Tekno

STEPN: GAME BERBASIS SOLANA YANG BISA BIKIN LO CUAN DENGAN JALAN-JALAN?

Game berbasis blockchain ‘Solana’ katanya bisa bikin lo jadi sehat sambil dapet cuan. Kok bisa? Simak penjelasannya, Civs.

title

FROYONION.COM - Setelah Axie Infinity dirilis pada tahun 2018 kemarin, beberapa game berbasis blockchain lainnya jadi semakin dilirik oleh banyak orang, utamanya sebagai salah satu mesin penghasil uang mereka. Yang paling baru adalah StepN, sebuah gamemove2earn’ berbasis Solana, di mana para player bisa mendapatkan token in-game cuma dengan melakukan kegiatan kayak berjalan, jogging, atau berlari. 

Game ini dikembangkan karena melihat kondisi pasca pandemi, di mana banyak orang lebih peduli dengan kesehatan dan memutuskan untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Oleh karena itu, StepN dianggap bisa jadi market yang tepat untuk gaya hidup dewasa ini. User base-nya juga terbilang cukup besar, pada awal bulan Mei 2022 aja, platform ini udah mencapai 2,3 juta pemain aktif.

BACA JUGA: ‘AXIE INFINITY’ JADI KORBAN PERAMPOKAN KRIPTO TERBESAR HINGGA SAAT INI

Di dalam game ini, para pemain harus menggunakan sneakers dalam bentuk NFT, kemudian StepN akan melakukan tracking via GPS saat pemain melakukan jogging di dunia nyata. Seiring berjalannya waktu, sneakers berbentuk NFT ini bisa ‘rusak’ dan juga bisa di-upgrade

Berbagai macam atribut dalam sebuah sneakers di StepN.
Berbagai macam atribut dalam sebuah sneakers di StepN. (Sumber: StepN Website)

Segala transaksi yang terjadi akan menggunakan in-game currency, dan sneakers yang sudah di-upgrade bisa lo sewa atau perjual-belikan, dan pada akhirnya bisa ditukar dengan mata uang asli.

Green Satoshi Token (GST) adalah token yang digunakan dalam StepN, di mana 1 token GST dihargai sekitar $6 atau sekitar Rp87 ribu. Token supply-nya nggak terbatas, tapi cuma bisa didapatkan dengan mengikuti mode ‘gerakan’ tertentu.

Beberapa mode yang ada di dalam game ini adalah Solo Mode, Marathon Mode, dan Background Mode.

Untuk Solo Modejogging yang dilakukan selama 5 menit setara dengan 1 energi, di mana energi cuma akan terisi kembali setelah pemain mendapatkan sneakers yang baru. Nantinya juga bakal ada mystery box yang secara acak muncul seiring perjalanan.

Marathon Mode masih dalam proses pengembangan. Nantinya para pemain harus melakukan registrasi 24 jam sebelum melakukan marathon. Ada 2 tipe marathon, yaitu marathon yang berbasis jarak dan hari.

Sama dengan Marathon Mode, Background Mode juga masih dalam proses pengembangan. Aplikasi StepN nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi kesehatan dalam gadget untuk menghitung langkah kaki pemain setiap harinya.

Token GST yang didapatkan dari berbagai mode ini dihitung berdasarkan tipe sneakers dan atribut di dalamnya.

Aplikasi StepN tersedia di App Store.
Aplikasi StepN tersedia di App Store. (Sumber: Apple Store)

Saat ini, StepN bisa lo download lewat Google Play Store dan App Store. Cobain gih, siapa tahu bisa jadi side-hustle sembari bikin lo jadi lebih sehat, Civs. (*/)

BACA JUGA: BERTAHAN HIDUP DENGAN MAIN GAME DOANG PAKE 'AXIE INFINITY'?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.