Tech

GUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, GOOGLE I/O 2023 LUNCURKAN BERBAGAI FITUR-FITUR CANGGIH

Tak seperti kebanyakan orang yang khawatir dengan perkembangan Artificial Intelligence (AI), Google justru menciptakan berbagai fitur canggih dalam I/O 2023 yang berkolaborasi dengan teknologi satu ini.

title

FROYONION.COM - Akhir-akhir ini dunia kembali dihebohkan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Salah satunya adalah kemunculan Artificial Intelligence (AI), yang dengan mengejutkan, bisa melakukan apa saja. 

Melihat canggihnya AI, Google sebagai  perusahaan multinasional yang berfokus pada teknologi mesin pencarian, iklan daring, cloud computing, hingga barang-barang elektronik, juga mulai berfokus untuk mengembangkan AI dalam I/O 2023. 

Google yang dipakai lebih dari 3 miliar perangkat aktif di seluruh dunia, tentu tak mau menyia-nyiakan teknologi AI ini. Oleh sebab itu, Google menciptakan berbagai fitur canggih yang semakin menambah kemudahan para penggunanya. 

Apa saja fitur-fitur canggih itu? 

KIRIM PESAN DAN REKAM SUARA DI WHATSAPP LEWAT SMARTWATCH 

Pernah merasa greget tiap menerima pesan WhatsApp yang harus segera dibalas tapi lagi nggak bisa pegang HP? 

Berangkat dari kegelisahan itu, Google memberikan solusi untuk bisa mengirim pesan hingga kirim voice note lewat smartwatch Wear OS 3. 

Smartwatch Wear OS 3
Kini bisa balas pesan WhatsApp lewat Smartwatch Wear OS 3. 

Dengan fitur ini, kalian yang punya mobilitas tinggi nggak perlu khawatir dan repot-repot keluarin HP lagi kalau ada pesan yang urgent untuk dibalas. 

AI UNTUK ANDROID

Google membuktikan bahwa baik buruknya teknologi bergantung pada pemanfaatannya. Terbukti dari bagaimana Android menggunakan model AI untuk melindungi 100 miliar pesan yang dicurigai dari spam. 

Melangkah lebih maju lagi, Google menggunakan AI dalam fitur Magic Compose, Cinematic Wallpapers, dan Generative AI Wallpapers untuk membuat wallpaper yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. 

Google pergunakan AI
Google pergunakan AI untuk membuat customized wallpaper. 

Selain kedua hal tersebut, Google juga mempergunakan AI dalam Google Photos yang bisa menyempurnakan gambar langit sampai menghapus latar belakang. 

Bagi kalian yang biasa menggunakan Google Workspace untuk bekerja, kabar baik. Layanan seperti Google Docs, Sheets, Meet, dan Gmail juga punya teknologi AI. Namun untuk saat ini, fitur tersebut hanya tersedia bagi pengguna yang sudah mendaftar dan masuk di daftar tunggu. 

Masih banyak fitur-fitur mutakhir yang akan diciptakan Google. Semuanya tentu bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.