Esensi

MARAKNYA PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), BAKAL JADI ANCAMAN BAGI PEKERJA KREATIF?

Avatar AI lagi viral banget di media sosial seperti Instagram. Apakah penggunaan aplikasi berbasis AI ini menjadi ancaman bagi pekerja kreatif?

title

FROYONION.COM – Bicara mengenai teknologi memang nggak ada habisnya, Civs. 

Salah satu perkembangan teknologi tersebut di antaranya adalah aplikasi berbasis kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan Artificial Intelligence (AI). 

Nah, belakangan ini, media sosial Instagram gue lagi rame banget yang ngeposting gambar-gambar yang mirip lukisan. Tiap gue buka Instagram, postingan yang pertama kali keluar adalah postingan tersebut. Bahkan di menu explore pun juga begitu. 

Kebanyakan yang nge-post avatar-avatar tersebut adalah para selebriti mulai dari Nagita Slavina, Wulan Guritno, Melly Goeslaw, Dian Sastrowardoyo, dan masih banyak lagi. Yup, trend tersebut dikenal dengan nama Avatar AI.

Avatar AI memang lagi rame banget di kalangan artis yang mengunggah potret dirinya di media sosial mereka. Aplikasi yang digunakan bernama Lensa AI ini bisa merubah foto kita menjadi mirip seperti lukisan. 

BACA JUGA: SEJAUH MANA KERJA KREATIF DAPAT DIBANTU OLEH TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN?

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Prisma Labs ini bisa lo download melalui Apple Store maupun Google PlayStore. Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar, Civs. Jadi untuk menggunakannya, kita harus berlangganan terlebih dahulu.

Eits tenang, kita masih tetap bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis karena pengembangnya menyediakan uji coba gratis selama satu minggu. Setelah masa uji coba gratis habis, lo bakal dikenai biaya. 

Tapi ya, namanya gratisan pasti penggunaan filternya terbatas. Dalam satu hari, pengguna tidak berbayar cuma bisa mengedit tiga foto dengan akses 2-3 variasi aja. Kalo mau ngedit lebih banyak, harus nunggu sampe besok atau dengan melakukan pembayaran berlangganan.

LENSA AI MOD JADI ALTERNATIF

Dengan viralnya aplikasi Lensa AI di media sosial, jadi banyak netizen yang pengen ikutan nyobain juga. Berhubung aplikasinya berbayar dan lumayan mahal juga, nggak sedikit yang ngakalin aplikasi ini biar bisa dinikmati secara gratis. Emang dasar ye netizen!

Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Lensa AI Mod.

Kalo lo cari aplikasi serupa di berbagai situs, ada beberapa yang ngeklaim menyediakan versi mod dari aplikasi tersebut di laman website mereka.

Meskipun begitu, lo harus tetap hati-hati Civs kalo mau menggunakan aplikasi yang nggak resmi karena berisiko disusupi oleh virus atau malware yang bisa mencuri data-data pribadi kita. 

ANCAMAN BUAT PEKERJA KREATIF?

Pemanfaatan aplikasi berbasis AI pun semakin sering diterapkan oleh para pekerja kreatif antara lain aplikasi ChatGPT dan juga Avatar AI.

Keberadaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan ini menunjukkan betapa pesatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) sehingga dianggap sebagai ancaman bagi berbagai profesi di zaman sekarang.

BACA JUGA: TAKASHI MURAKAMI: SENIMAN YANG NGGAK PANDAI MENGATUR WAKTU ITU NGGAK PROFESIONAL

Salah satunya adalah copywriting yang menggunakan ChatGPT dan Lensa AI tadi untuk menggambar ilustrasi.

ChatGPT merupakan chatbot buatan Open AI yang bisa menjawab pertanyaan layaknya search engine. Bedanya, ChatGPT memiliki format percakapan dan lo bisa berinteraksi dengan chatbot tersebut.

Sejauh ini, ChatGPT sudah banyak digunakan sebagai tools untuk bikin naskah tulisan dan tugas kuliah. Bahkan ada juga yang menggunakan ChatGPT untuk membuat draft sebuah dokumen legal. 

AI memang potensial untuk jadi alat penunjang pekerjaan. Tetapi yang namanya alat, tetap dipakai seperlunya aja atau hanya sebatas konsep. Untuk eksekusinya tetap butuh otak dan kreativitas manusia. Karena kreativitas nggak bisa digantikan oleh teknologi, sense-nya bakalan beda dan hasilnya nggak bisa yang bener-bener semau kita. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
#ai
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer