Esensi

BANGUN JAM 5 PAGI: SEBUAH KEBIASAAN YANG DILAKUKAN ORANG SUKSES

Udah banyak banget kebiasaan yang dilakukan orang-orang sukses yang diangkat jadi film ataupun buku. Di sini gue mau bahas salah satu kebiasaan orang sukses yang cukup terkenal, yaitu bangun jam 5 pagi. Berani coba gak lo? 

title

FROYONION.COM - Lo semua pasti pernah dengar tentang kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang sukses, mulai dari cara dia belajar, cara dia bekerja, dan sebagainya. Nah di artikel ini, gue mau bahas satu diantara kebiasaan menarik yang dilakukan orang sukses yaitu bangun jam 5 pagi.  Biar lo percaya, gue bakal sebutin beberapa orang sukses yang menerapkan kebiasaan ini. 

Pertama, ada L. Rafael Reif, merupakan presiden M.I.T yang bangun jam 5 pagi dan jarang lewatin sarapan. Kedua, yaitu Scott Adams, pencipta komik strip “Dilbert”, yang biasa bangun antara jam 4 sampai 6 pagi. Nah, menurut Scott Adams, dia ngerasa bangun di pagi hari itu termasuk bagian terbaik dalam hidupnya karena dengan bangun pagi di ngerasa bahagia, cerdas, kreatif, dan optimis dalam bekerja gitu Civs. 

Mungkin lo masih bertanya-tanya emang apa hubungannya antara bangun pagi dengan sukses. Jadi Civs, pada pagi hari, tubuh dan pikiran kita pastinya masih fresh dan dalam suasana yang baik, ditambah lagi udara pada pagi hari yang segar pastinya bikin lo bersemangat beraktivitas. 

Nah, bagi orang-orang sukses, mereka akan memanfaatkan waktu pagi untuk melakukan hal-hal yang produktif. Tapi, perlu lo tekanin nih Civs, bahwa sebenarnya hubungan antara bangun pagi dengan sukses juga bergantung dengan diri lo sendiri. Karena, percuma aja kalau lo bangun pagi tapi yang lo lakuin cuma scroll handphone, alhasil gak ada pencapaian yang lo raih Civs. 

Kalau lo bingung kegiatan apa yang harus lo lakukan untuk memulai hari lo pada saat lo bangun pagi, lo bisa ikutin metode 20/20/20. Metode 20/20/20 ini diperkenalkan oleh Robin Sharma dalam bukunya yaitu “The 5 Am Club” yang membahas cerita orang-orang yang berkomitmen selama bertahun-tahun untuk bangun pagi. 

Metode 20/20/20 ini maksudnya adalah 1 jam pertama di hari kita akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu 20 menit pertama, 20 menit kedua, dan 20 menit terakhir yang masing-masing bagian tersebut berisi kategori aktivitas yang berbeda yang dapat lo lakuin, Civs. 

 Pada 20 menit pertama, lo dapat melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, senam, dan lain-lain. Selanjutnya, pada 20 menit kedua lo dapat melakukan aktivitas refleksi diri yang bisa menjernihkan pikiran lo, seperti meditasi, sholat, menulis jurnal, dan lain-lain. 

Di 20 menit terakhir, lo bisa melakukan aktivitas belajar, seperti membaca buku, mendengarkan podcast, dan lain-lain. Dalam bukunya ini, Robin Sharma merekomendasikan kita untuk melakukan metode ini selama 66 hari. Hal ini karena aktivitas baru yang lo lakuin rutin selama 66 hari dapat berubah menjadi sebuah kebiasaan. 

Selain lo bisa lebih produktif dan bersemangat, dengan bangun pagi lo juga mendapatkan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang sering orang-orang lewatin dalam kesehariannya, seperti olahraga dan sarapan, yang mana kegiatan-kegiatan tersebut justru bisa membantu lu lebih siap buat ngejalanin keseharian lo Civs. 

Nah, sekarang lo paham kan kenapa bangun pagi bisa berhubungan dengan kesuksesan orang-orang. Oke lanjut Civs, biar lo makin termotivasi bangun pagi, gue mau kasih tahu manfaat apa saja yang bakal lo dapetin jika membiasakan diri untuk bangun jam 5 pagi. 

