Buat kamu yang ingin menggunakan smartwatch, namun nggak bikin mati gaya, produk wearable dari Huawei ini bisa jadi pilihan. Nggak hanya punya beragam fitur canggih, produk ini juga punya tampilan yang oke.

BACA JUGA: HUAWEI BAND 7: SMARTBAND TERJANGKAU BUAT ANAK MUDA KREATIF YANG MAU LEBIH BUGAR DAN SEHAT

Banyak banget keunggulan yang ditawarkan dari Huawei Watch GT 4. Salah satu yang jadi andalan mereka adalah baterai yang diklaim awet, seolah ingin menyindir brand sebelah: "Buat apa punya fitur mentereng, tapi baterainya boros?"

ALASAN HUAWEI WATCH GT 4 PATUT DIPERTIMBANGKAN

Seri smartwatch Huawei sebelumnya, yakni Huawei Watch GT 3, menuai banyak pujian dari para reviewer gadget. Bahkan beberapa mengklaim kalau produk tersebut bisa jadi lawan yang sulit buat Apple Watch.

Seolah ingin melanjutkan tren positif itu, tahun ini Huawei akhirnya meluncurkan generasi terbaru smartwatch mereka, yakni Huawei Watch GT 4. Keunggulan dari seri sebelumnya masih dipertahankan, tentunya ditambah dengan beberapa upgrade yang makin memanjakan pengguna.

Ada alasan yang patut jadi pertimbangan sebelum kamu menganggap produk satu ini hanya numpang lewat. Bahkan menganggapnya bukan pesaing smartwatch dari Apple maupun Samsung, bisa jadi merupakan langkah sembrono. Kami merangkum kenapa Huawei Watch GT 4 layak jadi pilihan, utamanya bagi anak muda yang anti-ribet, antara lain:

1. HUAWEI WATCH GT 4 BIKIN KAMU MAKIN SEHAT

Nggak hanya mencukupi asupan gizi lewat 4 sehat 5 sempurna, buat punya tubuh yang sehat diperlukan juga pola hidup yang juga sehat. Melihat pentingnya menjaga pola hidup sehat, Huawei hadir menawarkan bantuan.

Lewat fitur Huawei Health yang bisa terkoneksi dengan smartwatch ini, kamu dapat mengukur detak jantung kamu, kadar oksigen dalam tubuh juga tekanan darah, hingga tingkat stress. Bahkan aplikasi bikinan Huawei ini dapat mengukur apakah kualitas tidur kamu cukup atau tidak.

BACA JUGA: 6 FITUR HUAWEI MATEPAD AIR YANG MEMBUATNYA COCOK DIPAKAI PEKERJA KREATIF DAN REMOTE

Tersedia juga fitur Healthy Living yang bakal sangat membantu membentuk habit yang sehat. Dalam fitur ini, kamu akan dipandu dan diingatkan untuk menjaga pola hidup sehat. Seperti misalnya kamu bakal diingatkan kapan harus melakukan workout, kapan harus minum air putih atau sekadar kapan sebaiknya kamu beristirahat.

Menariknya, ada juga fitur AI Running Coach yang akan membantu memantau progres dari olahraga lari kamu tiap harinya. Terlebih lagi fitur ini sudah didukung dengan modul GPS dual-band yang dapat mereka rute lari kamu secara akurat. Jadi kamu bisa tuh pamer di medsos soal progres lari kamu. Kali aja ada gebetan yang mau pedekate dengan modus ngajakin jogging bareng.

2. DESAINNYA OKE, PILIHAN DIAL ART-NYA BANYAK

Meski hadir sebagai smartwatch, desain yang dihadirkan Huawei Watch GT 4 bukan kaleng-kaleng. Bahkan bisa dibilang desain smartwatch keluaran Huawei ini punya desain menarik seperti jam-jam analog.

Dari bahan yang dipakai, Huawei Watch GT 4 punya material yang kokoh berupa metal. Bagian display-nya juga punya daya tahan yang bagus terhadap benturan, sehingga nggak mudah tergores maupun pecah.

Tersedia dua ukuran diameter yang dapat dipilih sesuai ukuran pergelangan tangan kamu. Yakni, ukuran 46mm dengan desain octagonal yang terkesan maskulin. Desain yang menurut klaim Huawei terinspirasi dari model arloji klasik tahun 70-an asal Swiss.

Ukuran lainnya adalah 41mm dengan desain pendant (liontin) yang punya kesan feminin. Cocok digunakan cewek yang cenderung punya pergelangan tangan nggak kelewat besar.

Namun jika kamu kurang berselera dengan dua desain utama yang ditawarkan, Huawei sudah menyediakan pilihan desain lainnya. Dari desain yang punya kesan sporty hingga smooth.

Untuk menunjang gaya kamu di berbagai aktivitas atau acara, dalam Huawei Watch GT 4 disediakan beragam pilihan dial art. Dari dial art yang punya nuansa casual hingga yang punya kesan mahal. Dengan begitu, kamu hanya perlu mengganti strap jam saja untuk menyesuaikan dengan aktivitas atau acara kamu. Hitung-hitung bisa irit di kantong.

Buat bobotnya, Huawei Watch GT 4 punya berat yang ringan sehingga tetap nyaman walau dipakai lama di pergelangan. Juga temperatur dari device yang satu ini sangat adem dan nggak bikin gampang keringetan.

3. BATERAINYA AWET POLL

Nggak cuman punya beragam fitur keren, smartwatch yang satu ini juga ditopang dengan batere yang tahan lama. Daya tahan batere yang awet dan nggak gampang habis ini memang sudah menjadi keunggulan smartwatch keluaran Huawei. Bahkan sejak seri-seri sebelumnya.

Huawei mengklaim kalau Huawei Watch GT 4 untuk ukuran 41 mm mampu tahan selama semingguan. Sedangkan buat yang ukurannya lebih besar, atau 46 mm, diklaim mampu tahan hingga sekitar 2 mingguan. Dalam sehari, dengan fitur Always On Display yang tetap hidup, perangkat ini hanya mengkonsumsi baterai sekitar 5-15% (tergantung fitur apa saja yang kamu aktifkan juga besaran diameternya).

Mereka seolah tahu kebutuhan dari konsumen produk mereka, bahwa nggak ada gunanya punya banyak fitur canggih tapi nggak bisa dipakai semua karena boros baterai. Dengan baterai yang tahan lama pada smartwatch ini, pengguna bahkan dapat terus menyalakan dialnya tanpa takut kehabisan baterai. Yang beginian inilah yang bikin jam pintar ini dapat meniru tampilan jam analog biasanya.

4. HARGA CUKUP TERJANGKAU

Dibandingkan kompetitornya, Huawei Watch GT 4 ini punya harga yang worth it banget buat segala keunggulan yang ditawarkan. Jam pintar ini dijual dengan harga kisaran 4 jutaan. Sangat menjawab kebutuhan kaum mendang-mending yang nggak ingin duit di rekeningnya terkuras habis, tapi ingin punya smartwatch canggih dan stylish.

Apalagi fungsi smartwatch 'kan buat memudahkan pengguna tetap terhubung dengan ponsel pintarnya tanpa perlu sering-sering mengecek hape. Jadi sebaiknya pilih smartwatch dengan harga terjangkau, namun dapat menjawab fungsi utamanya. Tapi kalau situ punya duit seabrek dan fans dari brand sebelah, ya monggo saja.

5. GAMPANG TERKONEKSI DENGAN PERANGKAT LAINNYA

Buat kamu pengguna iOS dan Android tapi bukan hape Huawei, kamu tetap bisa menghubungkan ponsel kamu dengan smartwatch ini via Bluetooth tanpa kesulitan. Bahkan dengan dukungan Harmony OS yang user friendly, kamu dapat membalas pesan dari WhatsApp, Instagram, dan Tiktok dengan gampang. Bahkan kamu juga dapat menerima panggilan masuk hanya lewat smartwatch ini.

Namun karena Huawei dan Google lagi musuhan, aplikasi Huawei Health nggak bisa di-download via Play Store. Tapi kamu masih dapat mengunduhnya di Gallery Apps lainnya.

Kesimpulannya, Huawei Watch GT 4 merupakan perangkat wearable yang patut diperhitungkan. Hal ini nggak lepas dari fiturnya yang canggih dan desainnya yang enak dipandang juga harganya yang cukup terjangkau ketimbang kompetitornya. Perangkat Huawei Watch GT 4 ini sudah rilis secara global pada 14 September lalu. Tapi di Indonesia device ini baru akan hadir pada awal Oktober mendatang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan