Tips

MAIN TWITTER SEKARANG BISA DIGAJI RATUSAN JUTA, BEGINI CARANYA

Siapa sangka modal nge-tweet bisa jadi cuan? Ikuti langkah-langkah dan tips di bawah ini deh biar kamu bisa sambat di Twitter sekaligus dibayar!

title

FROYONION.COM – Elon Musk nggak henti-hentinya bikin gebrakan baru di Twitter pasca membeli si Burung Biru. Setelah resmi mengganti nama Twitter jadi X, ia kini hendak menyulapnya jadi aplikasi keuangan. Caranya adalah dengan monetisasi!

Pengguna Twitter atau X sekarang bisa mendapat keuntungan hanya modal berkicau alias posting tweet saja. Nggak main-main, seorang pengguna bahkan sempat mengunggah bukti pembayaran dari X sekitar USD15.000 atau setara dengan Rp225 juta.  Wow! 

Siapa yang nggak ngiler melihat nominal fantastis itu? Kalian yang tertarik bisa mulai dari sekarang juga. Tentunya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya akun kalian eligible untuk bisa mengakses Ads Revenue Sharing

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan langkah-langkah dan tips di bawah ini ya!

PERSYARATAN SUPAYA AKUN BISA ELIGIBLE 

Agar dapat mengakses halaman Ads Revenue Sharing, pastikan kalian sudah berusia minimal 18 tahun, akun Twitter telah memiliki setidaknya 500 pengikut dan aktif selama 30 hari terakhir. 

Akun Twitter juga harus memiliki 5 juta impresi dalam 3 bulan terakhir. Angka ini sudah diturunkan dari yang tadinya 15 juta impresi. Bagaimana caranya tahu berapa impresi yang akun kita miliki? Cek di analytics.twitter.com, pilih Tweets pada bagian pojok atas kiri, atur rentang tanggal di bagian pojok atas kanan lalu atur jadi tiga bulan.

Persyaratan 5 juta impresi ini memang yang paling sulit. Cara mendapatkannya tentu dengan sering ngonten, syukur-syukur kalau bisa hit tweet dan masuk trending topic. Sulit bukan berarti nggak mungkin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan impresi. 

Pertama, coba dengan membuat respon random di postingan akun bot seperti menfess atau base. Buat tanggapan yang menarik dan tetap relate dengan topik yang sedang dibahas. Cara ini terbilang cukup efektif, terutama apabila responnya berada di bagian paling atas dari reply tweet karena akan mudah terlihat oleh pengguna lainnya.

 BACA JUGA: CATAT! INI 20 ISTILAH TWITTER YANG HARUS KALIAN TAHU

Kedua, buat thread yang menarik. Bisa soal tips, story telling, pengalaman lucu, kumpulan meme, dan lain-lain. Cara kedua ini memang lebih butuh mikir dari cara pertama, tapi nggak kalah efektif untuk menjaring massa. Apalagi, sering ditemukan thread viral di Twitter dengan jutaan views.

Tipsnya, kalian bisa coba membuat thread mengenai sesuatu yang memang kalian kuasai, sukai atau pernah lakukan. Misalnya tips travelling murah ke Bali karena kalian pernah backpacking ke sana. Atau rekomendasi buku berbahasa Inggris untuk pemula karena kalian memang suka baca buku. 

Ketiga, coba buat tweet tunggal mengenai apapun. Cara ini terbilang agak sulit untuk mendapat impresi tinggi dibanding cara pertama dan kedua, tapi nggak ada salahnya dicoba. Kita nggak pernah tahu kapan sebuah tweet bisa viral dan memiliki impresi tinggi. 

Untuk mendapat impresi tinggi hanya dari satu tweet, bisa kalian lakukan dengan membahas mengenai hal yang sedang hangat diperbincangkan. Sering-sering cek trending topic, deh, lalu berikan komentar atau tanggapan mengenai isu terkini yang sedang viral. 

Nah, kalau sudah berhasil mendapat 5 juta impresi dalam 3 bulan terakhir, saatnya berlangganan Twitter Blue alias centang birunya Twitter. Ini memang jadi salah satu syarat supaya akun kalian eligible dalam mendapat cuan. Biaya langganannya sekitar Rp165 ribu per bulan. Anggap saja ini sebagai modal usaha kalian.

Setelah semua syarat terpenuhi, pergi ke halaman Profil lalu klik Alat Profesional dan klik Monetisasi. Kalian akan diarahkan ke halaman Ads Revenue Sharing. Klik Manage Payout dan langkah selanjutnya adalah kalian akan diminta membuat akun Stripe untuk mengelola pembayaran. 

Informasi yang diminta untuk mendaftar Stripe ini termasuk nama, alamat dan nomor rekening. Stripe akan menunjukkan rincian berapa jumlah uang yang sudah dikumpulkan, berapa jumlah yang sudah ditransfer dan berapa yang akan ditransfer ke rekening kita. 

Sudah! Selamat menikmati gajian dari Elon Musk!

BACA JUGA: FENOMENA MENGEMIS ONLINE SUDAH SAMPAI TWITTER, BEGINI MODUSNYA!

SERBA-SERBI GAJIAN DI TWITTER

Sebagai platform conversational, kalian yang memiliki hobi menulis punya potensi besar untuk sukses di Twitter. Apalagi dengan tulisan yang relevan, storytelling kuat serta punya copywriting yang bagus. Pastikan akun nggak terkunci dan kolom reply juga terbuka lebar.

Untuk durasi waktu verifikasi Twitter Blue sendiri beragam, mulai dari sehari sampai seminggu. Pastikan avatar, header serta display name sudah benar sebelum mendaftar centang biru ini. Jika ingin menggantinya, maka centang akan hilang sementra untuk proses review perubahan. Selama centang menghilang, revenue juga nggak jalan.

Berita bagusnya, Twitter mengizinkan para pengiklan untuk memilih topik serta akun apa saja yang ingin menjadi tempat mereka mempromosikan ads-nya. Ini berarti, akun-akun hobi ribut, provokatif, mengandung unsur pornografi, kisruh politik dan lain-lain nggak akan kebagian revenue share.

Bahkan, sangat mungkin akun-akun tersebut akan di-cancel revenue-nya alias nggak bisa gajian di Twitter. Soalnya, akun-akun semacam ini nggak ads friendly, mengingat isi kontennya nggak mendukung value dari brand yang produk-produknya dipromosikan. 

Ini sekaligus jadi warning buat para pengguna: kalau akun kalian bermuatan negatif seperti beberapa contoh di atas, jangan harap bisa kebagian cuan. Lebih baik share hal-hal bermanfaat saja daripada ribut-ribut nggak jelas.

Terakhir, jangan langsung berharap penghasilan kalian akan fantastis dan bikin kaya mendadak apalagi di hari pertama bergabung. Semua hal besar berawal dari hal kecil, jadi nikmati saja prosesnya sembari terus rajin ngonten demi menaikkan jumlah impresi.

Bagaimana, siap dibayar lewat cuitan Twitter? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read