Tips

MAU NGONTEN TIKTOK TAPI BINGUNG MULAI DARIMANA? MINTA TOLONG KE CHATGPT AJA

Sekarang sebenarnya sudah nggak perlu repot lagi kalau mau ngonten TikTok banyak-banyak tapi waktu terbatas. Produksinya bisa minta bantuan sama ChatGPT kok!

title

FROYONION.COM - ChatGPT atau teknologi artificial intelligence (AI) yang berkembang pesat belakangan ini memang dirancang untuk bisa dimanfaatkan dalam membantu banyak pekerjaan manusia. Harus disadari juga kalau platform yang didesain sebagai chatbot untuk menanggapi semua pertanyaan kita ini punya banyak manfaat yang bisa dieksplorasi. 

Bukan hanya mendukung pekerjaan, platform ini juga bisa dikreasikan untuk mendukung banyak proses analisis dan penyusunan strategi yang terkadang memerlukan waktu lama.

Manusia mungkin seringkali dapat terkendala ketika dihadapkan dengan banyak data dan menganalisis suatu platform secara langsung. Beda halnya dengan teknologi kecerdasan buatan yang memang sudah terbiasa berselancar dan mencari data di ruang digital itu sendiri.

Melalui pemanfaatan ChatGPT juga, kalian bisa menyusun strategi untuk membuat konten di media sosial. Tujuan utamanya, menjadi asisten kalian sehingga analisis data dan evaluasi atas setiap konten yang sudah direlease bisa tepat. 

Salah satu pemanfaatan yang bisa kalian maksimalin ChatGPT tersebut membantu bikin konten TikTok. Sebagai media sosial yang sedang trend dan populer di kalangan anak muda sekarang ini, TikTok memberi keleluasaan yang lebih bagi para kreatornya untuk bisa menjadi besar (dari sisi peningkatan viewers hingga followers). 

Sementara, ChatGPT menjadi platform yang bisa mengenerate respon atau pertanyaan atau text prompt yang kalian ajukan, berbasis pada algorithms ataupun existing content. Dia dirancang untuk menjadi mesin deep learning model  yang punya banyak keahlian.

BACA JUGA: TIDAK SEMBARANGAN! PAKAI CHATGPT JUGA BUTUH KREATIVITAS TINGGI

Nah, sekarang tinggal gimana kalian bisa memanfaatkan ChatGPT ini untuk mendukung peningkatan performa akun TikTok? Berikut ada beberapa cara kreatif yang bisa kalian manfaatin! 

SUSUN IDE, TANYA CHATGPT AJA

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang cukup mementingkan frekuensi jumlah konten yang diupload setiap harinya. Bagi TikTok, konsistensi para kreatornya menjadi salah satu kunci menuju keberhasilan. 

Makanya kreator seringkali dituntut untuk punya segudang ide konten yang harus bisa direalisasikan juga. Terkadang, kalian mungkin kalian kehabisan ide, tapi jadwal koten untuk diposting akan terus berjalan. 

Di sini peran ChatGPT akan sangat dominan. Kalian bisa meminta tolong kepada AI untuk mengkurasi ide-ide konten yang relevan dengan kebutuhan dan niche kalian di platform tersebut. 

Yang kalian perlu cuma menyusun ‘brief’ untuk disampaikan kepada ChatGPT. Tapi perlu diingat, ChatGPT akan semakin optimal ketika permintaan kalian juga diberikan secara detail yang jelas. 

Misalnya, kalian bisa meminta untuk ChatGPT membuat content plan untuk platform TikTok kalian sepanjang bulan Agustus. Sertakan juga kira-kira siapa target audience dari konten kalian dan biasanya membuat konten seperti apa, nantinya AI akan menyesuaikan permintaan tersebut. 

Terus, bisa juga kalian tambahkan detail-detail permintaan seperti ingin beberapa konten yang relate dengan hari-hari besar sepanjang bulan itu. Jika kalian merasa sudah menyertakan brief secara lengkap, ada baiknya juga kalau kalian menyertakan text prompt untuk meminta chatbot tersebut menanyakan apakah ada data lain yang diperlukan untuknya menyusun content plan.

Biasanya, bot tersebut nantinya akan memberi pertanyaan tambahan untuk kalian jawab berurutan sesuai dengan nomor. 

Setelah semua perintah diproses, nantinya chatbot akan mengirim content plan sesuai dengan request yang diberikan, dalam waktu singkat! 

SUSUN HASHTAG, CAPTION TERBAIK

Salah satu pendekatan untuk meningkatkan performa video kalian di TikTok adalah melalui hastags yang tepat. Netizen TikTok biasanya menemukan konten-konten baru melalui hashtags yang tersebar. 

Menggunakan hastag yang tertarget dengan tepat, bisa dipastikan konten kalian akan tersebar juga ke orang yang tepat (target audience). Makanya, memilih hastag yang terbaik merupakan cara yang paling esensial bagi content creator. 

Buat mempersingkat waktu mencari hashtag, coba saja untuk bertanya ke ChatGPT tentang tagar apa yang paling tepat untuk digunakan dalam konten kita nanti. Buat melengkapi itu, kalian juga bisa meminta rekomendasi caption dari chatbot ini. Mereka bisa menyesuaikan kata per kata sesuai dengan request kebutuhan yang kalian inginkan. 

Misalnya, kalian ingin menggambarkan konten yang diunggah lebih friendly kepada penonton. Minta ChatGPT menyusun kalimat dengan lebih sederhana, mudah dimengerti, dan lebih witty. Nantinya, sistem dalam ChatGPT akan mengolah semua informasi yang dimilikinya sehingga bisa menentukan kata per kata yang sesuai keinginan. 

BACA JUGA: 3 REKOMENDASI AI SELAIN CHATGPT UNTUK MEMUDAHKAN PEKERJAAN


 

Tapi, kalau misalnya kalian masih merasa rekomendasi yang diberikan oleh ChatGPT itu kurang sesuai dengan kebutuhan, edit sendiri saja. At least, kita nggak perlu susah-susah mikir outline hingga ide dan referensi tulisan yang akan dibuat, kan. 

MINTA TULIS SCRIPT HINGGA SUPERS

Buat diketahui, dalam memproduksi sebuah konten penting untuk kita menyusun langkah-langkah dan segala kebutuhannya dalam proses pra-produksi. Beberapa hal yang penting seperti script yang akan kalian bawakan dalam konten tersebut, storyline hingga storyboard bahkan jika dibutuhkan. Termasuk elemen grafis, text, hingga visual yang dibutuhkan dalam video (biasanya akan berbentuk supers ataupun animasi lainnya).

Detail kelengkapan itu sebenarnya tak boleh terlewat jika kalian ingin membuat konten yang berkualitas. Ide yang kalian punya akan lebih mudah tereksekusi ketika perencanaan dilakukan secara matang dan menyeluruh. 

Tapi biasanya untuk kreator pemula ataupun yang masih menggarap kontennya sendiri, proses pra-produksi ini cukup memakan tenaga sehingga seringkali dilewatkan. Pekerjaan yang seharusnya dilakukan bersama tim memang sulit untuk dilakukan seorang diri.

Makanya di tengah kebuntuan itu, ChatGPT bisa menjadi solusi buat kalian para kreator yang menggarap semuanya sendiri. Kalian bisa meminta chatbot ini untuk menyusun script sesuai dengan arahan yang kalian inginkan. Biarkan juga AI ini menyusun storyline hingga generate kata per kata yang dibutuhkan untuk membuat video kalian semakin top. 

Dengan berbagai kemudahan dan bantuan yang diberikan ChatGPT ini, bikin konten yang ciamik sepertinya sudah bukan menjadi masalah lagi kan? Cobain aja manfaatin platform ini, sebelum nanti jadi berbayar loh! (*/)

BACA JUGA: CARA MANFAATIN CHATGPT BUAT NAMBAHIN EFEKTIVITAS KINERJA LO SEBAGAI CONTENT WRITER

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!