Tips

BIKIN PORTOFOLIO LO UNJUK GIGI, JOB HUNTER WAJIB TAU SITUS INI!

Gimana cara bikin portofolio yang menarik? Manfaatin aja rekomendasi situs ini Civs.

title

FROYONION.COM - Berani ‘unjuk gigi’ dan kemampuan jadi hal yang penting supaya lamaran lo dilirik perusahaan dan mereka mau nge-hire lo. Salah satu elemen yang penting menurut gue adalah portofolio

Dengan portofolio yang rapi, bagus dan menjanjikan perusahaan bakal dapat gambaran secara utuh tentang karya lo dan berani ambil langkah lanjutan buat milih lo sebagai karyawannya. 

Di era digital sekarang ini, banyak kok situs atau layanan yang memudahkan lo buat bikin portofolio secara kreatif dan bagus. Gue mau kasih beberapa rekomendasi situs yang mungkin bisa lo pakai buat bikin portofolio.

1. NOTION 

Ini menurut gue salah satu perangkat lunak terbaik yang bisa lo akses via website. Konsepnya adalah mereka membuat workspace dalam satu layanan. Jadi lo bisa bikin catatan semua soal pekerjaan lo cuma lewat satu aplikasi ini.

Nah, Notion ini sebenarnya bakal ngebantu lo banget buat bikin perincian project management secara akurat. Fitur yang disediakan di aplikasi ini juga memungkinkan lo buat bikin penyederhanaan atas pencatatan yang lo lakuin. 

Tapi, di sisi lain aplikasi ini juga banyak dimanfaatin sama pegiat dunia kreatif buat bikin pencatatan atas karya-karya yang sudah mereka buat. Jadi portofolio pun notion juga sangat memungkinkan.

Buat lo yang mungkin mau bikin portofolio lo ciamik di website, nggak perlu pusing-pusing lagi mikirin tentang gimana menyalurkan karya lo itu ke dalam bahasa pemrograman. Lewat Notion, kita dimungkinkan buat memasukan berbagai hasil kerja kita ke dalam situs itu dengan sangat mudah.

Skemanya itu tinggal drag & drop, jadi nggak perlu dah lo pusingin codingannya supaya bisa jadi satu kesatuan di website.  

Lo juga bisa kreasiin tampilan UI/UX website itu secara mudah dengan tool yang mereka sediakan. Banyak template yang bisa lo manfaatin kalau misalnya butuh ide bikin portofolio lo makin ciamik. 

Memang sih nggak akan bisa serumit website yang dikelola secara profesional, tapi menurut gue hasilnya tetap memuaskan kok. 

2. WEBFLOW

Situs kedua yang gue rekomendasiin ini juga memungkinkan lo bikin portofolio website tanpa harus bisa coding. Aplikasi Webflow ini bisa banget lo manfaatin buat kreasiin portofolio cukup dengan pakai satu situs ini aja.

Mereka mengembangkan perangkat tersebut dengan sebutan no code movement

Nah, dari pemahaman gue sih Webflow ini situs yang dibuat untuk memudahkan kita mendesain suatu web hampir menyerupai profesional. Kenapa masih hampir? karena jelas pasti ada perbedaan dari situs yang dikembangkan oleh mereka yang punya passion dan keahlian di bidang itu. 

Dari Webflow ini juga lo bisa pakai layanan hosting dan content management system (CMS) yang mereka punya. 

Dengan aplikasi ini, lo juga bisa bikin landing page, responsive website, hingga tampilan seperti situs e-commerce dengan mudah. Sangat ngebantu lo banget buat tampilin hasil karya dengan lebih menarik. Caranya pun mirip-mirip dengan pengelolaan konten di Notion, tinggal drag & drop aja. 

Tapi yang sedikit membedakan, di aplikasi ini lo paling enggak harus paham sedikit dengan HTML ataupun CSS. Soalnya, kalau lo masih sangat awam pasti cukup susah untuk terbiasan dengan toolbar yang mereka punya. 

Aplikasi ini cocok banget buat lo yang punya banyak case study dan pengalaman di bidang dunia kreatif misalnya pembuatan tulisan, film atau videografi, fotografi, , copywriting, social media strategiest, dll. 

Lo yang berkecimpung di tech industry juga bisa banget manfaatin platform ini buat jadi wadah buat karya-karya lo. Misalnya lo punya pengalaman sebagai UI/UX Designer, atau Web Developer. 

Sama seperti Notion, di Webflow ini juga banyak template gratis yang bisa lo manfaatin. Salah satunya, bisa lo akses di sini. 

3. CANVA

Aplikasi terakhir yang gue bisa rekomendasiin ini bukan fokus bikin portofolio website. Tapi aplikasi ini populer di dunia digital sekarang ini gegara memudahkan kita buat bikin desain secara sederhana.

Semangat dari aplikasi ini sih menurut gue membuat setiap orang bisa berkarya dan membuat desainnya mereka masing-masing tanpa terhalang tool yang rumit. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi konvensional yang banyak dipakai sama desainer grafis di dunia ini, Canva memudahkan kita dengan beragam template yang mereka punya. 

Dengan pakai aplikasi ini, lo bisa bikin desain-desain penting kayak misalnya CV, poster hingga portofolio kerja lo. Nantinya hasil itu bisa dikonversi jadi berbagai bentuk, misalnya pdf, png, atau yang lainnya sesuai kebutuhan. 

Gue pun memakai Canva sebagai salah satu sarana bikin portofolio gue makin menarik. So pasti karena gue nggak punya basic desain grafis dan nggak terlalu memahami cara kerja aplikasi lainnya yang digunakan para ahli di bidang seni grafis. 

Pengembang aplikasi Canva ini pun terus menambahkan fitur-fitur sehingga makin beragam. Bikin grafis, animasi, hingga editing foto dan video kini bisa dilakukan di Canva. 

Nah Civs, itu dia beberapa situs yang gue rekomendasiin buat lo pada bikin portofolio makin ciamik. Ayo semangat bikin portofolio terbaik lo biar bisa bersaing sama yang lain cuy. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!