Tekno

META MERILIS TOKO FESYEN VIRTUAL SUPAYA AVATAR LO DI MEDSOS BISA TAMPIL STYLISH

Facebook, Instagram dan Messenger yang lo punya juga bisa memiliki avatar. Meta, sebuah toko fesyen bikinan Mark Zuckerberg menyediakan berbagai produk bermerek supaya avatar lo di medsos bisa ikutan tampil stylish.

title

FROYONION.COM - Mungkin dari lo ada yang belum punya avatar di media sosial alias medsos. Bikinnya gampang. Kalau di Instagram, lo bisa masuk ke Pengaturan, trus masuk ke Akun, lalu klik Avatar. Nah, lo tinggal bikin deh di situ. Lo juga bisa bikin avatar lo tampil stylish dengan mengunjungi toko virtual rilisan Meta.

Meta merilis toko fesyen virtual yang mana pengguna Facebook, Instagram, dan Messenger dapat membeli pakaian digital buat avatar mereka. Kalau baca di The Verge nih ya, merek pertama di toko fesyen tersebut adalah PradaBalenciaga, dan Thom Browne. Ada juga pakaian motocross, hoodie, dan jas.

CEO Meta, Mark Zuckerberg juga bilang dalam sebuah postingan-nya di Facebook, kalau dia akan segera menambahkan lebih banyak merek. “Barang digital akan menjadi cara penting untuk mengekspresikan diri Anda dalam metaverse dan pendorong besar ekonomi kreatif,” katanya.

Sebetulnya sudah tersedia beberapa model pakaian yang bisa lo dapatkan secara gratis buat di avatar lo. Fitur avatar ini bisa lo coba sebagai cara baru buat mengekspresikan diri lo di media sosial, dengan membuat diri lo versi yang saat ini ataupun versi lain yang lo idamkan. Selain itu, lo juga bisa temenan sama avatar temen atau keluarga lo.

Zaman semakin maju, brand atau merek pakaian mewah mulai bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk menciptakan pakaian digital bermerek. Beberapa merek fesyen mewah mulai menjadi besar di metaverse.

BACA JUGA: PENGKATEGORIAN CEWEK KUE, MAMBA, DAN BUMI ITU BUKAN STYLE FESYEN

Tahun lalu, Fortnite memperkenalkan skin Balenciaga sehingga pemain dapat membeli pakaian seperti hoodie bermerek untuk karakter dalam game mereka. Model Balenciaga telah dibuat menjadi avatar digital bernama 'Doggo,' yang mengenakan pakaian Balenciaga di arena Fortnite.

Melansir dari Lifestyle Asia, merek fesyen pertama yang bermitra dengan game online Fortnite, Balenciaga mengusulkan untuk menjual empat item dari koleksinya untuk dijadikan skin dan aksesori untuk avatar dalam game. 

Di game Roblox, pemain dapat mengunjungi Gucci Town, lengkap dengan taman yang menampilkan logo merek dan toko virtua merekal. Meta mengatakan bahwa toko fesyen virtual ini akan segera diluncurkan, meskipun informasi tentang bagaimana pengguna akan mengakses toko fesyen tersebut masih belum tersedia. 

Versi virtual tas Gucci Dionysus dijual seharga USD 4.115 di platform game Roblox. Buat beli tas tersebut, lo harus menggunakan 350.000 mata uang Robux. 

Karena tas ini bukan NFT, produk tersebut tidaklah bernilai di luar dunia Roblox. Namun, menarik untuk dicatat, bahwa tas virtual ini dijual dengan harga lebih tinggi daripada produk di dunia nyata yang harganya mulai dari USD 3.400.

BACA JUGA: APA SIH BEDANYA 'STYLE' DAN 'LOOK' DALAM FASHION?

Nike pun turut merilis produk virtual. Pada awal 2021, merek sneaker digital bernama RTKFT bekerja sama dengan Fewocious, seorang artis kripto populer yang menjual sekitar 600 pasang sepatu, dan menghasilkan USD 3,1 juta dalam waktu kurang dari tujuh menit.

Lalu pada 14 Desember 2021, Nike mengakuisisi RTKFT. Mereka meluncurkan sesi lelang virtual sepatu kets di Snapchat. Di fitur inilah penawar dapat memasuki lelang virtual. 

Sejak studio RTKFT membagikan berita bergabung dengan keluarga Nike Inc., RTFKT jadi semakin terkenal. Banyak dari sepatu virtual mereka memiliki kemiripan yang kuat dan terinspirasi oleh Nike, seperti Air Jordan 1 dan Air Force 1.

Dalam siaran langsung, Eva Chen, direktur kemitraan mode di Instagram, mempratinjau satu tampilan yang menampilkan T-shirt, jeans, dan ikat pinggang putih yang dipasang pada avatar Zuckerberg. "Saya tidak tahu bahwa saya bisa melakukan hal itu," katanya.

Enggak ada yang mengira juga kalau avatar yang lo punya bisa dipakein baju, tas, bahkan sepatu. Produk virtual di atas yang katanya bakal dijual di toko fesyen Meta, hanya akan dapat lo lihat di dunia virtual. Lo pun enggak boleh lupa kalau diri lo di dunia nyata juga kudu tampil stylish. Apa perlu Froyonion Wear juga bikin produk virtual kayak begini? (*/)

BACA JUGA: KENAPA TREN FESYEN SELALU NGULANG KAYAK SEJARAH?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung