Kreatif

5 JURUSAN KULIAH UNIK YANG BAKAL DIBUTUHIN DI MASA DEPAN

Bingung nyari jurusan kuliah? Tenang, sini gue kasih beberapa jurusan yang bakal dibutuhkan di masa mendatang. Dipastikan lo nggak akan susah cari kerja deh!

title

FROYONION.COM - Lo lagi bingung memilih jurusan kuliah dan merasa takut salah memilih jurusan? Atau takut tidak ada prospek di masa depan? Jangan takut Civs, di sini Froyonion akan merangkum lima jurusan kuliah yang unik, yang mungkin dibutuhkan suatu saat nanti.

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan tersulit bagi anak muda yang mau melanjutkan kuliah. Karena nantinya, lo bakal mendalami bidang jurusan pilihan lo tersebut selama 4 tahun ke depan. Maka dari itu, lo juga harus benar dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion lo. 

Di sini, Froyonion akan membantu lo dalam memilih jurusan dengan memberikan 5 rekomendasi jurusan kuliah terbaru yang unik, yang mungkin akan dibutuhkan suatu saat nanti.

1. Ilmu Komedi

Sekarang konten komedi semakin banyak diminati karena di zaman modern yang penuh hiruk pikuk ini, banyak orang-orang yang stres dengan kehidupan dan pekerjaannya. Mungkin jurusan kuliah komedi ini bisa menjadi solusi untuk membuat sebuah komedi yang lebih terstruktur dan lucu. 

Jurusan komedi ini bisa membantu orang-orang yang sudah lucu, menjadi benar-benar lucu. Caranya dengan menyempurnakan struktur komedi, waktu, dan pemahaman mereka tentang cara kerja bisnis komedi. Baik bisnis komedi di bidang writing, maupun performance. Seperti stand-up, improvisasi, komedi sketsa, dan penulisan skenario.

BACA JUGA: PLUS MINUS BEKERJA TAK SESUAI JURUSAN KULIAH

2. Budaya Populer

Saat ini banyak dari industri kreatif mulai dari influencer, selebritis, dan lainnya berlomba-lomba menjadi populer. Dan pernahkah lo berpikir ternyata, ilmu yang meneliti tentang budaya kepopuleran ini ada jurusan kuliahnya, lho

Semua jam kuliahnya dihabiskan untuk menonton program televisi, musik, dan film. Lo juga kudu menonton tren mobil, rumah, jalan-jalan, dan budaya populer lainnya. Ilmu budaya populer ini dapat digunakan untuk mengamati budaya populer masyarakat masa kini, dan masyarakat masa lalu secara historis. Mereka yang kuliah jurusan ilmu budaya populer ini akan berkarir di bidang jurnalisme, media massa, periklanan, atau hubungan masyarakat.

3. Rekayasa dan Desain Hiburan

University of Chichester menawarkan sebuah program studi dengan gelar BA (Hons) Esports. Program kursus tiga tahun ini memandu mahasiswanya untuk belajar esports dari perspektif yang lebih mendalam. 

Mahasiswa di universitas ini dilatih untuk menjadi gamer profesional. Latihan yang bakal lo jalanin nantinya berupa pengembangan skill dalam bermain game, pengembangan strategi, serta taktik untuk meningkatkan keahlian lo dalam bermain game. Selain bisa menjadi gamer profesional, di jurusan ini lo juga akan diajarin bagaimana cara memasarkan video game, event, dan hal lainnya soal esport

BACA JUGA: KARIER LO BEDA DARI JURUSAN KULIAH? INI YANG PERLU LO KETAHUI

4. Ilmu Media Sosial

Berbagai kampus di luar negeri sudah banyak yang membuat program studi media sosial. Di program studi, ini para mahasiswanya diajakarkan tentang pembuatan konten, cara menghubungkan komunitas, mengelola sebuah media sosial, dan lain-lain. 

Pertumbuhan kebutuhan media sosial ini menjadi bisnis yang semakin dibutuhkan. Awal puncaknya yaitu pada saat terjadi pandemi Covid-19 tahun lalu. Jurusan ini kedengarannya oke banget untuk dipelajari. 

5. Ilmu Keputusan

Di kampus Indiana University ada jurusan tentang ilmu keputusan. Jurusan ini akan mengajari mahasiswanya cara membuat keputusan secara benar dan tepat. Di jurusan ilmu keputusan ini, lo akan mendapatkan gelar Ph.D. 

Ilmu yang dipelajari di jurusan ini, yait  berbagai metode kuantitatif untuk membuat sebuah keputusan di tingkat tertinggi. Di sini kitalo tidak hanya mendapatkan jawaban "ya" atau "tidak" dari masalah yang sedang lo hadapi. 

Namun, lulusan jurusan ini akan mendapatkan keterampilan lebih dalam perihal menerapkan penelitian, data, dan analisis untuk mengambil sebuah keputusan di berbagai masalah disiplin ilmu. Baik dalam ilmu ekonomi bisnis, hingga teknologi informasi. 

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Keputusan ini lo mungkin bisa membantu orang-orang menghilangkan keragu-raguan dalam membuat keputusan yang paling tepat seperti ketika lo bingung dalam mengambil keputusan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan kemampuan lo. 

Namun, sayangnya jurusan jurusan unik di atas hanya ada di kampus-kampus luar negeri. Menurut lo kampus Indonesia perlu nggak sih memiliki jurusan-jurusan tersebut? Kayaknya Pak Nadiem perlu baca tulisan ini deh. Bagi yang punya kontaknya Pak Nadiem, tolong dong bagikan artikel ini ke beliau, hahaha. (*/)

BACA JUGA: 2 MUSISI INDONESIA YANG PATUT DIJADIKAN MATA KULIAH KAYAK TAYLOR SWIFT

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sulthon Amanulloh

Mahasiswa jurusan Sastra di kampus yang tidak terkenal dan menyambi bekerja menjadi kapster di sebuah barbershop