Pop

MENURUT LO, KENAPA FILM KKN DI DESA PENARI BISA SUKSES CURI PERHATIAN PENONTON?

Sempat diundur selama dua tahun film KKN di Desa Penari yang lagi rame diperbincangkan oleh warganet minggu ini berhasil memecahkan rekor penonton di bioskop, menurut lo nih Civs, apasih penyebabnya?

title

Sempat diundur selama dua tahun ternyata antusias penonton terhadap film KKN di Desa Penari ternyata masih sangat tinggi lo Civs, buktinya tiket di bioskop selalu sold out dan banyak yang gak kebagian, bahkan ada yang sampai rela keliling ke seluruh bioskop di kotanya demi bisa dapetin tiket buat nonton film nya. Padahal kalau kita tarik ke belakang film ini sempat beberapa kali diundur jadwal penayangannya dan waktu itu sempat membuat beberapa warganet kecewa juga dan ada sebagian juga yang berpendapat kalau nanti film ini tayang bakalan sepi penonton.

Padahal kalau dilihat Civs, penundaan jadwal tayang ini bukan tanpa alasan, waktu itu tahun 2020 bertepatan dengan pandemi covid-19 di Indonesia sedang tinggi menyebabkan bioskop tutup bahkan hampir dua tahun tidak boleh buka, jadi ya mau gimana lagi pasti produser juga bingung mau ditayangin kapan.

FYI, sebenarnya film KKN di Desa Penari direncanakan tayang pada tanggal 19 Maret 2020, namun ditunda karena pandemi covid-19 masih cukup tinggi. Kemudian lagi pada tahun 2021, Manoj Punjabi selaku produser film ini mengumumkan akan menayangkan film di tahun 2022. Lalu official akun instagram film ini @kknmovie kemudian merilis poster baru yang mengabarkan tanggal penayangan pada 24 Februari 2022, tapi rencana itu kembali diundur. Tiga kali penundaan inilah yang membuat netizen geram Civs…

 

Poster film ‘KKN Di Desa Penari’ (Sumber ig @kknmovie)

Soalnya film ini diangkat dari kisah viral dari thread twitter (Thread merupakan tweet berantai bersambung yang tidak cukup kalau hanya dijadikan satu tweet saja) tahun 2019 lalu oleh akun @SimpleM81378523 dan pemilik akun SimpleMan mengklaim bahwa cerita ini diangkat dari kisah nyata, namun lokasi,nama kampus,latar cerita dsb dirahasiakan.

Thread Twitter KKN Di Desa Penari. (Sumber twitter @SimpleM81378523)

Terlepas dari diundurnya jadwal tayang sampai tiga kali dan membuat penonton banyak yang kecewa, tapi ternyata ketika film ini sudah benar - benar rilis dan tayang di bioskop seluruh Indonesia sambutannya sangat luar biasa nih Civs… tiket sold out dimana mana,, bahkan dalam enam hari sejak tayang perdana pada tanggal 30 April 2022 tembus dua juta penonton, rekor ini bahkan mengalahkan film sebelumnya yang juga tayang yaitu Kukira Kau Rumah sebagai film terlaris setelah pandemi.

KKN Di Desa Penari tembus 2 juta penonton. (Sumber ig @kknmovie)

Kok bisa ya..? padahal sebelumnya banyak yang kecewa karena sudah lama menunggu, Sadar nggak Civs beberapa alasan ini bisa jadi penyebabnya….

Sukses menjadi novel

Setelah cerita KKN di Desa Penari ini viral di twitter ternyata akun Simpleman juga mengangkat kisah ini menjadi sebuah novel, menggandeng penerbit Bukune untuk merilisnya ke industri buku tanah air ternyata sambutannya juga sangat luar biasa antusias, bahkan editornya sendiri Muhammad Barkah Winata yang menyunting naskah novel KKN di Desa Penari ini mengatakan novel ini sangat laris manis. Dari kepopuleran inilah perusahaan produksi MD Pictures tergiur untuk mengangkatnya ke layar lebar, viral di twitter, sukses menjadi novel, dan selanjutnya diangkat menjadi film, hal inilah yang  membuat netizen semakin penasaran dengan hasilnya nanti, karena memang cerita horror di Indonesia masih sangat digemari apalagi jika cerita itu diangkat dari kisah nyata.

Rilis di waktu yang tepat

Meskipun sempat diundur beberapa kali dari rencana awal ditayangkan karena pandemi covid-19 yang masih tinggi, ternyata hal itu menjadi sebuah strategi yang berhasil  membuat film ini dibicarakan terus dan layak dinanti, bayangkan saja Civs dari rencana awal tayang pada tanggal 19 Maret 2020 ternyata baru tayang kemarin 30 April 2022, mundur selama dua tahun dan selama dua tahun itu juga akun instagram @kknmovie selalu ramai komentar netizen kapan resmi ditayangkan, dan ternyata waktu penayangannya juga pas sekali ketika bioskop sudah boleh buka dan orang – orang sudah boleh menonton secara full kapasitas di bioskop tidak seperti dahulu yang hanya boleh maksimal 50% saja, kemudian juga bertepatan dengan libur panjang hari raya membuat film kkn ini semakin muncul ke permukaan lagi.

Trailer yang epic

Film ini rilis dengan dua kali trailertrailer pertama tayang pada tanggal 30 Desember 2021 dan yang kedua final trailer rilis pada tanggal  15 April 2022, dalam trailer tersebut menampilkan set lokasi yang sangat bagus bahkan juga mendapat pujian dari netizen karena lokasi hutannya masih lebat dan sesuai dengan ekspektasi penonton. Apalagi sosok Badaruwih hantu penari bertubuh ular penunggu hutan yang diperankan oleh Aulia Sarah sukses mencuri perhatian karena perannya yang sangat bagus. Ditambah lagi dalam cuplikan trailernya juga ditampilkan adegan 18+ yang sesuai dengan cerita asli dari akun Simpleman, jadi bukan merupakan tambahan yang dibuat – buat oleh sutradara. Siapa nih yang nonton karena penasaran dengan adegan 18+ ngaku lo Civs…!!!

Rilis dalam dua versi

Nggak hanya trailernya saja yang dua kali rilis Civs, filmnya juga rilis dengan dua versi yang berbeda. Film KKN di Desa Penari ini akan tayang dalam dua versi, yaitu yang versi cut alias Censored Version dan uncut alias Uncensored Version  Kalau yang versi cut ini dikhususkan untuk penonton berusia 13 tahun keatas. Sedangkan versi uncut dikhususkan bagi penonton berusia 17 tahun keatas, pastinya bakal  bikin lo semua makin penasaran tuh… jadi hilang deh keselnya soal nunggu lama kapan tayangnya.

Nah itu tadi beberapa hal yang membuat film KKN di Desa Penari ini rame banget, meskipun harus menunggu selama dua tahun untuk bisa nonton film ini di bioskop ternyata itu nggak membuat hype buat nonton film ini hilang deh, dan kalau masalah lain seperti alur cerita,rating dsb nggak gue bahas disini Civs silahkan lo nonton sendiri di bioskop kesayangan lo dan baru buat kesimpulan gimana ceritanya apakah sesuai dengan yang ada di novel atau nggak… Yang paling penting nontonnya jangan yang bajakan ya Civs…!!! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan