Kreatif

PARAS COMIC CHAMPIONSHIP: ANGIN SEGAR BUAT LO KREATOR KOMIK INDONESIA

Lomba komik turut membangkitkan semangat para kreator untuk membuat komik lagi. Paras Comic Championship kini hadir dengan tema ‘Fantasy Into Reality’, lo bisa ikutan gabung lomba komik ini dan dapatkan hadiahnya!

title

FROYONION.COM - Buat anak muda, lo tentu suka yang namanya baca komik. Baik komik fisik, maupun komik digital. Sekarang ini lo juga  bisa membaca komik dengan menggunakan aset digital NFT. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan membacanya di Paras Comic.

Paras Comic pun baru saja mengadakan Paras Comic Championship, sebuah lomba komik digital bertemakan Fantasy Into Reality. Terselenggaranya lomba komik ini sekaligus membangkitkan semangat membuat karya bagi kreator komik di Seluruh Indonesia.

Selain itu, diharapkan juga bahwa karya-karya bagus dan segar oleh kreator komik turut hadir pada lomba ini. “Paras Comic Championship mengangkat tema Fantasy Into Reality lantaran selama melewati pandemi, banyak orang ingin bermimpi dan berfantasi,” ujar Herrad Syafrian selaku Project Manager Paras Comic. 

Selama pandemi ini, banyak yang memimpikan untuk pergi ke suatu tempat, dan mimpi-mimpi lainnya. Lomba Paras Comic Championship membagi lombanya menjadi 2 kategori, yaitu Romance-Fantasy dan Action-Fantasy

“Kami menyelenggarakan satu lomba yang cukup besar bagi kreator komik Indonesia,” ucap Herrad. “Kami mengundang mereka untuk mencoba tantangan baru. Hadiahnya yaitu sejumlah uang dan kontrak  eksklusif dari Paras Comic.”

Juara I tiap kategori masing-masing akan mendapat hadiah sebesar 40 juta rupiah. Lalu Juara II tiap kategori masing-masing akan mendapat hadiah sebesar 30 juta rupiah. Tidak hanya itu, top 15 kontestan masing-masing akan tetap mendapat hadiah juga sebesar 3,5 juta rupiah per kontestan.

Open submission dalam lomba ini berlangsung pada 22 April - 30 Mei 2022. Pada 31 Mei akan diumumkan langsung 15 kontestan yang lolos. Lalu Grand Final akan berlangsung pada 1-19 Juli. Setelah itu pemenang Juara I akan diumumkan pada 20 Juli 2022 mendatang.

BACA JUGA: TANDUK PUTIH: DIARY ‘LEBAY’ SEORANG KOMIKUS LAMONGAN

Lo juga bisa submit atau mengirim karya lo ke marketplace Paras HQ supaya karya lo bisa dibeli dan dibaca banyak orang menggunakan aset digital NFT. Untuk mengirimkan karya lo ke Paras Comic, lo bisa membuka website resmi Paras Comic. 

Di website tersebut, lo bisa mengisi form yang disediakan. Boleh banget lo baca dahulu ketentuan mengirimkan karya ke Paras Comic bagi kreator. 

Setelah lo mengirimkan karya orisinal lo sendiri, Paras Comic langsung mulai melakukan penilaian pada hari ke-2. Lalu pada hari ke-14 alias 2 minggu kemudian, kreator akan diberikan informasi pengumuman atas karya yang telah dikirimkan.

Paras Comic merupakan bagian dari Paras Marketplace atau Paras HQ, sebuah marketplace yang telah berdiri pada 2020. Lalu pada November 2021, Paras Comic pun turut berdiri sebagai wadah bagi komikus Indonesia. 

Selama ini, NFT hanya dikenal dan diminati oleh beberapa kalangan saja. Paras Comic dalam hal ini dibuat untuk merangkul orang awam yang sama sekali belum mengenal NFT. Paras Comic hadir supaya semua kalangan bisa mengenal dan belajar NFT.

Banyak komik yang bagus dan unik telah hadir dan bisa dibaca di Paras Comic. Tersedia berbagai genre, mulai dari action, fantasy, bahkan horor sekalipun bisa dibaca di Paras Comic.

“Industri kreatif komik selama 2 tahun ke belakang cukup redup,” kata Herrad. “Dengan adanya championship ini, kami turut menghadirkan warna baru bagi para kreator komik, untuk terus membuat karya.”

Secara keseluruhan, Paras Comic menerima berbagai style atau gaya komik. Mau lo bikin komik bergaya Jepang, Korea, atau Barat. Gaya komik apapun bisa lo kirim ke Paras Comic. Komik andalan yang bisa dibaca di Paras Comic saat ini antara lain AtmaBob Boom, dan Paradigm.

Bikin komik digital saat ini merupakan cara baru dan kesempatan baru untuk berkarya. Sebagai kreator komik, lo bisa memanfaatkan NFT sebagai alternatif untuk menerbitkan komik. NFT bisa menjadi peluang baru bagi para kreator yang ingin menunjukkan karyanya.

Buat lo kreator komik yang tertantang buat ikutan lomba ini, langsung saja daftarkan diri lo di website Paras Comic! (*/)

BACA JUGA: CARA KREATIF BRAND PASARKAN PRODUKNYA LEWAT NFT DI ERA DIGITAL

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung