Tips

JANGAN MALES, INI TIPS AGAR LO LEBIH SEMANGAT MASUK KERJA SETELAH LIBUR LEBARAN

Setelah libur lebaran waktunya kembali ke rutinitas kerja lagi. Tapi terkadang masih males karena udah terbawa suasana libur panjang, nih gue kasih tips buat lo yang kerja di industri kreatif supaya lebih semangat lagi kerjanya.

title

FROYONION.COM - Secara resmi, waktu cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah adalah satu pekan. Namun, agar perusahaan atau kantor tempat lo bekerja bisa kembali produktif ketika mulai masuk seperti biasa lagi, lo perlu tips masuk kerja setelah libur lebaran supaya bisa lebih semangat lagi.

Terkadang kalau udah ngerasain libur panjang, bawaanya tuh males banget kalau harus kembali ke rutinitas kerja lagi, bawaanya cuma pengen nyantai di rumah aja trus duit dateng sendiri entah darimana. .

Tapi kebanyakan kalo Civs baca di artikel lain tips yang diberikan rata rata untuk karyawan sebagai pekerja padahal untuk mengembalikan mood agar kembali semangat kerja dan kembali produktif harus ada komunikasi yang baik di antara kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan. Soalnya kebijakan apa yang dilakukan oleh perusahaan pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran juga sangat krusial.

Kalau salah strategi, bisa jadi malah karyawan menjadi malas dan target kerja tidak akan tercapai, kemungkinan lain yang bisa terjadi karyawan malah banyak yang resign karena merasa tidak nyaman. Gawat sih kalo sampai banyak yang resign gitu

Libur satu atau dua hari mungkin tidak akan berdampak banyak pada kinerja karyawan, ya gak Civs…!! Namun beda cerita lagi kalau libur selama sepekan, Biasanya produktivitas kinerja yang diberikan akan mengalami sedikit penurunan. Tapi dengan adanya strategi yang pas dan cocok justru ketika masuk kerja setelah libur lebaran akan menjadi waktu yang tepat untuk mendongkrak semangat kerja karyawan lebih dari sebelumnya.

Kali ini beberapa tips yang bisa lo lakuin Civs, dari pihak perusahaan atau lo sebagai karyawan Civs bisa ngasih saran ke perusahaan atau kantor tempat lo kerja agar kinerja karyawan lebih semangat seperti biasanya atau bahkan bisa lebih semangat lagi dari sebelumnya. Cakep gak tuh..!!!

  • Buat kesan santai di hari pertama

Kunci utama agar bisa berhasil yaitu terletak di hari pertama masuk kerja, setiap karyawan yang masuk kerja setelah libur lebaran tentunya mood mereka masih santai,fresh dan masih dalam situasi lebaran, Tapi kantor juga tidak bisa kemudian langsung menuntut kinerja maksimal atau bahkan langsung memberikan lembur pada hari pertama masuk kerja, dan juga jangan bandingkan kinerja yang diberikan karyawan pada hari biasa dengan hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran.

Caranya adalah dengan memberikan sedikit kelonggaran kerja pada hari pertama. Mood liburan dan vibes lebaran tentu saja masih sangat  melekat, berikan beberapa keringanan agar karyawan cepat kembali beradaptasi dengan rutinitas pekerjaannya.

Keringanan  itu bisa bermacam - macam bentuknya civs,misalkan dengan tidak memberikan banyak pekerjaan di hari pertama, atau halal bihalal dengan saling memberikan hampers dan makanan, atau bisa juga dengan bikin konten ringan bersama dengan konsep yang unik dan lucu agar lebih terasa keakraban dan kenyamanan di kantor. Hal kecil seperti ini bisa menjadi transisi yang halus dari mood liburan yang masih melekat ke mood bekerja yang lebih baik dan produktif lagi.

  • Welcoming Party

Hal ini bisa lo lakuin di kantor dengan mengajak atasan kantor lo kerjasama membuat acara sambutan kecil kecilan, acara seperti ini bisa dilakukan untuk menjembatani  pekerjaan yang mungkin sudah menumpuk setelah ditinggal selama libur lebaran,  Dengan mengadakan acara seperti ini perusahaan memberikan kesan friendly kepada karyawannya dan hal ini akan memberikan mood yang baik untuk karyawan. Idealnya, karyawan akan merasa dihargai dengan baik oleh perusahaan karena mendapatkan sambutan. Meski gak harus mewah, bisa diisi dengan acara makan makan dan foto bersama, acara seperti ini sebaiknya dilakukan untuk memberikan vibes positif pada karyawan setelah libur panjangnya bersama keluarga.

  • Suasana kantor yang segar

Suasana baru bisa membawa semangat baru, sedikit memberikan renovasi atau tambahan pada beberapa sisi ruang kerja dapat memberikan kesan bahwa kantor mengalami perubahan setelah libur lebaran berakhir. Bisa juga dengan menggunakan dresscode yang unik, seperti pakai kostum profesi lain ketika masuk kerja di hari pertama, biar gak bosen tentunya, hal ini tentu saja bertujuan mengembalikan mood agar lebih senang dan nyaman di kantor, karena untuk mengembalikan semangat kerja pada karyawan yang baru saja libur panjang bukan perkara yang mudah, tapi tetap bisa diusahakan, agar kembali menjadi produktif.

Tiga cara di atas memiliki tujuan utama mengembalikan mood kerja setelah libur lebaran, tapi kalau memang kantor memerlukan untuk langsung bekerja efektif, dari pihak kantor bisa memberikan gift atau hadiah pada karyawan yang memberikan kinerja terbaik di minggu pertama kerja setelah libur lebaran. Hal ini juga bisa memancing semangat pada karyawan lain untuk lebih memacu semangat kerjanya dan mungkin bisa saling berlomba lomba menjadi yang terbaik. Momentum karyawan yang bahagia dan fresh setelah libur lebaran harus dijadikan sebagai pendongkrak semangat kerja di  hari-hari berikutnya.

Bagaimana civs..? udah ada gambaran harus gimana mengembalikan semangat kerja setelah libur lebaran, lo bisa langsung mempraktekkannya bareng temen sekantor lo atau lo bisa juga kasih tau atasan lo untuk merancang acara di hari pertama, pastinya atasan lo akan seneng karena punya karyawan yang inisiatif dan kreatif  seperti lo…(*/Foto: Jon Tyson via Unsplash.com)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan