Potensi Diri

MENDAPATKAN IDE KREATIF DENGAN MELAKUKAN KEBIASAAN UNIK SEPERTI DALI

Salvador Dali atau bahkan Jay-Z kerap melakukan hal-hal kreatif untuk mendapatkan inspirasi. Hal ini bahkan bisa disebut sebagai kegiatan yang aneh.

title

FROYONION.COMSetiap orang punya caranya sendiri untuk menemukan ide kreatif. Lo mungkin pernah dengar beberapa nama terkenal kayak Salvador Dali, Jay-Z ataupun Beethoven. Masing-masing mereka punya cara yang unik buat mendapatkan ide kreatif.

Gak ada salahnya juga semisal lo mau mencoba cara orang lain dalam mencari ide kreatif. Bisa jadi itu bermanfaat juga buat lo. Melansir dari Fast Company, berikut ada beberapa cara mencari ide yang “tidak biasa” alias unik yang mungkin bisa lo coba.

1. SALVADOR DALI MENCARI IDE DENGAN SETENGAH BERMIMPI

Dali menggunakan metode "tidur dengan kunci" untuk membangunkannya ketika dia mulai tertidur. Dia akan duduk di kursi sambil memegang kunci dengan piring logam di bawahnya. Jadi ketika dia ketiduran dan kuncinya jatuh ke piring, hal itu akan membangun Dali ketika dia setengah bermimpi.

Cara yang dilakukan oleh Dali memanfaatkan kondisi hypnagogic, semacam halusinasi atau bermimpi tapi dalam keadaan sadar. Andreas Mavromatis menjelaskan dalam bukunya Hypnagogic, bahwa ketika lo berada dalam keadaan ini, batas-batas ego lo mengendur, dan lo lebih terbuka terhadap asosiasi ide yang cair.

BACA JUGA: MELAHIRKAN IDE KREATIF ALA PABLO PICASSO DAN LUDWIG VAN BEETHOVEN

2. JAY-Z MENYIMPAN SAJAKNYA DI KEPALA

Dalam bukunya yang berjudul Decoded, Jay-Z menulis tentang bekerja keras di jalanan sebagai pengedar narkoba remaja membuatnya tidak memiliki waktu dan tenaga, untuk menuliskan sajak di kertas dengan pena, ketika ide kreatif datang kepadanya.

“Jadi saya membuat sudut-sudut kecil di kepala saya untuk menyimpan sajak,” tulisnya. Jay-Z percaya proses menyimpan ide kreatifnya setiap hari bisa memperkuat ingatannya.

3. PARKER DAN STONE MEMBUAT KARYA DALAM KEADAAN PANIK

Lo tentu familiar dengan istilah deadline alias tenggat waktu. Trey Parker dan Matt Stone menjadikan tenggat waktu sebagai acuan dalam membuat serial Netflix berjudul South Park. Serial South Park dalam proses pembuatannya mulai dari penulisan cerita, animasi, dan pengeditan dilakukan seminggu sebelum episode terbarunya dirilis.

Parker dan Stone mengungkapkan dalam film dokumenter TV 6 Days to Air: The Making of South Park, bahwa kepanikan sebenarnya adalah bagian dari proses yang mengarah pada brainstorming yang lebih spontan, sindiran topikal tentang peristiwa terkini, dan ketidakmampuan untuk menebak-nebak diri sendiri.

4. KOMPOSER IGOR STRAVINKSY MELAKUKAN HEADSTAND

Igor Stravinsky, komposer Rusia-Amerika yang terkenal dengan baletnya, mengakui bahwa dia memulai setiap hari dengan latihan yang diajarkan oleh pesenam Hungaria kepadanya, yakni gerakan headstand.

Mason Currey menjelaskan dalam buku Daily Rituals, bahwa Stravinsky melakukan ini untuk "menjernihkan” otak. Pose headstand dinilai bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan detoksifikasi kelenjar adrenal.

5. NOVELIS HONORE DE BALZAC MEMINUM KOPI DALAM JUMLAH YANG GILA-GILAAN

Balzac, novelis dan penulis drama Perancis kerap meminum kopi berkafein tinggi ketika perut lagi kosong. Cara ini tentu gak cocok buat lo yang mengidap sakit mag. Balzac sendiri minum 50 cangkir kopi sehari untuk merangsang kreativitasnya dalam menulis, seringkali meminum dua atau tiga cangkir sekaligus.

6. PENEMU YOSHIRO NAKAMATSU MENCARI IDE SAMPAI NYARIS TENGGELAM

Nakamatsu mengatakan bahwa semakin dekat dia dengan kematian, semakin kreatif dirinya. Dia mengaku telah masuk ke dalam air untuk menghasilkan ide-ide baru. Nakamatsu mengatakan bahwa dia tetap berada di bawah permukaan, sampai dia mencapai kilasan kejeniusannya, yang bisa terjadi hanya pada saat 0,5 detik sebelum kematian.

7. DAN HARMON MENGGAMBAR SEKUMPULAN EMBRIO

Harmon adalah kreator dan penulis di NBC's Community. Embrio yang Harmon maksud adalah lingkaran cerita yang dibagi menjadi delapan langkah. Dari sanalah Harmon melahirkan ide kreatif.

“Setiap plot dan lelucon yang dia buat harus menjadi lingkaran penuh dengan mengikuti delapan langkah,” ungkap Harmon kepada Wired. Cara yang dilakukan oleh Harmon yakni semacam membuat ide kerangka cerita yang ideal baginya.

8. ORATOR YUNANI KUNO DEMOSTHENES BERBICARA DENGAN BATU DI MULUTNYA

Menurut sejarawan Yunani Plutarch, orator Demosthenes tidak selalu hebat dalam berbicara di depan umum. Banyak yang tertawa ketika dia pertama kali berpidato, dan teman-temannya meminta Demosthenes untuk berhenti.

Namun, setelah menerima beberapa dorongan dari seorang aktor dan teman dekatnya, Demosthenes mulai melatih keterampilan pidatonya dengan sangat serius. Dia pun sampai berlatih berbicara dengan batu di mulutnya di ruang latihan bawah tanah setiap hari. Dia bahkan tinggal di sana selama berbulan-bulan dan mencukur satu sisi kepalanya (seperti Skrillex) untuk membuat dirinya tidak takut diolok-olok.

Dari sekian banyak cara di atas, lo bebas mau coba cara yang mana. Mau coba cara yang kayak Dali dengan tidur sambil megang kunci, caranya Jay-Z, atau minum kopi yang banyak kayak Balzac; terserah. Dalam hal mencari ide, lo sendiri yang paling tau cara yang mana yang bisa lo lakuin. Yang penting lo terus mencoba. (*/)

BACA JUGA: CARA MENJADI KREATIF WALAU TAK TERLAHIR KREATIF

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung