Potensi Diri

7 CARA SIMPEL PERAWATAN KULIT BUAT COWOK BIAR LO TAMPIL GANTENG

Gak cuma cewek yang perlu perawatan kulit, cowok juga perlu. Selain untuk penampilan, perawatan kulit juga penting untuk memelihara kesehatan kulit.

title

FROYONION.COM - Sebagian cowok beranggapan bahwa melakukan skin care alias perawatan kulit bikin diri lo jadi ‘kurang cowok’. Padahal perawatan kulit bisa juga melindungi kulit lo biar tetap sehat, dan menjaga kulit lo dari bahaya kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.

Selain bikin kulit lo sehat, perawatan kulit juga bikin lo tampil menarik dan bikin lo lebih percaya diri. Mengutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa masalah atau gangguan kulit dapat memengaruhi citra diri, hubungan, dan kinerja. Tidak ada kata terlambat untuk mulai membiasakan perawatan kulit.

Sebuah tesis dari Karlstad University di Swedia menemukan bahwa pria, dari usia 15 hingga 45 tahun, mengatur penampilan dan kebersihan mereka dan melakukan perawatan diri. Orang-orang membeli produk perawatan masalah kulit dan meningkatkan kepercayaan diri. Perawatan kulit buat cowok pun simpel, berikut cara-caranya:

1. Kenali dulu kulit lo sendiri

Dr. William Kwan, dokter kulit bersertifikat asal San Francisco mengatakan, "Cowok cenderung memiliki kulit berminyak dan lebih tebal, terutama karena efek testosteron." Dr. Kwan merekomendasikan krim pembersih dan pelembab berat. Dan kalau lo punya kulit yang sensitif, lo bisa pilih produk pembersih ringan yang mencantumkan bahan sabun sesedikit mungkin. Lalu daripada lo beli pelembab "all-in-one", mending lo beli produk khusus yang cocok sama kulit lo.

2. Coba juga produk perawatan kulit unisex

Dalam melakukan perawatan kulit, lo gak harus selalu beli produk yang pakai embel-embel “for men”. Jangan membatasi diri lo dalam membeli produk perawatan kulit berdasarkan kemasan. “Produk khusus pria memang bagus, tetapi banyak produk perawatan kulit unisex yang cocok untuk pria dan wanita,” kata Dr. Kwan.

3. Etnis juga ngaruh

Kata Dr. Kwan, etnis atau keturunan juga bisa memengaruhi jenis kulit dan kebutuhan perawatan kulit lo. “Pria Asia dan Hispanik lebih rentan terhadap pigmentasi kulit yang tidak teratur. Jadi mereka harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari dan mungkin menambahkan produk pencerah kulit,” kata Dr. Kwan.

4. Membersihkan kulit

Lo juga harus memperhatikan kebersihan wajah lo pagi dan malam. Dr. Kwan mengatakan bahwa mencuci muka terlalu banyak dapat merusak minyak alami kulit lo. Kalau lo punya kulit yang berminyak. Lo bisa pakai handuk hangat untuk membersihkan wajah di pagi hari. Habis itu lo bisa membasuh muka pakai air dingin biar muka lo keliatan seger.

BACA JUGA: SKINCARE BUAT COWOK, ESENSIAL NGGAK SIH?

5. Memulihkan kulit

Asap rokok, polusi udara dan sinar ultraviolet bisa bikin kulit lo rusak. Namun, tenang aja, lo bisa memulihkan kulit lo pakai serum. “Serum antioksidan sangat membantu mengurangi kerusakan dan harus digunakan di pagi hari di bawah pelembab,” kata Dr. Kwan. Dia juga merekomendasikan krim retinol untuk mereka yang berusia 30-an ke atas. Retinol membantu menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, kata Dr. Kwan.

6. Melembabkan kulit

Setelah pakai serum di pagi hari, lo bisa lanjut pakai pelembab kulit. Mengutip dari Watsons, melembabkan kulit adalah langkah terpenting untuk rutinitas perawatan kulit harian lo. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit lo. Jaga agar kulit lo tetap terhidrasi untuk mencegah pembentukan kerutan dan produksi minyak berlebih. Kata Dr. Kwan, lo juga bisa pakai pelembab kulit di malam hari. Perlu lo tahu bahwa pelembab sangat mirip dengan air minum, konsumsi atau gunakan di saat lo butuh aja.

7. Melindungi kulit

Sebelum lo nongkrong atau pergi ke luar rumah, pastikan kalau lo udah pakai sunblock alias tabir surya biar kulit lo terlindung dari sinar “jahat” ultraviolet, minimal yang SPF-nya 30. Kena sinar matahari aja bisa bikin kulit lo rusak bahkan belang. Lo juga bisa pakai arm sleeve atau manset tangan buat ngelindungin kulit lo dari paparan sinar matahari langsung.

Intinya, buat cewek ataupun cowok, perawatan kulit itu penting, Civs! (*/)

BACA JUGA: MAN MADE ID: SKINCARE KHUSUS COWOK YANG NGGAK MAU RIBET

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung