Potensi Diri

PAHAMI KOMBINASI COLOR WHEEL AGAR WARNA DESAINMU LEBIH EYE CATCHING

Pernah lihat desain yang warnanya bikin sakit mata? Jangan sampai terulang lagi deh, coba gunakan kombinasi Color Wheel agar desain lo lebih eye catching dan pastinya nggak bikin sakit mata, Civs.

title

FROYONION.COM - Warna adalah salah satu unsur paling penting dalam sebuah desain ya nggak Civs, apalagi di industri media kreatif seperti ini yang identik dengan berbagai macam warna yang colorfull. Lo bisa tertarik pada sebuah desain ya karena salah satu faktornya adalah warnanya bagus.

Tapi nyatanya dalam memilih kombinasi warna pada desain itu gampang-gampang susah Civs, nggak bisa asal-asalan nempelin warna aja trus jadi, yang ada desain yang lo buat nanti warnanya nggak enak dilihat, bikin sakit mata, bikin sakit hati juga karena di katain orang lain.

Buat lo yang masih bingung gimana sih insting orang-orang itu kok bisa nyari warna yang bagus, seimbang, cocok, dan sesuai dengan tema yang mau disampaikan pada desainnya.

Jawabannya ya karena jam terbang mereka udah tinggi, instingnya tajam. Jadi perpaduan desain dan warnanya menjadi satu kesatuan yang pas dan enak dilihat.

Tapi ada juga acuan dalam memilih warna yaitu color wheel alias roda warna, yang menunjukkan hubungan antara warna hangat dan dingin, dan antara warna primer, sekunder, tersier, dan lain-lain.

Lo bisa nyobain 4 teori penggunaan kombinasi color wheel sebagai acuan warna desain lo Civs.

1. ANALOGOUS - KOMBINASI WARNA YANG BERDEKATAN

Kombinasi warna ini cukup sederhana Civs, lo tinggal memilih warna yang berdekatan aja dari sisi kiri dan kanannya, kombinasi warna ini biasanya juga sering kita jumpai di alam.

Contoh kombinasi warna yang berdekatan.
Contoh kombinasi warna yang berdekatan.

Kalau lo mau memilih 3 warna, pilih satu warna dan ambil dua warna yang berdekatan dengan warna tersebut.

Dengan cara ini Civs, lo bisa mendapatkan perpaduan 3 sampai 6 warna sekaligus yang seimbang dan harmonis. saran dari gue pilih antara warna yang hangat dan dingin yaitu dari sisi kiri dan kanan seperti gambar di atas, biru-hijau.

2.COMPLEMENTARY - KOMBINASI WARNA PELENGKAP

Kenapa dinamakan kombinasi warna pelengkap? Karena warna yang dipilih  adalah warna yang berhadapan atau bertolak belakang pada color wheel. 

Contoh kombinasi warna pelengkap.
Contoh kombinasi warna pelengkap.

Kombinasi ini memiliki tingkat kontras yang tinggi Civs karena pasti hasilnya adalah perpaduan antara warna hangat dan dingin. Kombinasi ini juga yang paling mencolok tapi tetap harmonis dan eye catching pastinya.

3. SPLIT COMPLEMENTARY - KOMBINASI WARNA PELENGKAP TERPISAH

Contoh kombinasi warna pelengkap terpisah.
Contoh kombinasi warna pelengkap terpisah.

Kombinasi Warna Pelengkap Terpisah merupakan variasi dari kombinasi warna pelengkap sebelumnya di nomor 3. Kombinasi ini dapat membuat hasil desain yang lo buat memiliki kontras yang tinggi, karena menggabungkan antara warna primer,sekunder dan tersier sekaligus. Hal ini juga menghasilkan harmoni dan keseimbangan serta variasi yang lebih besar daripada penggunaan kombinasi warna pelengkap sebelumnya.

Caranya lo bisa memilih satu warna pelengkap dan dua warna yang berdekatan dengan salah satu warna pelengkap yang dihilangkan, contoh di atas warna yang dihilangkan adalah warna orange tengah yang sejajar dengan biru muda di bawah. Sehingga kombinasi warna ini menyerupai huruf Y.

4. KOMBINASI WARNA TRIADIC

Contoh kombinasi warna triadic.
Contoh kombinasi warna triadic.

Kombinasi triadic adalah kombinasi tiga warna berjarak sama pada color wheel. Ketika dipadukan, kombinasi warna triadic cenderung memiliki kesan semangat dan ceria. Hal ini bisa lo jadikan acuan kalau menginginkan desain dengan hasil yang colorfull

Caranya pilih satu warna, kemudian berikan jarak 3 warna sebagai pemisah pada masing-masing warna tersebut. Sehingga akan terbentuk seperti segitiga sama sisi.

Penggunaan color wheel atau roda warna dapat membantu lo untuk memilih warna yang tepat, nggak asal-asalan. Ada juga yang hanya mengandalkan insting untuk memilih warna desain yang akan digunakan, dan hasilnya nggak beda jauh ketika menggunakan color wheel, tapi hal itu membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi Civs.

Lo juga bisa menggunakan insting kalau lebih sering melatih kepekaan terhadap kombinasi warna dengan menggunakan color wheel sebagai acuan, lalu lo variasikan dan explore sesuai keinginan lo sendiri, dan lebih bisa ningkatin skill serta karir lo di dunia desain grafis.

BACA JUGA: REKOMENDASI LAPTOP TERBAIK 2022 UNTUK DESAINER GRAFIS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan