Tips

INI DIA TIPS NGEBLOG DENGAN BANTUAN AI!

Menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah bentuk tulisan mungkin seringkali menyulitkan dan memakan waktu. Namun dengan bantuan AI, sekarang banyak waktu produksi yang bisa diminimalisir.

title

FROYONION.COMMenjadi seorang blogger atau penulis blog sekarang ini makin dimudahkan dengan seiring berkembangkan teknologi digital. Banyak kecerdasan buatan a.k.a artificial intelligence (AI) yang mampu mendukung semua ide-ide kalian yang mungkin terkadang sulit dijadikan ke dalam bentuk tulisan.

Di industri creative writing sekarang ini, termasuk blog sebagai salah satu formatnya, penting agar gagasan yang mau kalian sampaikan itu clear ke pembaca. Salah satu masalah yang sering dihadapi tentunya tentunya adalah kebuntuan dalam merangkai kata per kata hingga menyusun layout tulisan. 

Seringkali mungkin kalimat yang kalian gunakan tidak mudah dipahami pembaca atau target audience yang dituju. Atau bahkan masalah penyusunan kalimat yang sesuai juga dihadapi. Dunia digital kini membantu kita semua untuk bisa mengartikan gagasan yang dimiliki tanpa terbatas dengan kosa kata. 

Kemudahan ini, tentunya membantu kalian dalam proses penggarapan tulisan sehingga menjadi lebih cepat. Oleh sebab itu, penulis blog tinggal menajamkan kreativitas, ide, serta gagasan dan gambaran besar tentang tulisan yang kalian mau buat.

BACA JUGA: GUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, GOOGLE I/O 2023 LUNCURKAN BERBAGAI FITUR-FITUR CANGGIH

Buat semakin membantu pekerjaan kalian, berikut ada beberapa rekomendasi AI untuk membantu penulisan blog jadi semakin ciamik yang telah dikurasi oleh tim Froyonion.com

1. Longshot AI

Salah satu konsep yang diusung oleh Longshot AI ialah unlock the power of fast blogging. Seperti konsepnya, platform ini memungkinkan penggunanya menggenerate berbagai tulisan, kata per kata, menjadi sebuah postingan blog yang utuh dan rapi. 

Salah satu yang bisa dimanfaatkan ialah fitur fact-checked in minutes. Biasanya, kalian mungkin akan memakan waktu berjam-jam untuk melakukan riset atau pengecekan data. Melalui platform ini, AI melakukan pengecekan fakta terhadap setiap narasi yang kalian buat. 

Tentunya, fitur ini akan sangat bermanfaat sehingga membuat tulisan blog kalian memiliki ketepatan informasi yang akurat. 

Selain itu, AI juga akan membantu mengoptimasi tulisan yang search engine optimization (SEO) friendly. Dengan begitu, setiap kata yang kalian cantumkan dalam blog nantinya bisa efektif untuk menjangkau pembaca dan mendapatkan skor pencarian yang baik. 

2. Editby AI

Platform berikut ini memungkinkan kalian untuk mengembangkan ide yang dipunya jadi semakin luas. Editby AI memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi topik-topik yang dirasa relevan dengan kebutuhannya, dari berbagai sumber. 

Sama seperti teknologi AI lainnya, mereka juga mengusung konsep 'Get new ideas 100x faster using AI'. Dengan begitu, kata platform ini, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak pengikut di media sosialnya karena memiliki konten unik dan beragam. 

Penggunaan fitur di platform ini pun tergolong mudah. Kalau kalian nemu inspirasi tentang suatu fenomena di media sosial, baik itu Twitter ataupun YouTube, tinggal drag and drop link dari konten tersebut. Nantinya AI akan men generate beberapa topik pilihan yang relevan.

Selain memberikan ide, Editby AI juga bisa digunakan seolah sebagai asisten pribadi kalian dalam penulisan. Nggak jauh beda dengan ChatGPT, platform ini bisa memberikan arahan, cara menulis, insights, hingga berita-berita dari sumber terpercaya untuk membantu penulisan blog kalian. 

