Trends

CATAT! INI 20 ISTILAH TWITTER YANG HARUS KALIAN TAHU

“Nder, sorry JB JB, mutualan yok kalau kita se-dom!” Cek daftar ini deh biar kalian tahu apa arti kalimat barusan.

title

FROYONION.COMKalau mau dapat informasi paling up to date dan kekinian, cek Twitter jawabannya. Trending topic Twitter biasanya berisi isu-isu terkini yang lagi ramai diperbincangkan. 

Tapi, buat kalian yang nggak biasa main Twitter, mungkin bakal ngerasa aneh dengan beberapa kosakata di sana. Ada banyak istilah yang terdengar cukup asing karena hanya digunakan khusus di Twitter saja. 

Biar nggak kagok, yuk simak 20 istilah yang biasa digunakan di media sosial burung biru ini. 

1.  TWEETTweet atau kicauan adalah pesan singkat yang diposting di Twitter. Panjang maksimal sebuah tweet adalah 280 karakter dengan 4 foto. 

2. THREADThread atau biasa juga disebut trit adalah tweet berantai dengan satu topik tertentu yang dibahas. Biasanya, pengguna Twitter akan membuat thread ketika akan menyampaikan suatu cerita, kejadian, atau memberi tips dan trik yang lumayan panjang sehingga nggak bisa dimuat dalam satu tweet. Orang yang membuat thread biasanya akan disebut thread starter atau TS.

3. RETWEETRetweet adalah salah satu fitur utama Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan kembali suatu postingan orang lain. Informasi pada tweet yang di-retweet ini akan muncul di timeline pengguna.

4. QUOTE RETWEET. Biasa disingkat QRT. Fungsinya adalah menambahkan komentar pada tweet yang di-retweet

5. RATIO. Istilah ini digunakan jika sebuah retweet atau quote retweet mendapat lebih banyak engagement dibanding tweet aslinya. Misal, sebuah tweet dengan 1.000 Likes kemudian di-retweet oleh pengguna lain dan retweet itu justru mengumpulkan 10.000 Likes, maka retweet si pengguna lain telah me-ratio tweet aslinya. 

BACA JUGA: BUKAN VIEW COUNTS, ENAM FITUR INI YANG HARUSNYA ADA DI TWITTER

6. NDER. Nder merupakan singkatan dari sender. Artinya adalah pengirim. Panggilan nder biasa digunakan untuk pembuat tweet atau thread. Kalau ada orang lain yang mengomentari tweet atau thread-nya, orang itu akan memanggilnya dengan sebutan nder.

7. MENFESS. Ini singkatan dari mention confess. Di Twitter, banyak akun-akun menfess berisi pesan yang disampaikan kepada orang lain tanpa mengungkap identitas si pengirim pesan. Akun menfess ini mulai dari menfess makanan, kecantikan, profesi tertentu, fandom KPop dan lain-lain.

8. BASE. Kalian mungkin pernah melihat suatu akun Twitter yang mengirim banyak tweet berbeda dalam kurun waktu dekat dan ada satu kata yang sama dalam tiap tweet itu. Nah, ini dinamakan akun base Twitter. Cara kerjanya mirip akun menfess, yaitu pengguna akan mengirim tweet melalui DM dan akan secara otomatis di-tweet oleh bot yang ada di akun base itu.

9. ALTER. Alter biasa digunakan untuk menyebut akun Twitter yang berisi gambaran atau kepribadian lain dari aslinya. Akun alter umumnya akan dipakai untuk menunjukkan sisi lain si pengguna tanpa diketahui orang yang mengenalnya di dunia nyata.

10. AU. Singkatan dari alternate universe atau cerita yang dibuat dalam dimensi berbeda dengan cerita yang sebenarnya terjadi. AU bisa didasarkan dari kisah fiksi maupun kejadian nyata. Sebutan lain AU adalah fanfiction yang biasanya akan melibatkan tokoh idola si pengguna di dalamnya.

11. STARTER PACK. Istilah ini biasanya dipakai lengkap dengan serangkaian foto ataupun meme berisi barang-barang yang identik akan sesuatu. Misalnya, “starter pack pekerja WFH” berisi foto-foto yang mendukung kegiatan WFH.

12. BUZZER. Sudah nggak asing dong dengan istilah ini? Buzzer memang seringkali ditemukan dalam tweet yang mengandung unsur politik ataupun promosi. Istilah ini sendiri merujuk pada beberapa akun yang secara sengaja dibayar untuk bisa meramaikan suatu topik dengan cara membuat banyak tweet sampai trending.

13. TRENDING TOPIC. Nah, ini nih yang bikin warga Twitter selalu up to date soal isu-isu kekinian. Trending topic berisi topik yang paling banyak di-tweet oleh pengguna dalam waktu nyata. Biasanya trending topic ini akan berisi isu-isu kekinian seperti informasi bencana alam, gosip selebriti sampai hal-hal berbau politik. 

BACA JUGA: PSST! INI CARA SEBUAH TOPIK BISA JADI TRENDING TOPIC DI TWITTER

14. JB JB. Bukan Justin Bieber, JB JB yang sering dikatakan pengguna Twitter adalah singkatan dari “join bareng”. Istilah ini biasa digunakan saat ada thread atau obrolan seru di Twitter kemudian ada pengguna lain yang mau nimbrung untuk ikut membahasnya.

15. MUTUALAN. Istilah satu ini udah nggak asing lagi di dunia Twitter. Ajakan mutualan biasa dilakukan untuk saling follow dengan pengguna lain, biasanya karena kesamaan hobi, kesukaan, atau hal-hal lainnya.

16. DOM. Kependekan dari domisili yang biasanya merujuk ke kota tempat tinggal. Banyak pengguna Twitter mencari mutualan yang satu domisili dengannya agar bisa berkomunikasi dengan lebih akrab.

17. SALTY. Ini bahasa slang dari salt atau garam. Istilah ini biasanya akan digunakan ketika pengguna Twitter hendak menunjukkan rasa kesal mereka pada suatu tweet. Kata salty juga kerap ditulis “di-salty-in” atau dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia menjadi “digaremin”.

18. SJW. Ini singkatan dari Social Justice Warrior atau dalam Bahasa Indonesia disebut Pejuang Keadilan Sosial. Para SJW ini akan melakukan pembelaan untuk sesuatu yang mereka rasa nggak adil. Kedengarannya sih positif, tapi SJW justru seringkali dicap berlebihan. Soalnya, nggak sedikit para SJW yang menganggap bahwa orang dengan ideologi berbeda dengannya pasti salah.

19. GA. Singkatan dari Giveaway alias bagi-bagi hadiah. Banyak akun Twitter yang seringkali mengadakan GA dengan syarat dan ketentuan tertentu. Pemenang biasanya akan dipilih secara random dari seluruh peserta yang mengikutinya.

20. SPILL THE TEA. Terjemahannya sih, tumpahkan tehnya. Teh yang dimaksud adalah bocoran informasi mengenai sesuatu yang sedang ramai dibicarakan. 

BACA JUGA: APAKAH ELON MUSK SENGAJA ‘HANCURKAN’ TWITTER?

Nah, itu dia 20 istilah yang sering ditemukan di media sosial burung biru. Semakin lama kalian scroll Twitter, maka bisa dipastikan akan semakin sering pula menemukan istilah-istilah itu. 

Wajar kalau banyak dari istilah di atas yang masih asing, apalagi buat kalian yang hanya sesekali ngecek Twitter atau bahkan nggak pernah main sama sekali. Tapi, yakin deh, makin sering ngecek trending topic atau thread viral di Twitter pasti lama-lama akan bikin kalian memahami semua istilah yang ada di sana. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read