BACA JUGA: TIPS MENJALIN PERSAHABATAN YANG LANGGENG ALA DRAMA KOREA HOSPITAL PLAYLIST

MEMPERKUAT DISIPLIN DIRI

Civs! Dengan lo konsisten bangun jam 5 pagi, maka secara tidak langsung hal itu akan melatih diri lo untuk disiplin. Hal ini karena ketika lo berhasil konsisten bangun jam 5 pagi, maka lo berhasil untuk menaklukan kemauan diri lo yang pengennya males-malesan. Nah, tentunya dengan disiplin yang kuat lo bakal jadi orang yang berprinsip, teratur, mandiri, dan lebih percaya diri yang akan membuat lo melakukan hal-hal dengan lebih berkualitas lagi. 

PUNYA WAKTU LEBIH UNTUK MEMBUAT PERENCANAAN

Kalau lo adalah orang yang bangun mendekati waktu sekolah, kuliah, kerja, atau aktivitas produktif lo, gue mau minta lo buat STOP melakukan kebiasaan itu. Kenapa? Karena tentunya lo bakal langsung sibuk mempersiapkan ini-itu buat mulai aktivitas lo tanpa membuat suatu perencanaan.

Padahal, merencanakan sesuatu dalam satu hari itu penting, lo dapat mengetahui apa aja yang harus lo kerjakan, di jam berapa, di mana, dan sama siapa. Dengan sebuah perencanaan, lo enggak bakal pusing-pusing lagi mikirin jadwal kerjaan lo yang gak teratur, karena lo udah mengatur itu semua di awal hari. 

Nah, kalau lo udah punya jadwal yang teratur, tentunya lo bakal lebih mudah dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Biar lo bisa membuat perencanaan di awal hari, lo harus bangun lebih awal, seperti jam 5 pagi. Jam 5 pagi juga bisa dibilang waktu yang tepat untuk membuat perencanaan, karena di jam tersebut lu tidak terlalu mendapat banyak gangguan Civs. 

DAPAT MENYELESAIKAN PEKERJAAN LEBIH AWAL 

Civs! Dengan lo bangun lebih pagi, lo bakal menyelesaikan pekerjaan lebih awal, alhasil lo bakal punya waktu santai lebih awal juga. Dengan waktu santai dan istirahat yang lebih awal, lo bakal lebih siap untuk merencanakan hari-hari lo berikutnya. 

PUNYA WAKTU UNTUK DIRI SENDIRI

Dengan bangun jam 5 pagi, tentunya lo akan punya banyak waktu untuk fokus pada diri lo sendiri. Hal ini karena, di jam 5 pagi belum banyak orang yang bangun sehingga lo enggak bakal terganggu dengan aktivitas atau tuntutan orang lain. Lo bisa menggunakan waktu lebih lo di pagi hari untuk olahraga, bermeditasi, merawat diri, dan lain-lain yang sulit lo lakukan ketika udah mulai jalanin rutinitas lo.  

 BACA JUGA: ALASAN KENAPA NONGKRONG BISA MEMBERIMU BANYAK INSPIRASI BARU

MEMILIKI KUALITAS TIDUR YANG BAIK

Lo pasti pernah denger informasi kalau lama waktu tidur yang baik sekitar 7-10 jam. Tapi, masih banyak orang yang suka begadang buat nyelesain pekerjaannya dan harus bangun pagi sehingga mengurangi jam tidurnya alhasil keesokan harinya dia belum terlalu berenergi untuk beraktivitas kembali. Salah satu cara menghilangkan kebiasaan ini adalah dengan membiasakan bangun pagi. 

Dengan lo bangun pagi, lo bisa mengubah kebiasaan yang mengerjakan pekerjaan di malam hari menjadi di pagi hari. Alhasil, lo bakal menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan bisa tidur lebih awal.  Dampak yang lo rasakan keesokan harinya adalah lo bakal lebih fresh dan siap mulai beraktivitas karena energi lo udah terisi pada saat lo tidur cukup sesuai anjuran, yaitu 7-10 jam. 

Itu dia Civs beberapa manfaat yang bisa lo dapetin ketika lo membiasakan diri bangun jam 5 pagi. Buat lo yang terbiasa bangun siang hari, mungkin memang susah untuk memulai kebiasaan ini, tapi ada beberapa cara yang bisa lo lakuin untuk melatih diri lo melakukan kebiasaan bangun jam 5 pagi. 

 TIDUR LEBIH AWAL 

Agar lo tidak terlalu ngantuk ketika bangun lebih awal pada keesokan harinya, lo bisa dengan tidur lebih awal juga, Civs. Hal ini agar lama waktu tidur lo tidak berkurang dan lo juga memiliki energi seperti biasanya. 

1. MULAI DARI LANGKAH KECIL 

Buat lo yang terbiasa bangun siang, mungkin bakalan susah pada awalnya. Memang membangun sebuah kebiasaan gak mudah Civs, kita bisa memulainya dari langkah-langkah kecil dan konsisten. 

Nah, lo bisa nih memulai kebiasaan bangun jam 5 pagi secara bertahap yaitu bangun 30 menit lebih awal dari biasanya. Misalnya, lo biasa bangun jam 9 pagi, maka keesokan harinya lo bisa ubah dengan bangun jadi jam 8:30 pagi dan begitupun seterusnya sampai lo berada di tahap harus bangun jam 5 pagi.

 2. JANGAN TARUH ALARM DI DEKAT LO

Karena lo baru memulai bangun jam 5 pagi, maka lo pastinya masih membutuhkan alarm untuk membangunkan lo. Nah, ketika lo menggunakan alarm, sebisa mungkin taruh alarm jauh dari diri lo, bisa di ruangan lain atau masih di sekitar kamar yang jauh dari tempat lo tidur. Hal ini, agar ketika alarm lo nyala, lo jadi punya dorongan untuk bangun dan jalan untuk mematikan alarmnya. 

3. SEGERA NYALAKAN LAMPU

Setelah lo bangun buat mematikan alarm, usahakan untuk langsung menyalakan lampu. Hal ini agar membuat lo tetap terjaga dan gak bakal balik tidur. 

Keempat cara di atas bisa lo coba buat melatih diri lo yang belum terbiasa bangun pagi Civs. Tentunya, biar bisa jadi sebuah kebiasaan, lo harus konsisten. 

Menurut gue, kebiasaan bangun jam 5 pagi memang bagus banget buat diterapin  dalam kehidupan kita. Gue udah menerapkan kebiasaan ini sekitar 1 bulan Civs dan gue juga menerapkan metode 20/20/20 ala Robin Sharma untuk mengisi waktu pagi. 

Dampak yang gue dapat rasanya lebih semangat buat beraktivitas, jarang mageran lagi, dan kalau buat berfikir rasanya lancar aja. Selain itu, karena gue punya waktu lebih buat berolahraga, gue merasa badan gue lebih bugar dan pikiran gue juga lebih jernih Civs. ,

Namun, tentunya kebiasaan ini belum tentu bisa dilakukan semua orang ya Civs, karena buat orang-orang yang lebih sibuk di malam hari, seperti mendapat shift kerja malam, orang tua yang punya bayi, dan sebagainya, akan sulit nih melakukan kebiasaan ini. Jadi, kebiasaan orang sukses yang satu ini bukan jadi kewajiban, tapi cukup jadi rekomendasi kebiasaan positif saja untuk lo yang bisa melakukan kebiasaan ini. Gimana? Tertarik gak lo coba kebiasaan yang satu ini? (*/)

BACA JUGA: ENGGAK PEDE WAKTU PRESENTASI? COBA TERAPKAN TIPS AMPUH JAGO PRESENTASI ALA BOS FROYONION INI!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Hernisa Sofi

Mahasiswa Kesehatan yang suka nulis, suka ikut kegiatan kemanusiaan, suka baca buku, dan melakukan kegiatan random yang tidak bisa dijelaskan satu per satu.