Pop

NASIB MENJADI MUSISI DENGAN KARYA ‘ONE-HIT WONDER’

Pasti lo pernah denger lagu dari penyanyi atau band tertentu yang nge-hits banget pada zamannya. Tapi anehnya, setelah lagu itu populer seakan nggak ada kabar lagi dari mereka. Fenomena dikenal sebagai one-hit wonder.

title

FROYONION.COM - Inget sama lagu-lagunya Kuburan, Zigaz, Sind3ntosca, atau Hijau Daun? Lagu-lagu yang nemenin kita waktu zaman-zaman sekolah ini pasti penuh memori dan jadi tren anak muda Indonesia pada masanya.

Misal lagu Zigaz-Sahabat Jadi Cinta tuh buat gue lekat banget sama masa-masa SD. Walaupun masih jadi anak SD yang polos, tapi lagu ini entah kenapa ngebuat gue jadi ngerti juga soal cinta. Cielah~

BACA JUGA: NIKY PUTRA: GUE PENGEN DIKENAL SEBAGAI DIRI SENDIRI, BUKAN SAUDARA RAISA ANDRIANA

Lagu-lagu lain kayak Sind3ntosca-Kepompong yang jadi lagu sinetron dengan judul yang sama dan juga Hijau Daun-Suara yang khas banget diputer di warnet. Semua lagu itu kalo kita pikir-pikir terkenal banget ya dulu? Tapi sekarang, seakan kabar mereka hilang terbawa angin sampe nggak kedengeran lagi. 

Kenapa bisa gitu ya? 

FENOMENA ONE-HIT WONDER 

Hal ini biasa dikenal dengan sebutan one-hit wonder, alias musisi-musisi yang terkenal dengan satu lagu, tapi setelah itu nggak kedengeran lagi kabarnya. 

Beberapa lagu yang terkenal di seluruh dunia kayak A-ha-Take On Me bahkan termasuk one-hit wonder, lho. Dilansir The Atlantic, lagu Take On Me yang sebenernya masih nge-hits juga sampe sekarang ini, termasuk ke dalam one-hit wonder di Amerika Serikat. Fenomena ini nggak jarang melanda musisi-musisi hebat kayak A-ha sekalipun. 

BACA JUGA: AGNEZ MO, TULUS, HINGGA NIKI, SEDERET MUSISI INDONESIA YANG SUKSES DI PANGGUNG DUNIA

Lagu lain yang bahkan sekarang jadi lagu viral di platform TikTok, Aqua-Barbie Girl, juga termasuk one hit wonder. Lagu yang dirilis tahun 1997 ini memang langgeng hingga 15 tahun berikutnya dan setelah itu Aqua merilis lagu-lagu lain. Tapi nggak ada yang bisa mengalahkan pamor Barbie Girl. 

Fenomena one-hit wonder seringkali dianggap sebagai sebuah kegagalan seorang musisi. Tapi apakah benar begitu? 

BUKAN KEGAGALAN, TAPI KEPINGAN MEMORI

Dilansir dari Wonder Polis, penyebab ada lagu yang one hit wonder itu kemungkinan karena sang musisi terdistraksi sama hal lain dan gagal untuk mengikuti tren yang ada. Misal terdistraksi sama music video yang lebih menyita perhatian dibanding lagunya sendiri dan mempertahankan genre musik yang nggak sesuai sama pasar. 

Perihal ngikutin tren ini, musisi harus cerdas dalam memilih tren yang lagi rame di tengah masyarakat. Misal Bruno Mars yang membawa kembali tren disko lewat lagunya 24K Magic yang akhirnya mempengaruhi musisi-musisi lain untuk membuat lagu-lagu disko juga. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lagu-lagu yang termasuk one-hit wonder pasti lekat sama suatu masa. Itulah sebabnya lagu-lagu itu selalu berhasil membangkitkan memori para pendengarnya saat lagu itu mewarnai hari-hari mereka. 

Mungkin memang akan selalu ada lagu-lagu yang jadi tren di tengah anak muda Indonesia. One-hit wonder bukanlah suatu kegagalan untuk seorang musisi. Justru menurut gue musisi yang berhasil membuat karya one-hit wonder tuh punya kekuatan ‘magis’ untuk menjadi tokoh sejarah. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Content writer Froyonion, tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor