Esensi

BELUM PUNYA PENGALAMAN KERJA? INI TIPS BIKIN PORTOFOLIO BUAT NON EXPERIENCE

Ketika pengen ngelamar kerja, biasanya sering banget diminta untuk nyantumin document kaya CV dan portofolio. Mungkin kalau buat CV lo bisa cantumin pengalaman lo aja, tapi beda sama portfolio yang isinya hasil karya atau hasil kerja lo, terus gimana dong buat apply kerja di perusahaan yang minta portofolio?

title

FROYONION.COM - Ketika baru lulus kuliah, gue sempet struggle gimana caranya apply kerjaan yang minta cantumin portofolio sementara gue sendiri belum punya karya. Waktu gue apply magang buat kuliah, yang gue taro di CV cuman pengalaman gue di organisasi aja, bukan pengalaman kerja.

Banyak orang yang termasuk gue bingung bikin portofolio tapi belum punya pengalaman kerja. Sementara untuk dapet pekerjaan, lu butuh pengalaman kerja, hal itu yang bikin struggle gue setelah lulus kuliah.

Terus kebingungan gue itu terjawab ketika gue liat portofolio temen gue yang pengalamannya sama dengan gue. Di situ gue mulai bikin portofolio dari apa yang udah gue kerjain di tempat magang, dari foto-foto, bahkan gue juga masukin tulisan-tulisan gue di blog yang dijadiin tugas kuliah.

Dari situ gue sadar, ternyata portofolio itu bisa lo bikin sendiri tanpa harus punya pengalaman kerja, setidaknya lo punya basic di bidang yang mau lo apply dari portofolio yang lo bikin itu. 

Berikut ini tips yang bisa lo coba buat bikin portofolio tanpa pengalaman kerja, khususnya buat fresh graduate nih!

1. BERANI MEMULAI

Cara yang paling mudah dan dasar buat bikin portofolio tanpa pengalaman kerja adalah berani memulai buat bikin karya tanpa dibayar. Lakuin itu buat diri lo sendiri, emang berat kalau ngerjain sesuatu tanpa dibayar, tapi dari sini lo bisa latihan sedikit demi sedikit dan memahami gimana cara kerja dari posisi yang mau lo apply.

Misalnya lo mau apply sebagai videographer, lo bisa bikin dokumentasi keluarga saat trip atau short film yang bisa lo bikin bareng temen-temen lo. Kalau lo mau jadi fotografer, lo bisa mulai hunting foto atau minta temen lo jadi model buat portofolio lo. Dari hal kaya inilah yang bikin kalo talent itu bisa ngebantu lo buat cari pengalaman.

2. CEK KUALIFIKASI BIDANG YANG MAU DI LAMAR

Sebelum lo apply kerja, lo harus tau dulu kualifikasi kaya apa yang dibutuhin perusahaan, dan lo perlu nyocokin skill apa yang udah lo punya atau belum. Misalnya perusahaan yang lo lamar butuh skill basic SEO (search engine optimization), lo bisa ambil kursus atau pelatihan soal SEO biar lo tau fungsinya apa dan gimana cara kerjanya.

Hal ini juga gue lakuin ketika gue udah belajar nulis di kampus, tapi masih kurang buat industri yang mau gue pilih karena gak paham sama SEO.

3. JANGAN JADI PEMILIH

Buat lo yang baru mau terjun ke dunia kerja, jangan terlalu banyak memilih antara passion dan peluang kerja. Misal di industri kreatif, banyak yang pengen jadi videographer, jadi yang lo buat ya portofolio seputar itu aja, padahal lo juga bisa belajar buat jadi graphic designer dengan belajar editing foto, dan banyak perusahaan yang ngasih nilai plus kalau lo bisa dua skills ini.

Gak perlu bikin yang sempurna, bikin aja sebisa lo, semakin lo tau pembelajaran dan perbedaannya, semakin banyak portofolio yang bisa lo hasilin buat kerja di industri kreatif.

4. MANFAATIN SOCIAL MEDIA

Di era yang serba digital ini tentu kita ga bisa lepas sama peran social media. Platform socmed kaya Instagram, LinkedIn, Youtube, Tiktok dan lain-lain bisa lo manfaatkan sebagai wadah untuk lo jadiin portofolio. Beberapa temen gue bahkan sampe bikin akun khusus portofolio di Instagram karena dia pengen ngelamar di bagian desain grafis. 

Ada juga yang bikin channel YouTube dari kesukaannya sama budaya India dan isinya sampe jadi YouTuber. Hal ini juga bisa lo lakuin buat bikin portofolio tanpa pengalaman kerja, asal lo berani buat eksplor lebih luas dan banyak belajar hal baru.

At the end of the day, lo cuma perlu nunjukin apa yang lo bisa buat ngelamar kerja, sisanya lo bisa tingkatin lagi kemampuan lo, supaya saat lo keterima kerja udah gak kaget lagi sama apa yang lo kerjain. Persaingan semakin ketat, jadi jangan malu buat nunjukin kemampuan lo ya Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Vian Naufal Pradana

Seorang wibu yang suka musik, olahraga, dan baca buku (kalo lagi mood)