Potensi Diri

BEGADANG DAN BUDAYA ANAK MUDA INDONESIA LAINNYA YANG BERDAMPAK BESAR PADA KESEHATAN, BAHKAN MEMICU KEMATIAN

Kadang sebagai anak muda, kita merasa bisa melakukan apa aja tanpa harus khawatir akan kesehatan. Begadang? No Problem! Ngopi tiap hari? No problem! Tapi ntar waktu udah berumur? Nahhh baru deh ketahuan problemnya!

title

FROYONION.COM - Baru-baru ini ada video TikTok yang dibuat oleh seorang perempuan yang menceritakan pengalamannya saat terkena stroke sampai mengalami koma. 

Akun TikTok @olszalau mengunggah video yang menceritakan pengalamannya saat harus koma karena stroke akibat penyumbatan pembuluh darah di otaknya. Dilansir dari video tersebut, ternyata hal yang menyebabkan Olsza sakit adalah kebiasaannya begadang. 

Katanya, sejak pandemi dia jadi terbiasa untuk tidur larut, bahkan tidak tidur sama sekali hingga keesokan harinya. Karena dilakukan terus dan malah jadi kebiasaan, Olsza harus mengalami stroke pada umur 20 tahun. 

Kalo denger sakit stroke, mungkin kita berpikir bahwa penyakit itu cuma dialami oleh mereka yang sudah berumur atau lansia. Tapi, ternyata penyakit yang bisa menyebabkan kecacatan, ketidaksadaran permanen, hingga kematian ini nggak pandang usia loh. Pasalnya, salah satu TikToker Indonesia, Ririe Prameswari, juga mengaku pernah mengalami stroke ringan di usia muda karena pola hidup yang nggak sehat. 

Emang, sebesar itu ya dampak begadang buat kesehatan kita? 

BACA JUGA: INI TRIK SUPAYA RESOLUSI TAHUN BARU BUAT OLAHRAGA LU TERCAPAI

DARI BIKIN LINGLUNG SAMPE PENYAKIT SERIUS

Dilansir dari Health Line, manusia bakal mengalami gangguan fisik maupun psikis kalo kelamaan begadang. 

Nggak tidur selama satu hari penuh bisa bikin kita gampang kehilangan fokus. Kadar alkohol dalam darah bakal meningkat dan kalo dites, hasilnya bakal menyatakan kalo kita lagi kobam (alias mabok). Makanya, efek-efek yang ditimbulkan juga mirip sama apa yang lo rasakan waktu after party nih. Kayak gampang ngantuk, pandangan jadi berkunang-kunang, mood swing kayak cewek waktu PMS, sampe gangguan pendengaran. 

Lebih lama lagi begadang sampe dua hari, kekebalan tubuh akan turun. Tubuh udah makin nggak tahan pengen bobo dan bisa bikin kita mengalami microsleep, alias bobo sebentar di sela-sela aktivitas. Ini bahaya banget loh. Apalagi kalo terjadi waktu lagi nyetir terus kita tiba-tiba tidur bentar. Lewat sedetik aja bisa gawat, apalagi microsleep yang bisa sampe 30 detik ini. 

Kalo masih nggak mau nurut kata Bang Rhoma Irama yang bilang jangan begadang, lama-lama kita bisa mengalami halusinasi sampe ketakutan berlebih alias paranoid kalo nggak tidur selama lebih dari tiga hari. Otak juga nggak akan berfungsi dengan baik lagi yang akan merambat ke masalah fungsi organ-organ lainnya, bahkan bisa berujung kepada kematian. 

Ini mah bukannya nakut-nakutin, tapi emang istirahat itu penting banget. Apapun alasan lo untuk begadang, usahakan untuk istirahat selama 7-8 jam. Nggak kurang dan nggak lebih, karena kalo berlebihan juga bisa berdampak pada gangguan jantung. Pokoknya seimbang deh. 

Buat yang merasa bobonya udah teratur, eits jangan merasa aman dulu. Karena ada beberapa kebiasaan kecil lainnya yang kalo dilakukan terus-menerus bakal bahaya juga nih buat kesehatan. 

BACA JUGA: SERING KURANG TIDUR? WASPADA KADAR TESTOSTERON LU TURUN!

DARI HAND SANITIZER SAMPE KEBIASAAN MISUH

Dilansir dari Tempo, kebanyakan pake hand sanitizer malah bisa membahayakan diri sendiri. Karena dengan penggunaan desinfektan berlebih pada anggota tubuh, dapat menciptakan tempat bagi bakteri yang resisten antibiotik untuk berkembang biak. Bakteri satu ini susah banget untuk dibasmi dan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. 

Selain itu, kebanyakan main gadget juga bisa mengganggu kesehatan. Makanya, jangan remehkan nasehat orang tua yang bilang, “HP TEROOSSS!”, karena memang kalo berlebihan juga berbahaya. Salah satunya adalah kebiasaan main HP di malam hari sehingga memotong waktu istirahat kita. Otak dipaksa terus bekerja dan mata terus terbuka dengan berbagai konten TikTok, Instagram, YouTube, Netflix, dan berbagai macam aplikasi lain. Mulai sekarang, batasi penggunaan gadget lo ya, Civs!

“Gue jarang pake hand sanitizer dan main HP, nih! Aman dong berarti?”

Suka minum air putih dari botol kemasan? Nah, yang satu ini juga perlu diwaspadai apalagi kalo udah jadi kebiasaan sehari-hari. Selain bisa membuat sampah plastik menumpuk dan jadi pengaruh buruk buat alam, minum air putih dari botol kemasan sekali pakai juga dapat meningkatkan ekspos pada xenoestrogens yang bisa menyebabkan kanker payudara hingga kista. 

Bukan buat cewek aja, tapi bahan kimia lain yang ditemukan pada kemasan plastik juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ini semua bisa terjadi kalo botol kemasan yang digunakan nggak terjamin kebersihannya.

Terakhir nih, suka ngomong kasar! Dikit-dikit kalo kesel yang keluar kebun binatang semua dari mulut. Tahu nggak, gampang emosian dan misuh alias ngomong kasar itu juga mempengaruhi kesehatan baik fisik dan mental, loh. Karena kebiasaan negatif kayak gini bisa melemahkan kekebalan tubuh, bikin stres, dan malah mengundang penyakit. 

Jadi, walaupun masih merasa anak muda, ayo kita jaga kesehatan tubuh dan pikiran kita sejak dini. Makan makanan yang sehat, rutin olahraga, dan melakukan banyak kegiatan positif, bisa bikin kesempatan panjang umur jadi lebih besar. Selain itu, hidup sehat lahir dan batin juga investasi terbaik yang bisa kita lakukan! (*/) 

BACA JUGA: KUNCI KESEHATAN MENTAL: BELAJAR MENERIMA ‘HEALTHY NEGATIVITY'

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.