Pop

PENJELASAN AKHIR FILM ALICE IN BORDERLAND SEASON 2, HATI-HATI SPOILER!

Sebagian penonton menilai bahwa film Alice in Borderland season 2 menyimpan banyak pertanyaan, seperti “apa motif Kuzuryu menyelamatkan Chisiya?” Berikut penjelasan akhir film Alice in Borderland season 2, termasuk beberapa teori di dalamnya.

title

FROYONION.COM - Pengguna media sosial banyak yang menyukai tokoh-tokoh dalam film Alice in Borderland season 2. Mulai dari paras mereka yang rupawan, hingga karakter mereka yang punya kekuatan fisik maupun ide kreatif dalam memenangkan permainan.

Sebelum lo lanjut membaca artikel ini, pastiin kalau lo udah menonton film tersebut karena artikel ini mengandung banyak sekali spoiler. Film Alice in Borderland season 2 merupakan lanjutan dari film sebelumnya Alice in Borderland season 1.

Namun, banyak yang mengakui bahwa film tersebut meninggalkan banyak sekali pertanyaan. Mulai dari kenapa King of Spades begitu sulit untuk dikalahkan, kenapa Kuzuryu menyelamatkan Chisiya, dan pertanyaan lainnya. Mari kita bahas satu per satu:

1. KUZURYU MENYELAMATKAN CHISIYA (NIHILIS VERSUS OPTIMIS)

Pertemuan Chisiya dengan Kuzuryu merupakan pengembangan karakter bagi keduanya. Chisiya menanyakan Kuzuryu tentang pandangannya dalam menilai hidup manusia. 

Kuzuryu menjawab bahwa dirinya tidak bisa membedakan nilai hidup manusia satu sama lain. Bagi Kuzuryu, semua nilai hidup manusia sama saja. Kuzuryu bertanya pada Chisiya, “Kalau ada vaksin penyelamat, mana yang akan kau selamatkan?”

Chisiya menjawab, ia akan membagikannya “pada anak miskin dan tanpa orang tua.” Orang miskin cenderung disampingkan, dan orang kaya tentu mampu menyelamatkan dirinya sendiri. Kuzuryu tersentuh akan jawaban Chisiya, dan memilih Chisiya untuk tetap hidup dengan harapan: masih ada manusia yang peduli dengan sesamanya.

BACA JUGA: KENAPA SIH SERIAL NETFLIX WEDNESDAY VIRAL BANGET DI MEDIA SOSIAL, EMANG SEBAGUS ITU?

2. PESAN DALAM GAME MELAWAN QUEEN OF SPADES (APATIS VERSUS SIMPATI)

Arisu dan Usagi bertemu dengan Lisa alias Queen Of Spades. Dalam game Checkmate, seorang anak kecil dijadikan tawanan, tergantung apakah player lainnya peduli dengan nyawa anak kecil ini atau tidak. 

Mirip seperti “nihilis versus optimis” pada game sebelumnya, game ini pun turut mengungkap jati diri manusia atau player lainnya, apakah dia adalah bersimpati atau malah apatis. Sebuah teori menyebutkan bahwa Borderland adalah sebuah game yang bisa membangkitkan rasa kemanusiaan.

Pada game Checkmate, Arisu dan Usagi akhirnya mengajak seluruh player untuk bersimpati pada nyawa anak kecil tersebut. Game ini dimenangkan oleh Arisu dan Usagi. Lisa pun ditembak oleh laser dari langit karena kalah. 

3. ARTI JOKER PADA AKHIR FILM (TUHAN)

Pada akhir film Alice in Borderland season 2, terlihat banyak kartu remi berserakan di atas meja di luar rumah sakit. Kartu-kartu tersebut lalu berterbangan dan menyisakan kartu Joker di akhir. Joker bisa berarti Tuhan, yaitu yang menciptakan dunia nyata dan dunia Borderland. Kok bisa?

Ketika pantai (beach) terbakar hangus, semua orang pergi meninggalkan tempat tersebut. Usagi dan Kuina membicarakan apa itu Borderland. Usagi bilang, coba deh lo perhatikan latar tempat di Borderland: “Hutan begitu rimbun dan binatang hidup dengan bebas,” ucapnya. 

Usagi menambahkan bahwa dalam teks spiritual Jepang, hutan dan gunung dihormati serta ditakuti sebagai Tuhan. Menurut Usagi, Borderland adalah peringatan oleh Tuhan (Joker) kepada manusia

Namun, kalau merujuk dari manga Alice in Borderland, Joker hanyalah sosok NPC pengayuh perahu yang membawa player menyebrang dari Borderland ke dunia nyata. Pada manga pun Arisu berkata kepada sosok Joker bahwa “kamu bukanlah tuhan maupun iblis.”

BACA JUGA: PENJELASAN FILM PENGABDI SETAN 2 BESERTA TEORI-TEORINYA, HATI-HATI SPOILER!

4. ARISU DAN USAGI MENIKAH (KEMUDIAN MEMASUKI BORDERLAND KEMBALI)

Cerita ini tidak dikisahkan dalam film, tapi terdapat pada manga Alice in Borderland. Arisu dan Usagi akhirnya menikah. 

Namun, beberapa bulan setelah membangun keluarga, Arisu mengalami peristiwa yang tidak terduga. Ia tertimpa reruntuhan rumah sakit dan masuk kembali ke dalam Borderland.

Teori lain mengatakan bahwa peristiwa di Borderland hanyalah terjadi di kepada Arisu saja, yang berarti kartu Joker artinya adalah Arisu sendiri. Buktinya adalah tokoh King of Spades, yang merupakan raja terakhir. King of Spades turut tampil pada momen nostalgia Arisu ketika dia kalah bermain game first person shooter (FPS). 

Ini menggambarkan bahwa game FPS adalah yang tersulit bagi Arisu, makanya ia menjadi raja terakhir di dalam Borderland. Sebagaimana kartu Joker yang selalu menang melawan kartu lain, Arisu pun selalu berakhir menang di tiap permainan.

Game lainnya seperti Osmosis alias “bentengan” (melawan King of Clubs Kyuma) ataupun Checkmate alias “kena jaga” (melawan Queen of Spades Lisa) bisa jadi merupakan game yang pernah Arisu mainkan dan berhasil ia menangkan pada masa kecilnya.

Penjelasan akhir film Alice in Borderland season 2 ini masih berupa teori. Penonton maupun pembaca manga tentu penasaran apa arti di balik kartu Joker. Ending film Alice in Borderland season 2 memang cukup bikin penonton bertanya-tanya: “Apakah akan ada Alice in Borderland season 3?” 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung