Sports

INI TRIK SUPAYA RESOLUSI TAHUN BARU BUAT OLAHRAGA LU TERCAPAI

Salah satu jenis resolusi tahun baru terpopuler adalah olahraga lebih rutin di tahun depan. Tapi banyak orang gagal. Trik ini bakal bikin lu lebih sukses mencapai resolusi itu, Civs!

title

FROYONION.COM - Angkat tangan kalo lu orangnya ‘mageran’. Yak lu nggak sendirian. Di dunia ini ada jutaan orang yang mageran kayak lu. Tapi bukan berarti itu pembenaran buat nggak olahraga.

Karena gaya hidup modern yang minim aktivitas fisik kayak sekarang ini membahayakan kesehatan kalo nggak diimbangin sama olahraga. Risiko kena penyakit jantung, diabetes, kegemukan, kanker usus besar, tekanan darah tinggi, osteoporosis, depresi sampai kecemasan berlebihan meningkat sampe 2 kali lipat kalau lu orangnya mageran.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai ngeluarin peringatan supaya warga dunia jangan terlalu mager. Itu karena udah ada sekitar 2 juta kematian per tahun karena kurang gerak alias mager. Diperkirakan WHO, ada 60% sampai 85% manusia dari total populasi dunia yang  males gerak dan olahraga saat ini. Jadi ini sebenernya wabah yang lebih ngeri juga dari Covid-19 kalo dipikir-pikir. Dan ini tragis karena sebenernya kematian sebanyak itu bisa dicegah dengan rajin gerak badan. Nggak usah sampe olahraga keras ala atlet Olimpiade juga kok.

Makanya Civs, selagi masih muda gini jangan mager supaya nggak jompo terlalu cepet. Masak umur masih 17 tapi kalo disuruh lari kayak aki-aki umur 71. Baru umur 20-an udah sering sakit encok kayak bapak-bapak. 

Terus gimana dong supaya tahun depan resolusi buat olahraga teratur tercapai?

Nih gue kasih tau yak triknya: konsumsi minuman berkafein sebelum saatnya berolahraga biar semangat.

Ini udah dibuktiin sama penelitian ilmiah juga lho. Berdasarkan penelitian yang hasilnya disebarluaskan University of Kent melalui jurnal ilmiah Sports Medicine tahun 2016 lalu, diketahui bahwa kafein bisa membantu kita mewujudkan ambisi tahun baru kita buat lebih rajin olahraga.

Penelitian ini dilakuin karena peneliti tahu bahwa kebanyakan orang nyerah sama resolusi tahun baru mereka dalam waktu cuma 6 bulan. Jadi Januari tuh berapi-api, eh belum Desember, di bulan Juni udah nggak ada semangat lagi. Dari yang ke gym tiap hari di bulan Januari, lama-lama nggak pernah nginjek kaki di gym lagi bulan Juni. Ini udah mafhum.

Kenapa minum kafein bisa bikin lu lebih setia sama resolusi olahraga lu di tahun baru?

Gini penjelasannya: minuman berkafein seperti kopi dan teh serta cokelat bisa membantu mengurangi persepsi usaha (perception of effort) saat akan memutuskan berolahraga. Kafein ini bisa dipake buat ‘nipu’ otak lu buat meyakinkan kalo olahraga itu nggak berat dan bikin capek.

Orang-orang zaman sekarang selain alasannya kekurangan waktu buat olahraga adalah karena berpikir kalo olahraga itu berat dan nggak perlu. Manusia itu secara alami emang terdorong untuk menyimpan energinya. Tapi kalau dorongan untuk menyimpan energi ini sudah menjelma jadi kemalasan bahkan untuk jalan ambil remote AC atau TV aja di ujung ruangan kayaknya udah nggak sehat banget kan?

Buat mereka yang udah terbiasa mager, bahkan kegiatan fisik seringan jalan kaki di rumah aja udah kayak lari marathon bolak balik Jakarta-Bekasi. Katakanlah lu abis bed rest sebulan karena habis operasi, pasti jalan ke kamar mandi aja udah kayak berat dan pencapaian hidup terbesar kan?

Tapi buat mereka orang Baduy yang udah terbiasa naik turun bukit, jalan kaki sambil bawa kayu berkilo-kilo di punggung ama lengan itu ringan aja rasanya. Inilah namanya persepsi usaha, yang bisa berubah seiring dengan perubahan gaya hidup, entah itu menjadi lebih pasif atau aktif. Harapannya sih kita jadi lebih aktif.

Walaupun ada manfaatnya, konsumsi kafein juga nggak bisa berlebihan. Supaya aman buat kesehatan jantung, batasi minum kopi jika jantung udah berdebar-debar nggak karuan, mual dan cemas berlebihan. 

Sebuah penelitian di University of South Australia menyarankan maksimal minum 6 cangkir kopi sehari.Tapi ini juga bergantung kekentalannya. Makin kental tentu kandungan kafeinnya bisa berkali-kali lipat.  

Jadi, siap menjemput health and body goals lu di tahun 2022? (*/Foto: Alexander Reidl via unsplash.com)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akhlis

Editor in-chief website yang lagi lo baca