Tech

3 REKOMENDASI AI SELAIN CHATGPT UNTUK MEMUDAHKAN PEKERJAAN

Selain ChatGPT, ada beberapa AI lain yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Mari simak!

title

FROYONION.COM - Setahun ke belakang, sempat ramai pemberitaan tentang AI ChatGPT yang digadang-gadang dapat mengancam profesi penulis. 

Meskipun nampaknya ancaman itu tidak benar-benar terjadi, unironically, AI yang dikembangkan oleh OpenAI ini nyatanya dapat dimanfaatkan oleh para penulis, untuk membuat rangkuman–tak jarang membantu melakukan riset atas sebuah topik yang sulit untuk ‘dikuliti’ oleh penulis manusia.

Selain ChatGPT, ada beberapa AI lainnya yang bisa dimanfaatkan dalam untuk pekerjaan sehari-hari. Berikut rekomendasi AI selain ChatGPT untuk memudahkan pekerjaan:

ai.RETAIL, CIPTAAN GOOGLE CLOUD DAN ACCENTURE

Beberapa waktu lalu, Google Cloud telah mengumumkan inisiatif baru dengan Accenture untuk membantu peritel memodernisasi bisnis mereka dan memanfaatkan teknologi cloud, termasuk integrasi mendalam dengan platform ai.RETAIL oleh Accenture yang diadopsi secara luas.

Inovasi yang ada di dalam ai.RETAIL ini mencakup pengecekan etalase, mengoptimalkan barang rekomendasi untuk meningkatkan konversi pembeli, juga menyediakan barang-barang rekomendasi yang lebih optimal kepada calon pembeli.

AI buatan Google Cloud dan Accenture ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam platform seperti e-commerce dan online shop berbasis website, terutama untuk menunjang pekerjaan web developermachine learning engineer, dan pekerjaan berbasis teknologi lainnya. Kalian bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ai.RETAIL lewat situs Google Cloud.

MICROSOFT 365 COPILOT

Bagi pekerja kantoran yang sehari-hari menggunakan berbagai produk Microsoft, selamat! Karena semenjak 16 Maret 2023 kemarin, Microsoft 365 sudah terintegrasi dengan salah satu AI yang bisa menunjang efisiensi dan membantu pekerjaan serta meeting menjadi lebih baik. AI tersebut dinamakan Copilot.

Contoh otomatisasi lewat Microsoft Copilot di Word. (Sumber: Microsoft Blog)
Contoh otomatisasi lewat Microsoft Copilot di Word. (Sumber: Microsoft Blog)

Sesuai namanya, AI ciptaan Microsoft ini dapat membantu beragam jenis task yang kalian kerjakan di Word, Powerpoint, dan Excel.

Untuk Microsoft Word, misalnya, kalian bisa memberikan prompt kepada Copilot untuk membuat resume atau proposal draft berdasarkan dokumen tertentu. Lalu Copilot juga bisa membuat paragraf jadi lebih ringkas dan to the point.

Untuk Excel, Copilot juga bisa merangkum data menjadi sebuah paragraf deskriptif dari sebuah tabel. Copilot juga bisa memproyeksikan data di masa depan berdasarkan tren dari data di tahun-tahun sebelumnya.

NVIDIA Canvas

Jika kalian adalah pekerja kreatif dan dekat dengan penciptaan visual serta desain tertentu, maka NVIDIA Canvas adalah salah satu software berbasis AI yang dapat memudahkan kalian dalam mencari referensi tanpa permasalahan copyright.

Kecanggihan NVIDIA Canvas dalam mengubah ‘coretan’ menjadi gambar photorealistic. (Sumber: NVIDIA Blog)
Kecanggihan NVIDIA Canvas dalam mengubah ‘coretan’ menjadi gambar photorealistic. (Sumber: NVIDIA Blog)

AI ciptaan NVIDIA ini mampu membuat coretan seperti di aplikasi Paint, menjadi sebuah gambar landscape yang photorealistic. NVIDIA Canvas sangat cocok untuk digunakan oleh pekerja desain grafis dalam membuat storyboard, ataupun untuk seorang pelukis dalam mencari sebuah referensi lukisan.

KESIMPULAN

Saat ini, ada ratusan–bahkan ribuan AI yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan di berbagai sektor pekerjaan.

Dilihat dari sisi positifnya, banyak pekerjaan manusia yang akan semakin terbantu dengan semakin menjamur dan berkembangnya teknologi AI. Disrupsi teknologi ini tidak dapat terhindari, sehingga sebagai manusia, kita perlu untuk memahami dan memanfaatkan teknologi AI secara positif demi kebaikan manusia itu sendiri. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.