Tech

KISAH HUAWEI: DARI RAKSASA TEKNOLOGI ASAL CINA HINGGA TEMPAT KERJA TERBAIK DI ASIA

Semuanya dimulai dari nol. Inilah cerita singkat perjalanan Huawei menjadi raksasa teknologi asal Cina dan tempat kerja terbaik di Asia.

title

FROYONION.COMSiapa yang tak kenal Huawei? Perusahaan multinasional di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi asal negeri bambu yang kini bertransformasi sebagai raksasa teknologi dikenal sebagai brand favorit pengguna gadget di seluruh dunia.

Pada 2020, Huawei menyabet penghargaan sebagai vendor smartphone nomor satu di dunia menurut perusahaan riset Counterpoint Research dengan perolehan 21,4 persen, mengalahkan posisi kedua yang ditempati Samsung Electronics yang hanya menyumbang 19,1 persen dari total penjualan smartphone.

Kiprah Huawei di tanah air melalui Huawei Indonesia juga cemerlang. Pada bulan Juli 2023, Huawei Indonesia memborong dua penghargaan sekaligus, yaitu predikat tempat kerja terbaik di Asia menurut Business Media International versi HR Asia, dan penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perusahaan teknologi yang saat ini berusia 35 tahun itu mengalami perjalanan bisnis yang cukup panjang. Di awali dengan pengembangan sistem telekomunikasi Private Branch Exchange (PBX) di suatu apartemen sederhana di Cina, hingga dikenal sebagai produsen gadget terkemuka.

Lantas, bagaimana kisah lengkap kesuksesan Huawei? Tulisan ini berusaha mengungkap beberapa poin penting di balik kesuksesan Huawei serta seperti apa inovasi yang tengah mereka buat. Kalian penasaran? Baca selengkapnya di sini.

SEJARAH MEREK HUAWEI

Huawei atau memiki nama perusahaan Huawei Technologies, secara resmi didirikan pada tahun 1987 di Shenzhen, Cina sebagai agen penjualan bisnis jaringan telekomunikasi dan telepon kabel yang berbasis di Hong Kong. Pada 1996 hingga 1998, untuk pertama kalinya Huawei melebarkan sayap ke wilayah metropolitan Cina.

Pendiri Huawei adalah Ren Zhengfei yang kala itu merupakan mantan Deputi Komandan Resimen di Tentara Pembebasan Rakyat, Cina. Asal-usul penamaan Huawei berasal dari slogan Zhonghua Youwei yang berarti “Tiongkok telah berjanji”. Sehingga memiliki makna “pencapaian luar biasa”.

Penamaan Huawei juga tak lepas dari unsur filosofis. Seperti visinya yaitu memperkaya kehidupan melalui komunikasi. Ibaratnya, semakin banyak orang yang terhubung di seluruh dunia, maka akan memberikan kecepatan, kegunaan, dan pengalaman komunikasi yang aman dan bisa dipersonalisasi.

Saat ini Huawei telah digunakan di lebih dari 170 negara yang melayani lebih dari sepertiga populasi global. Untuk itu, Huawei sanggup menyediakan produk router, sakelar, dan peralatan telekomunikasi global terbesar ketiga setelah Alcatel-Lucent dan Cisco yang begitu kompetitif.

HUAWEI DAN TIGA GRUP BISNIS YANG BERBEDA

Huawei memiliki tiga kelompok bisnis. Grup pertama adalah Carrier Network Business Gorup yang menyediakan jaringan nirkabel, jaringan tetap, layanan global, dan operator perangkat lunak yang digunakan oleh semua operator komunikasi utama di seluruh dunia.

Grup kedua adalah grup bisnis perusahaan yang memiliki tujuan untuk meneruskan informasi yang telah diperoleh. Secara rinci, informasi yang sudah dikirim, maka akan diterima melalui pipa yang selanjutnya akan dianalisis, diterjemahkan, dan disimpan oleh pusat data dan produk penyimpanan yang dikelola Huawei.

Grup ketiga adalah grup bisnis yang bergerak pada grup bisnis konsumen yang mendorong perusahaan ke segmen handset dan smartphone. Huawei menyebut langkah ini sebagai “strategi pipa” alias fokus terhadap penyimpanan, dan pemrosesan informasi, serta pendistribusian informasi.

