Tips

BUAT LO ANAK MUDA KREATIF, INI YANG BISA LO LAKUIN SETELAH LULUS SMA/SMK

Mungkin lo bingung mau ke mana sehabis lulus SMA/SMK. Buat lo anak muda kreatif, tenang aja, lo punya banyak pilihan yang bisa lo lakuin.

title

FROYONION.COM - Begitu lo lulus SMA/SMK, yang harus lo lakukan sekarang yaitu tujuan hidup lo setelah lulus sekolah. khususnya buat anak muda yang sekarang mau lulus SMA/SMK dan mempunyai keahlian di bidang kreatif karena waktu setelah lulus SMA/SMK ini adalah salah satu periode saat lo akan menentukan hidup lo seterusnya. 

Terdapat banyak pilihan yang bisa lo ambil setelah lulus SMA/SMK apalagi kalo lo punya keahlian di bidang kreatif, di sini gue akan merangkumnya menjadi tiga pilihan beserta alasan alasan jika lo mengambil pilihan tersebut.

Pilihan yang bisa kamu ambil di antaranya:

KULIAH & IKUT UKM KREATIF

Foto mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan. (Sumber: @miftahur1608)
Foto mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan. (Sumber: @miftahur1608)

Yap, ini pilihan pertama yang paling tidak berisiko dan paling mudah lo lakuin, tapi pilihan ini agak sulit untuk kedua orang tua lo. Karena beban hidup lo masih dipikul oleh orang tua lo. Tapi tenang lo juga bisa kok kuliah sambil bekerja, banyak kok mahasiswa yang mempunyai skill di bidang kreatif yang kuliah menyambi bekerja khususnya bekerja di pekerjaan yang freelance.

Setelah lo sudah masuk kuliah lo di sana akan mendapatkan banyak koneksi di dunia kreatif baik koneksi dengan orang lain maupun koneksi lo dengan komunitas yang ada di kampus. Di dalam kampus banyak koneksi yang dapat lo ambil apalagi kalo lo kuliah di kampus kampus besar, pasti di situ lo akan nemuin orang orang hebat dan komunitas-komunitas seru yang bisa menuntun lo untuk berkarya di dunia kreatif yang lo inginkan. 

Kalo berdasarkan pengalaman gue sebagai anak muda kreatif dan masih menjalankan kuliah di sebuah kampus yaitu di UIN Sayyid Ali Rahmatullah, gue di sana nemuin banyak kegiatan yang dapat menunjang kreativitas gue, seperti UKM (unit kegiatan mahasiswa) seni rupa, UKM Teater dan media media kampus seperti TV kampus atau majalah majalah yang ada di kampus. 

Di setiap  kampus memiliki kegiatan kreatif yang berbeda beda. Pastinya setelah lo masuk di kampus yang lo pilih lo harus segera mencari kegiatan apa yang ada di kampus lo yang bisa menjadi ruang buat menambah skill kreatif lo. 

Untuk menambah skill kreatif lo di kampus selain mengikuti komunitas komunitas dan kegiatan kegiatan yang ada di kampus, lo juga bisa  menambah skill kreatif lo dengan memilih jurusan kuliah yang cocok buat skill kreatif lo, jurusan jurusan yang membuat lo tambah kreatif antara lain: DKV (Desain Komunikasi Visual), Fotografi, Seni Rupa, Sastra, Televisi dan Perfilman.

KERJA DI AGENSI KREATIF 

Foto anak muda yang sedang bekerja di sebuah TV digital. (Sumber: @m_irfan64)
Foto anak muda yang sedang bekerja di sebuah TV digital. (Sumber: @m_irfan64)

Selain kuliah, pilihan yang dapat lo ambil adalah bekerja, apalagi kalo lo punya basic di bidang kreatif. Karena zaman sekarang banyak sekali lowongan pekerjaan buat anak muda yang kreatif, selain itu dengan bekerja lo juga bisa menambah data skil lo di portofolio.

Pekerjaan pekerjaan yang bisa lo dapatkan di bidang kreatif antara lain: Desainer Grafis, Video Editor, Copywriter, Content Creator, Campres (Camera Person) dan masih banyak lainya.

Pekerjaan pekerjaan di atas bisa lo dapatkan di perusahaan perusahaan agency seperti di WO (Wedding Organization), PH (Production House) maupun di perusahaan perusahaan lainya yang membutuhkan skill kreatif lo.

BUAT UMKM KREATIF

Pemuda kreatif yang membangun bisnis foto. (Sumber: Pexels)
Pemuda kreatif yang membangun bisnis foto. (Sumber: Pexels)

Pilihan yang terakhir buat lo anak muda yang kreatif yang bisa di lakukan setelah lulus SMA/SMK yaitu berbisnis. Jika lo malas  melanjutkan kuliah dan males bekerja di tempat orang lo bisa memilih untuk membangun sebuah bisnis.

Nah kalo kamu memutuskan untuk berbisnis, ada beberapa bisnis yang cocok buat anak muda low budget dan dikit pengalaman, seperti buat studio foto/video kecil kecil an, usaha sablon kaos, usaha dekorasi weding, coffee shop, dan lain lain.

Tips buat lo yang membangun bisnis sejak muda jangan lupa apapun itu usaha lo, lo harus bisa membuat konten di usaha lo tersebut, karena dengan itu usaha lo bisa lebih maju daripada usaha orang orang yang lebih tua dari lo, sebab anak muda memiliki ide kreatif yang lebih tinggi dari pada yang sudah tua.

Selain itu hal penting yang banyak disepelekan anak muda yang kreatif yaitu kurangnya melek finansial. Karena godaan terbesar anak muda kreatif adalah ketika lo sudah mampu menghasilkan uang dengan hasil keringat lo sendiri, pada fase itu lo pasti bakal punya banyak keinginan untuk beli ini itu, apalagi kalau lo anak muda yang kreatif yang kebanyakan memiliki kebiasaan suka bersenang senang. Stop kebiasaan tersebut!

Jika lo ingin membeli sesuatu mulailah  beli  yang menurut lo sangat penting buat usaha lo, Jangan sampek uang buat biaya operasional usaha lo habis. Pelajari tentang cara mengatur uang terlebih dahulu mau itu dari Youtube, Blog, ataupun dari rubrik salah satunya rubrik Bang Roy yang berjudul “tips mengelola keuangan buat anak muda”.

Bagaimana Civs? sebagai pemuda kreatif, lo masih bingung mau melakukan apa setelah lulus SMA/SMK, coba pikirkan baik baik jangan lupa di diskusikan dengan keluarga lo, pilihlah mana yang mungkin tepat buat lo sebagai pemuda kreatif yang bisa sukses di masa depan. 

Yang penting lo jangan sampai menjadi pengangguran ya Civs, manfaatkan skill kreatif lo. Yang lebih penting lagi jangan lupa simak terus tulisan tulisan terbaru Froyonion! Yang menambah pengetahuan lo di bidang kreatif lainya. (*/)

BACA JUGA: CARA KREATIF WARGA PAPUA MERAWAT LAUT DAN MELESTARIKAN CENDRAWASIH

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sulthon Amanulloh

Mahasiswa jurusan Sastra di kampus yang tidak terkenal dan menyambi bekerja menjadi kapster di sebuah barbershop