Potensi Diri

DAFTAR MATA KULIAH BARU AGAR ANAK MUDA LEBIH UPDATE SAMA PERKEMBANGAN DUNIA

Kalau ngomongin soal perkembangan dunia pastinya nggak jauh-jauh dari internet, teknologi, dan sosial. Tapi kalian pernah nggak sih kepikiran mata kuliah baru apa yang bisa ditambahkan ke kurikulum kita?

title

FROYONION.COM - Seiring berkembangnya zaman, perubahan peradaban dan tuntutan di dunia kerja juga semakin berubah. Hal ini dipicu karena adanya revolusi industri, gaya hidup, perkembangan teknologi, perubahan politik, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, manusia dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan di dunia ini, salah satunya lewat mata kuliah yang bisa bikin lo jadi update sama perkembangan dunia.

Tren seperti globalisasi dan kemajuan dalam kecerdasan buatan juga memicu perubahan tuntutan pasar tenaga kerja dan keterampilan yang dibutuhkan. Keterampilan secara sosial dan emosional seperti empati, kesadaran diri, rasa hormat terhadap orang lain, dan kemampuan untuk berkomunikasi juga menjadi penting karena baik ruang kelas maupun tempat kerja menjadi lebih beragam secara etnis, budaya, dan bahasa.

Selama beberapa dekade terakhir, peralatan yang dikendalikan komputer telah menggantikan beberapa pekerjaan. Kreativitas dan pemikiran kritis saat ini diperlukan untuk menemukan solusi dari masalah yang kompleks. Lalu bagaimana cara biar lebih up to date dengan perkembangan dunia untuk anak-anak muda ini? Apakah perlu ada jurusan atau mata kuliah yang baru juga untuk permasalah tersebut?

Baru- baru ini, Duke University di Durham, North Carolina, Amerika Serikat telah meluncurkan mata kuliah baru bagi anak muda, yaitu 'Building Global Audiences' atau dikenal sebagai 'kelas TikTok'. Kelas ini lebih tepatnya membangun personal branding bagi para mahasiswa, membantu mereka membandingkan analitik dan tujuan untuk akun mereka, dan mendiskusikan apakah suatu unggahan tertentu adalah konten baik atau buruk.

Di Indonesia sendiri belum ada mata kuliah aneh seperti di atas, cuma ada beberapa jurusan kuliah yang jarang ada di Indonesia seperti jurusan kriminologi di UI, teknik nuklir di UGM, jurusan astronomi di ITB, manajemen industri katering di UPI, teknologi batik di Universitas Pekalongan, dan ilmu keluarga konsumen di IPB.

Menurut gue, semua mata kuliah di atas belum mengarah untuk mencari tau apa perkembangan di dunia ini. Lalu, apa mata kuliah yang mengarah ke hal tersebut?

1. NETWORKING

Networking atau biasa disebut juga menjalin relasi dengan orang lain ini sangat diperlukan bagi semua orang, karena bisa menjadi pondasi kita dalam berteman saat dewasa atau bekerja nanti. Saat ini, banyak sekali manusia dengan latar belakang yang berbeda, hal ini akan membuat kita mengetahui berbagai pengetahuan, pengalaman, serta perspektif baru.

Berani membuka diri dan membaur dalam masyarakat bisa menjadi langkah kita dalam menjalin relasi. Networking akan mengajarkan kita cara berkomunikasi dengan baik dan benar. Banyaknya latar belakang yang berbeda-beda bisa mengasah kemampuan kita dalam beradaptasi dan menempatkan diri di lingkungan baru.

Hal ini sangat diperlukan karena ketika dewasa nanti, pada akhirnya orang yang tidak memiliki relasi akan susah berkembanganya dalam dunia kerja. ‘Orang dalam’ adalah kunci ketika kita bekerja nanti karena tanpa menjalin relasi, kita tidak bisa mengenal orang-orang ini dan kenyataannya sekarang memang begitu civs.

2. KETERAMPILAN EMOSIONAL

Keterampilan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Kemampuan ini dibutuhkan karena jika membiasakan diri dalam mengontrol emosi, kecerdasan seseorang bisa mengingkat.

