Pop

PENJELASAN FILM PENGABDI SETAN 2 BESERTA TEORI-TEORINYA, HATI-HATI SPOILER!

Film Pengabdi Setan 2 sudah tayang di bioskop sejak Kamis, 4 Agustus. Namun, film tersebut menyimpan banyak pertanyaan bagi penonton. Berikut penjelasan film Pengabdi Setan 2 termasuk beberapa teori di dalamnya.

title

FROYONION.COM - Netizen saat ini sedang beramai-ramai mengunggah foto tiket menonton film Pengabdi Setan 2: Communion ke media sosial. Sebelum lo lanjut membaca artikel ini, pastiin kalau lo udah menonton film tersebut karena artikel ini mengandung banyak sekali spoiler.

Film Pengabdi Setan 2: Communion merupakan lanjutan dari film sebelumnya, Pengabdi Setan (2017), karya sutradara Joko Anwar. Sebuah rekor, film tersebut dalam 2 hari ini sudah mendapat lebih dari 3 juta penonton.

Namun, banyak yang mengakui bahwa film tersebut meninggalkan banyak sekali pertanyaan. Mulai dari kenapa tokoh Bapak tidak mati ketika kecelakaan di lift, kenapa Rini (Tara Basro) tidak ikut dibunuh, dan pertanyaan lainnya. Mari kita bahas satu per satu:

1. KENAPA BAPAK ENGGAK MATI DI LIFT?

Tokoh Bahri Suwono atau yang dikenal penonton sebagai Bapak diperankan oleh Bront Palarae. Pada pertengahan film Pengabdi Setan 2, Bapak terjebak di lift dan jatuh dari ketinggian, menuju ke lantai paling dasar dengan kecepatan tinggi. 

Dalam kecelakaan lift tersebut, semua orang meninggal kecuali Bapak. Kok bisa? Mungkin lo pernah denger kalimat ini: “Orang yang bersekutu dengan setan matinya bakal susah.”

Merujuk pada film dokumenter sejarah berjudul Banda The Dark Forgotten Trail (2017), orang sakti Indonesia pada zaman dulu dibunuh oleh pasukan Belanda dengan cara ditarik dengan 4 kuda ke arah yang berlawanan. Mengeksekusi dengan kuda dilakukan karena memenggal kepala tidak bisa membunuh mereka. 

Hal itu persis seperti yang dilakukan oleh sekte Pemuja Setan kepada Bapak untuk membunuhnya. Bapak harus dibunuh juga dengan kuda karena kecelakaan di lift enggak bisa membunuh Bapak.

BACA JUGA: MENURUT LO, KENAPA FILM KKN DI DESA PENARI BISA SUKSES CURI PERHATIAN PENONTON?

2. KENAPA SEMUA ORANG RUSUN MATI?

Semua tokoh dalam film Pengabdi Setan 2 akhirnya meninggal, kecuali mereka yang berhasil kabur dengan perahu karet yang dibawa oleh Kakek Budiman. Kalau lo memperhatikan filmnya, ada scene di mana layar bioskop jadi gelap. Lalu ada suara dan subtitle yang berbunyi begini, “Bersujudlah pada Dia yang akan lahir.”

Yang dimaksud “Dia yang akan lahir” adalah Setan atau Iblis yang bernama Raminom. Untuk membangkitkan Raminom diperlukan banyak tumbal, sebagaimana yang pernah diberitahukan Budiman kepada Rini pada film Pengabdi Setan pertama. Maka dari itu, semua orang di rusun akhirnya meninggal buat dijadikan tumbal untuk membangkitkan Raminom.

3. KENAPA RINI (TARA BASRO) ENGGAK DIBUNUH?

Tokoh Rini yang diperankan oleh Tara Basro ternyata tidak dibunuh, sebagaimana sekte Pemuja Setan membunuh Bapak. Sekadar mengingatkan, siapa tau lo lupa dengan film Pengabdi Setan pertama, Rini dan ketiga adiknya adalah anak dari bapak yang berbeda karena “Bapak” tidak bisa memberikan anak.

Pada film Pengabdi Setan 2, Rini dibiarkan hidup supaya bisa dijadikan wadah Raminom untuk bangkit. Kalau lo perhatiin, Rini pernah diminta Bapak untuk kuliah. Bahkan sewaktu Ian (anak terakhir) memberi makanan yang membuatnya halusinasi, Rini bermimpi berkuliah di luar negeri.

Hal ini menjelaskan bahwa menurut sekte Pemuja Setan, maupun menurut Bapak, Rini perlu dibiarkan untuk hidup. Teori lain menyebutkan bahwa bisa saja Rini dibiarkan hidup supaya dapat melahirkan keturunan lainnya dari sekte Pemuja Setan, sebagaimana ibunya Rini melahirkan 4 anak dari anggota Pemuja Setan lainnya.

4. KENAPA BAPAK BENCI SAMA IAN, ANAK TERAKHIRNYA?

Rini, Toni dan Bondi akhirnya bertemu dengan Ian; sebuah reuni 4 bersaudara. Namun, begitu bapak bertemu dengan Ian, bapak langsung marah dan hendak memukul Ian dengan tongkat yang dia gunakan untuk membantunya berjalan.

Perlu lo tahu, tokoh Ian ini emang jahat. Pada film Pengabdi Setan pertama, Budiman menyebutkan bahwa Ian bukanlah anaknya Bapak, melainkan titisan setan. Maka dari itu beberapa kali hantu nenek, dalam film Pengabdi Setan pertama, mencoba membunuh Ian dengan berbagai cara.

Ending film Pengabdi Setan 2 memang cukup bikin penonton bertanya-tanya. Penonton pasti penasaran dengan dialog Budiman di atas perahu karet yang belum selesai, yang katanya, dia akan menceritakan sesuatu yang lebih besar lagi. Penjelasan film Pengabdi Setan 2 ini masih berupa teori, dan kita nantikan saja film Pengabdi Setan 3. (*/)

BACA JUGA: PENJELASAN ENDING SERIAL UMBRELLA ACADEMY SEASON 3, HATI-HATI SPOILER!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung