Movies

BACA MANGA BERSERK: SALAH SATU MANGA TERBAIK SEPANJANG MASA DIGARAP KEMBALI TAHUN INI

Sepeninggal Kentaro Miura di tahun 2021, manga “Berserk” akhirnya digarap kembali oleh sang kolega, yaitu Kouji Mori. Akankah Mori bisa memuaskan ekspektasi tinggi para pembaca “Berserk” di seluruh dunia?

title

FROYONION.COM - Buat lo yang suka baca manga, pasti udah nggak asing sama Berserk. Manga ini bertengger di puncak manga chart MyAnimeList selama bertahun-tahun dengan rating yang nyaris sempurna, yaitu 9.45 yang diberikan oleh lebih dari 500.000 anggota forum.

Setelah wafatnya Kentaro Miura sebagai penulis manga Berserk di tahun 2021, para penggemar di seluruh dunia berkabung bukan hanya karena kehilangan salah satu mangaka paling berpengaruh saat itu, tapi juga karena ending yang ‘prematur’ dari salah satu manga terbaik dalam 30 tahun terakhir.

Kentaro Miura, sosok di balik penciptaan Berserk. (sumber: AS)
Kentaro Miura, sosok di balik penciptaan Berserk. (sumber: AS)

Lewat sebuah tweet yang diunggah akun @berserk_project, Kouji Mori menyampaikan permintaan maaf karena butuh waktu 1 tahun untuk menyampaikan pengumuman terkait keberlanjutan manga Berserk.

Doi berjanji akan membawa pesan cerita dan detail selengkap mungkin dalam manga Berserk sepeninggal Miura.

“Saya hanya akan menulis episodechapter sesuai yang telah dikatakan Miura kepada saya. Banyak dari kalian yang mungkin nggak cukup puas dengan cerita Berserk tanpa Miura, tapi saya harap kalian semua mendukung kami,” lanjut Kouji Mori dalam tweet itu.

Chapter 364 adalah chapter terakhir yang dibuat oleh Miura sebelum wafat pada tahun 2021. Setahun setelahnya, tepatnya pada bulan Juni 2022, chapter 365 dan 366 dirilis oleh Mori, menandakan dimulainya kembali cerita protagonis utama bernama Guts dalam membalaskan dendamnya kepada ‘mantan’ sahabatnya, Griffith, yang memilih jalan hidup menjadi iblis neraka.

SOSOK GRIFFITH YANG ‘BERHASIL’ DIBENCI FANS BERSERK

Dinamika karakter Guts dan Griffith yang mengagumkan (Sumber: ScreenRant)

Sosok Griffith adalah salah satu contoh comic-book villain yang dari volume awal selalu dibenci oleh sebagian besar pembaca. 

Buat lo yang nggak familiar atau belum tahu sama sosok Griffith, doi adalah ketua dari “Band of the Hawk”, sekumpulan prajurit upahan yang punya visi dalam membangun kerajaannya sendiri. Determinasi yang tinggi dalam membangun kerajaannya sendiri ternyata didukung oleh sebuah penawaran yang sulit banget untuk ditolak Griffith.

Godhand, sekumpulan false god yang berisikan 4 iblis neraka menawarkan ‘kursi’ ke-5 mereka untuk Griffith, menjanjikannya kekuatan “Monster” yang jauh melampaui manusia lainnya. Tapi semua itu bukan tanpa bayaran yang ‘murah’, Griffith harus mengorbankan seluruh rekan-rekannya di Band of the Hawk demi mendapatkan kekuatan ‘gila’ itu.

Idealisme dan sifat egois membuat Griffith menerima penawaran itu. Alhasil, hampir seluruh anggota Band of the Hawk dibunuh oleh Godhand dan para pengikutnya (disebut Apostles), menyisakan Guts dan Casca, dua protagonis utama yang juga merupakan anggota Band of the Hawk yang selalu diburu oleh Godhand dan pengikutnya ke manapun mereka berdua berkelana.

(SPOILER) Chapter terakhir dalam volume/arc “The Fantasia” benar-benar menarik perhatian banyak pembaca Berserk, terutama karena sang white hawk (sebutan Griffith) telah menyusup ke Elfheim dan menculik Casca sebagai tawanannya. Topik “Griffith” sempat jadi trending di Twitter pas chapter itu dirilis, menandakan bahwa manga ini sangat ditunggu oleh banyak penikmat manga di seluruh dunia.

CERITA EPIC YANG MEMAKAN WAKTU PULUHAN TAHUN

Evolusi artistik dalam manga Berserk 1989 (kiri) dan 2021 (kanan). (Sumber: AlexEnterprises)
Evolusi artistik dalam manga Berserk 1989 (kiri) dan 2021 (kanan). (Sumber: AlexEnterprises)

Manga adalah sebuah kultur pop yang bisa membuat penggemarnya tergila-gila dalam mengikuti ceritanya. Beberapa anime / manga terkenal biasanya selesai dalam kurun waktu kurang belasan – bahkan kurang dari 10 tahun, kayak “Attack on Titan” dan “Bleach”. Tapi, beberapa manga bahkan bisa bertahan lebih dari 20 tahun, contohnya “One Piece” dan “Berserk” ini.

Sayangnya, buat lo yang ketagihan sama Berserk, nampaknya lo harus cukup bersabar. Berbeda dengan One Piece, Berserk dirilis setiap bulan, bukan setiap minggu. Artinya, lo semua harus bersiap untuk menunggu bertahun-tahun demi menyelesaikan 1 arc atau 1 volume.

Tapi jangan bersedih, Civs. Cerita Berserk terasa lebih deep dan lebih berarti dalam bacaan kedua (second reading). Beberapa scene dan dialogue line rasanya bisa diapresiasi dalam cara-cara baru ketika lo membaca untuk kedua kalinya.

Banyak materi cerita yang mungkin terlewat dan nggak dimengerti dalam sekali baca. Gue pribadi merasakan hal yang sama, pertama kali membaca Berserk rasanya cukup mengagumkan, dan ketika membaca panel-nya untuk kedua kali, ceritanya terasa lebih berkesan dan menyenangkan.

Secara keseluruhan, cerita Berserk bukan sekadar cerita yang bisa dilewatkan begitu aja. Menarik untuk ditunggu tentang apa yang bisa disajikan Kouji Mori dalam melanjutkan salah satu manga paling ikonik ini. Semoga volume dan arc selanjutnya nggak mengecewakan ya, Civs, mengingat Kouji Mori adalah sahabat sekaligus rekan kerja mendian Kentaro Miura yang paling dipercaya. (*/)

BACA JUGA: BACA MANGA TOKYO REVENGERS: TERNYATA PELOMPAT WAKTUNYA BUKAN HANYA TAKEMICHI?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.