Berkaca pada grup ketiga saat Huawei mengedepankan produksi handset dan smartphone, pada 2008 Huawei berhasil meraih peringkat ke-3 di pasar peralatan seluler global yang kini mereka berhasil menunjukkan perannya sebagai Original Design Manufacturer (ODM). 

Inilah yang membuat Huawei terkenal sebagai produsen smartphone di masa sekarang dan masa mendatang karena pergerakan rantai nilai dari produsen komponen menjadi pembuat smartphone bermerek sendiri.

HUAWEI SEBAGAI TEMPAT KERJA TERBAIK DI ASIA

Huawei tidak hanya dikenal sebagai penyedia jasa dan produk telekomunikasi terkemuka dunia. Seperti dibahas sebelumnya, Huawei Indonesia berhasil meraih tempat kerja terbaik di Asia menurut Business Media International versi HR Asia.

Penghargaan itu merupakan bagian dari tajuk resmi ‘HR Asia Best Companies to Work for in Asia’ yang memiliki misi untuk mengukur seberapa penting perusahaan menjalankan praktik SDM, seperti mendorong keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya tempat kerja yang baik.

Komitmen yang dimiliki Huawei seperti ‘I Do’, dan dari segi kebijakan SDM untuk mempertimbangkan aspek-aspek pemberdayaan karyawan yang produktif, dan tetap mendukung kebutuhan karyawan di era transformasi digital Indonesia era 5.0, menjadi alasan Huawei terpilih sebagai tempat kerja terbaik.

Selain itu, aspek penilaian juga meliputi tiga pilar lainnya, yaitu inti utama atau core perusahaan seperti struktur manjajemen, struktur organisasi, dan kebijakan; self atau perasaan dan pengalaman karyawan terhadap perusahaan; dan group atau sistem kerja tim yang dialami oleh karyawan.

Menurut VP Management Transformation Huawei Indonesia, Jeffrey Wang, penghargaan ini merupakan visi Huawei di Indonesia yang senantiasa berkomitmen dalam membangun reputasi sebagai perusahaan terbaik di Indonesia. Mulai dari pengembangan karyawan, nilai-nilai positif bagi pelanggan, dan mendukung transformasi digital dan ekonomi yang ramah lingkungan.

PRODUK INOVATIF TERBARU DARI HUAWEI

Huawei dengan segelintir kisah inspiratifnya membuat kita bertanya-tanya, seperti apa inovasi produk terbaru mereka? Kini, Huawei telah meluncurkan lini produk tablet teranyar, Huawei Matepad Air yang menghadirkan sensasi seperti memakai laptop premium.

Resmi meluncur di tanah air pada Jumat (14/7/2023), selayaknya PC-like tablet paling ringan, Huawei Matepad Air memiliki bobot tak lebih dari 800 gram dan dibekali teknologi serta fitur terkini yang canggih.

Di sektor layar, tablet ini didukung 144 Hz HUAWEI FullView Display dengan 2.8K High Resolution untuk menciptakan kualitas resolusi layar yang tajam di seri flagship tablet. Rasio layar sebesar 3:2 menambah fitur tablet yang siap berpacu dalam hal produktivitas dan multitasking.

Fitur canggih yang tampaknya jarang ada di tablet lain adalah FollowCam 2.0 yang membuat aktivitas online meeting menjadi lancar tanpa hambatan. Rahasianya? Teknologi yang tertanam di kamera depan bertenaga 8 MP 105° ini membuat kalian tetap fokus, bahkan saat bergerak atau berjalan-jalan.

Soal dapur pacu, Huawei Matepad Air juga dibekali HarmonyOS 3.1 yang cukup stabil, menghadirkan kualitas grafik luar biasa saat menikmati film atau bermain gim. Demi menjadi sahabat setia remote worker, tersedia aplikasi WPS Office dengan PC-Level yang membuat pekerjaan jadi lebih mudah.

Gimana, semakin kagum dengan inovasi Huawei? Bagi kalian yang ingin memiliki tablet terbaru Huawei, dapatkan secara pre order melalui online official store Huawei Indonesia di ShopeeTokopedia, dan Blibli, serta Huawei Authorized Experience Store, jaringan ritel Erafone, maupun toko rekanan Huawei terdekat. (*/)

BACA JUGA: HUAWEI BAND 7: SMARTBAND TERJANGKAU BUAT ANAK MUDA KREATIF YANG MAU LEBIH BUGAR DAN SEHAT

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas