Tips

ENGGAK PEDE WAKTU PRESENTASI? COBA TERAPKAN TIPS AMPUH JAGO PRESENTASI ALA BOS FROYONION INI!

Lagi dapet tugas presentasi? Atau dalam waktu dekat ada jadwal presentasi? Deg-degan? Takut nggak berhasil? Tenang! Sini, Bosnya Froyonion siap ngasih tips ampuh supaya presentasi lo jadi lebih baik.

title

FROYONION.COM - Dapet tugas presentasi mungkin udah nggak asing lagi buat kita. Anak SD zaman sekarang pun udah dapet tugas presentasi, loh. Selain melatih public speaking, presentasi juga jadi salah satu hal yang paling bisa bikin mules karena deg-degan. 

Nah, supaya presentasi kita bisa lebih bagus, bosnya Froyonion berbaik hati nih buat kasih beberapa tips. Kali ini, tipsnya langsung diambil dari pengalaman Luki Triadi, sebagai orang yang udah berpengalaman dalam ‘mengambil hati’ calon klien lewat presentasinya. 

GET AUDIENCE’S ATTENTION

Tips pertama adalah untuk bisa mengambil perhatian orang untuk bisa memperhatikan presentasi kita. Sekalipun materi yang dipresentasikan membosankan, kalo kita bisa menggunakan gimmick yang bikin orang tertarik, kemungkinan besar mereka masih mau duduk diam memperhatikan kita kok. 

Caranya gimana? Buat yang masih merasa kurang dalam public speaking, bisa menerapkan cara Sims meningkatkan skill-nya, yaitu dengan bicara di depan kaca. Nggak usah takut dianggep gila, Civs. 

Ngomong di depan kaca dengan diri sendiri bisa bikin kita aware sama kelebihan dan kekurangan kita saat berbicara. Misal, ‘waktu ngaca kok kayanya raut wajah gue kaku banget ya?’ atau kayak, ‘kok gue kayaknya kurang pake gesture tubuh ya?’ bisa disadari dengan berkaca. 

Selain ngaca, kita juga bisa merekam diri kita sendiri saat berlatih presentasi. Lo rekam dalam bentuk video, abis itu lo nonton deh video itu. Lo bisa evaluasi diri sendiri, kurangnya di mana, bagusnya di mana, dan apa yang bisa ditingkatkan. 

Kalo kata Luki, yang terpenting adalah jangan bertele-tele dalam menyampaikan pesan!

Mendapatkan perhatian orang lain merupakan salah satu indikator yang menentukan apakah presentasi kita sudah baik atau belum. (Foto: Froyonion)
Mendapatkan perhatian orang lain merupakan salah satu indikator yang menentukan apakah presentasi kita sudah baik atau belum. (Foto: Froyonion)

Ibarat lo mau ngasih tahu cara login Mobile Legend, tapi lo cerita dulu tentang sejarah terbentuknya Mobile Legend, kapan pembuatnya lahir, sampe leluhur-leluhurnya lo ceritain juga. Kan jadinya nggak efektif dan orang jadi bingung lo mau ngomong apaan. 

Mending, langsung to the point aja, Civs. Dengan begitu, orang jadi bisa lebih paham sama materi presentasi lo. Kalo udah berhasil, lo udah dapet skor 20 dari 100 untuk bisa jadi jago kayak Luki. 

BACA JUGA: NGERTI BAHASA INGGRIS TAPI NGGAK LANCAR DALAM SPEAKING, APA SIH PENYEBABNYA?

PEDE KARENA KITA YANG PALING PAHAM ISI PRESENTASINYA

Bukan mau merendahkan orang lain. Tapi supaya nggak minder sama presentasi sendiri, trik ini bisa lo terapkan. Yaitu untuk menganggap orang lain tidak lebih paham daripada kita tentang materi presentasi yang lo sampaikan. 

Anggep diri lo sebagai guru, sedangkan yang dengerin adalah muridnya. Sekalipun audience adalah guru lo sendiri, dosen, bos, sampe presiden, trik satu ini tetep harus diterapkan. Tapi, jangan salah kaprah mengartikan bahwa kita harus sombong sampai menganggap orang lain bodoh ya. 

Selain itu, riset yang mendalam juga perlu dilakukan. Karena rasa percaya diri ini hanya bisa muncul kalo lo punya pondasi yang kuat. Entah itu data, fakta, teori, hingga opini. Ini juga akan membantu lo untuk menjawab pertanyaan di sesi tanya jawab nanti. Biasanya kan ada tuh kalimat, “Sekian presentasi dari saya. Apakah ada yang ingin ditanyakan?” setiap kebagian presentasi. Kalo udah menguasai materinya, menjawab pertanyaan dari audience juga bisa terasa lebih mudah. 

BACA JUGA: TIPS JADI ‘EXPERT’ DI BIDANG YANG LO SUKAI

DESAIN PRESENTASI ITU PENTING!

Nggak harus bagus banget seakan lo anak desain grafis, kok. Tapi buatlah desain presentasi lo serapi dan semenarik mungkin. Lagi pula, udah banyak aplikasi desain gratis yang ngasih template presentasi. Kayak Canva misalnya. Pake aja salah satu template-nya dan sesuaikan dengan isi presentasi lo. 

BACA JUGA: APLIKASI DESAIN INSTAN: MATIKAN KREATIVITAS ATAU MEDIA BERKARYA BARU?

Kalo kata Luki, satu slide presentasi itu cukup memuat satu pesan. Misal, lo lagi bahas soal kenapa cicak makan nyamuk. Di slide pertama, buatlah judul semenarik mungkin. Hal ini juga bisa bikin orang jadi tertarik buat memperhatikan lo. Slide kedua, lo bahas dulu cicak itu apa. Bisa memuat ciri-ciri fisik, habitat, informasi ilmiah, hobi, cita-cita (nggak dong). 

Hindari mendesain presentasi terlalu banyak tulisan karena membahas banyak hal dalam satu slide. Jangankan audience, lo sendiri kalo liat presentasi yang tulisan doang bosen juga kan? Makanya, mainkan juga elemen grafik, gambar, GIF, dan video. Elemen interaktif kayak gini bisa membantu lo membuat presentasi yang lebih menarik. 

“Contohlah Apple. Mereka itu salah satu perusahaan yang jago banget dalam mempresentasikan fitur-fitur baru dalam produknya. Nggak perlu banyak tulisan. Bahkan ada yang cuma gambar doang. Tapi penjelasan mereka jelas, tepat, dan persuasif,” tutur Luki. 

CONNECTING THE DOTS

Ini adalah hal terakhir dan terpenting yang harus kita lakukan apalagi kalo slide presentasinya banyak. Pastikan dari satu slide ke slide berikutnya nyambung. 

Anggap presentasi yang lo bikin ini adalah buku cerita atau film yang pengen menceritakan sesuatu. Kalo ceritanya bagus dan nyambung, orang juga pasti demen merhatiin. Contoh yang baik untuk hal ini itu para komika. Dalam menyusun materi, mereka juga nyusun jalan cerita, bridging dari satu topik ke topik lain, dan membuat semuanya nyambung dengan satu benang merah. 

Itu dia beberapa tips supaya lo bisa lebih PD, lancar, dan terlihat meyakinkan saat presentasi. Bisa diterapkan buat lo yang lagi mau sidang skripsi, wawancara kerja, atau pitching ke client. Tips-tips ini bukan rumus pasti karena semuanya akan balik lagi ke diri lo sendiri. Good luck ya! (*/)

BACA JUGA: METODE NARASI: MENGASAH KREATIVITAS BIAR LO JADI LEBIH KREATIF LAGI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.