3. Koala.sh
Berbeda dari dua rekomendasi sebelumnya, Koala ini didesain sebagai AI platform yang punya spesialisasi dalam menulis long-form content (tulisan panjang).
Platform yang didukung AI ini didesain sebagai chatbot yang siap mendukung aktivitas kalian. Cara penggunaannya pun tergolong cukup mudah, kalian hanya perlu memberikan suatu topik untuk kemudian didiskusikan lebih lanjut oleh kolom yang diberi nama 'KoalaChat'.

BACA JUGA: DISRUPSI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI INDUSTRI MUSIK, APA MANFAATNYA BAGI MUSISI?
Kalau merujuk pada situs similarweb, diperkirakan situs ini populer dan banyak digunakan oleh para penulis yang berada di United States, yakni sebanyak 36,28% dari keseluruhan demografi tercatat. Kemudian diikuti dengan negara United Kingdom, sebanyak 10,71%.
Platform ini sendiri mengklaim dirinya sebagai salah satu alternatif terbaik dari penggunaan ChatGPT. Kalian disebutkan bisa mendapat pengalaman yang lebih baik karena hanya dengan satu kali klik, KoalaWriter, AI dalam aplikasi, akan membuat tulisan yang SEO-friendly dalam format artikel blog. 
4. Fotor
Kalau kita ngomongin tentang penulisan blog, tentunya nggak boleh kelewat juga tentang bagaimana terdapat visual atau gambar yang mendukungnya. Tanpa ada foto, blog kalian akan menjadi tidak menarik.
Belum lagi, jangan lupa kalau foto itu membantu kita untuk memvisualisasikan kata-kata yang telah diuraikan dalam blog. Hal ini tentu jadi sangat penting sehingga pembaca mendapat gambaran utuh tentang apa yang coba kalian sampaikan dalam tulisan tersebut.
Nah, buat beberapa orang mungkin menjadi hal yang cukup sulit untuk memvisualisasikan ide dan gagasan tersebut. Apalagi, dengan perkembangan teknologi digital sekarang ini semakin banyak gambar untuk dipilih sehingga nggak jarak malah bikin bingung.
Di titik itu, kalian butuh bantuan AI untuk mencari gambar terbaik dan paling tepat untuk merepresentasikan tulisan yang telah kalian garap. Dengan memanfaatkan Fotor, kalian bukan hanya mendapat referensi foto yang paling tepat untuk mendukung tulisan.
Banyak fitur lain yang tersedia dalam aplikasi online photo editor ini. Misalnya, mempercantik foto dengan photo enhancer, menghilangkan background, me-remove objects, menambahkan efek foto, membuat kolase, hingga melakukan crop & resize images.
Platform ini pun sangat mudah digunakan karena kalian hanya perlu mengakses semua fitur itu melalui situs mereka: fotor.com.
5. GatherContent
AI yang satu ini bisa dikatakan lebih kompleks dari empat rekomendasi sebelumnya. GatherContent dirancang untuk menjadi sebuah platform operasi konten otomatis yang komprehensif sehingga pengguna tidak kesulitan untuk mengatur tulisan-tulisan blognya secara manual.
Melalui platform ini, pengguna nantinya bisa berkolaborasi dengan mudah antar tim untuk menciptakan struktur konten blog antara teks dan aset digital dengan mudah. Nantinya, AI juga akan menganalisis kebiasaan penggunaannya untuk memberikan template dan komponen penting lainnya ketika produksi dilakukan.
Tentunya, dari berbagai rekomendasi tersebut harus disadari kalau penggunaan AI yang sangat masif itu akan menjadi suatu keharusan di masa depan nantinya. Jika kita tidak ingin digantikan oleh AI, maka sebaiknya kita lebih aware dengan perkembangan teknologi ini dan menggunakannya semaksimal mungkin sehingga mempercepat cara kerja kita sehari-hari. (*/) (Photo credit: Mart Production)

BACA JUGA: MARAKNYA PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), BAKAL JADI ANCAMAN BAGI PEKERJA KREATIF?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!