Kecerdasan emosional ini menyumbangkan 80% dari faktor penentu kesuksesan seseorang, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual (IQ). Kecerdasan emosional menentukan seberapa baik seseorang dalam menggunakan keterampilan yang dimiliki, termasuk keterampilan intelektual.

Maka dari itu keterampilan emosional ini sangat penting bagi kita ketika dewasa atau bekerja nanti. Mungkin kita tidak bisa mengontrol emosi orang lain, tetapi kita dapat memahami emosi mereka dan mengontrol emosi diri kita sendiri.

BACA JUGA: 2 MUSISI INDONESIA YANG PATUT DIJADIKAN MATA KULIAH KAYAK TAYLOR SWIFT

3. SENI

Dalam kehidupan kita, seni melatih kita untuk lebih peka terhadap lingkungan, terhadap sesama, dan menciptakan sesuatu hal yang berguna. Keterlibatan dengan seni mempunyai peran penting dalam kecerdasan empati kita, meningkatkan konektivitas, keterlibatan emosional, dan rasa tanggung jawab terhadap orang lain.

Keterampilan ini yang digunakan bersama dengan pemikiran divergen, gue agak heran kenapa jarang dikembangkan dalam kurikulum perkuliahan. Gue yakin banget pemikiran setiap orang pasti ada sisi out of the box yang bisa dikembangankan ke dalam seni, ini yang tidak kita dapatkan dalam kurikulum sehingga tidak ada media atau tempat untuk menyalurkan kreatifitas.

Hal ini penting ketika kita dewasa nanti, karena hal ini bisa menjadi latihan kita dalam menyalurkan suatu ide atau kreatifitas kita ketika dewasa atau bekerja nanti. Kalian pasti pernah mengalami terjebak dengan suatu ide tapi tidak terealisasikan dengan baik, nah mata kuliah ini bisa menjadi uji cobanya. Hal ini juga yang menjadi aspek kognitif dan metakognitif yang tak bisa dikuasai robot dan AI.

4. OLAHRAGA

Saat ini, olahraga tidak hanya hanya baik untuk kesehatan fisik saja, namun bisa mempengaruhi psikologis, kesehatan mental, dan spiritual manusia juga. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin diketahui bisa membantu otak melepas senyawa kimia yang bisa memperbaiki suasana hati (mood). Kondisi tersebut membuat tubuh menjadi rileks dan mencegah munculnya gejala gangguan mental seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Olahraga juga bisa membuat penampilan fisik lebih menarik karena otot lebih terbentuk dan berat badan lebih ideal. Bagi sebagian orang hal tersebut ternyata bisa menambah rasa percaya diri. Kalau menurut gue yang dimaksud good looking ya seperti yang satu ini. Dibantu dengan setelan yang cocok dengan bentuk tubuh, muka dan warna kulit, bukan harus cantik atau ganteng.

Di dunia kerja, hal ini sangat diperlukan mengingat tuntutan pekerjaan sekarang ini harus good looking dan mampu bertahan di segala tekanan. Aspek psikologis dan mental manusia akan ditempa di dunia kerja. Maka dari itu, olahraga bisa menjadi media kita untuk mengontrol psikologis serta mental kita.

Itulah beberapa mata kuliah wajib yang bisa ditambahkan ke dalam kurikulum versi gue. Terdengar mainstream memang, tapi kenapa mata kuliah yang gue sebutkan tadi tidak menjadi mata kuliah wajib seperti pelajaran wajib ketika SD dan SMP? Padahal itu aspek terpenting ketika dewasa nanti. 

Kita sudah memiliki pengetahuan dasarnya ketika sekolah dasar, jadi kita hanya perlu menyesuaikannya dengan perkembangan dunia lewat mata kuliah yang baru karena masa depan dan dunia kerja menuntut akan hal tersebut. Menurut lo gimana Civs? (*/)

BACA JUGA: 5 JURUSAN KULIAH UNIK YANG BAKAL DIBUTUHIN DI MASA DEPAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.