Pop

AYAH, MENGAPA SAUDARAKU ADA 94 ALIAS BANYAK BANGET?

Inseminasi buatan bisa jadi salah satu solusi mengatasi kesuburan. Namun, dalam film dokumenter Our Father (2022), praktik ini justru nimbulin kasus miris karena ulah si dokter kandungan itu sendiri.

title

FROYONION.COM - Spoiler alert! Tulisan ini bakal bahas isi film Our Father (2022). Film dokumenter yang diangkat dari kisah nyata karya sutradara Lucie Jourdan. Per tanggal 11 Mei 2022 udah bisa ditonton di Netflix.

Donald Cline, seorang dokter kandungan spesialis fertilitas di Indianapolis, AS secara diem-diem masukin benihnya dalam bentuk sperma untuk praktik inseminasi buatan. Para wanita yang jadi pasiennya pun nggak ada yang tau kalo itu sperma berasal dari dokternya. Lebih parahnya lagi, praktik ini berjalan belasan tahun. Jahat banget kan, asli. 

Gue pribadi ga begitu into ke film dokumenter. Film ini pun juga secara teknis masih banyak yang perlu dieksplorasi. Terutama dari segi build up cerita yang gue rasa kurang deep dive untuk ukuran film dokumenter. Tapi dari sinopsisnya sih yang lumayan bikin jadi penasaran. Scene pembukaan dari film ini lumayan jaw dropping dan ngebuat kepo untuk ditonton sampe kelar.

Well, scene siluet dokter yang dari belakang kelihatan habis kelar masturbasi cukup nge-hook rasa penasaran ini.

Praktik keji Donald Cline ini udah dijalanin dari tahun 70-80an. Di era itu teknologi medis belum secanggih sekarang. Penggambaran adegannya diliatin kalo tempat praktik Donald Cline itu sepi banget. 

Setelah pasien masuk ruangan inseminasi, Donald Cline akan ke ruangan pribadi dia untuk “siap-siap”. Gak pake lama Donald Cline keluar dari ruangan itu dengan udah ngebawa sperma yang siap untuk dimasukin ke dalam rahim pasiennya.

“Kenapa pasiennya gak curiga ya?” itu hal yang selalu terngiang-ngiang di kepala gue sepanjang nonton filmnya. Kebanyakan dari pasien ini dateng dengan bawa masalah kesuburan di pernikahan mereka. 

Kemungkinan udah desperate dan dikasih cara yang instan jadi gak terlalu dipikir panjang kali ya. Mereka pun udah nanda tanganin form yang isinya kriteria pendonor sperma, yang setau pasiennya jadi pilihan mereka sendiri dan spermanya berasal dari sampel residen medis.

Tapi itu semua bohong.

BACA JUGA: MENURUT LO, KENAPA FILM KKN DI DESA PENARI BISA SUKSES CURI PERHATIAN PENONTON?

Jacoba Ballard dalam film Our Father mencari tahu background genetika keluarganya dan menemukan kenyataan pahit.
Jacoba Ballard dalam film Our Father mencari tahu background genetika keluarganya dan menemukan kenyataan pahit. (Sumber: thetab.com)

Berawal dari keisengan Jacoba Ballard untuk cari tahu background genetika keluarganya sendiri, tapi malah ngebawa dia ke kenyataan pahit. Jacoba Ballard ngelakuin tes DNA dan nemuin kalo dia punya tujuh saudara tiri dari situs 23andMe dan Ancestry. Dan jarak mereka satu sama lain pun masih dalam satu negara bagian di Indianapolis semua.

Berbagai cara dilakuin Jacoba Ballard untuk ngungkap kenyataan ini, salah satunya dengan minta bantuan ke Angela Ganote, jurnalis dari FOX59. Semakin diinvestigasi, jumlah saudara tiri yang ditemuin sampe 90an orang. Buset ngebayanginnya aja udah bisa jadi trah keluarga yang guedeee banget kan, kalo Lebaran ga kelar-kelar itu halal bi halalnya.

Secara perawakan juga Donald Cline ini ya kayak kakek-kakek ringkih pada umumnya. Tapi dia selalu ngelak waktu coba dihubungin sama media, dan dia pun nolak untuk ngelakuin tes DNA. Sampe akhirnya kepolisian yang turun tangan baru dia manut tanpa perlawanan.

Anak-anak Donald Cline pada nyoba untuk minta pertanggung jawabannya sebagai ayah biologis yang secara nggak langsung ngancurin hidup mereka. Ya bayangin aja ketika udah beranjak dewasa kemudian nyadar kalo ayah kandung kita ternyata dokter yang nginseminasi ibu kita sendiri. 

Dalam film Our Father, Donalnd Cline secara diem-diem masukin benihnya dalam bentuk sperma untuk praktik inseminasi buatan.
Dalam film Our Father, Donalnd Cline secara diem-diem masukin benihnya dalam bentuk sperma untuk praktik inseminasi buatan. (Sumber: themoviedb.org)

Sayangnya sistem hukum yang kurang jelas ngebuat Donald Cline lolos dari tuntutan. 

Background Donald Cline yang aktif di komunitas keagamaan dan sekte tentang “semakin banyak anak semakin baik” ngebuat dia dapet dukungan dari jemaat-jemaatnya. Tahun 2017 Donald Cline ngaku bersalah, dia nyerahin lisensi kedokterannya ke pengadilan, denda 500 USD dan dikenain hukum percobaan aja. Sebetulnya sejak tahun 2009 dia juga udah pensiun sih, jadi ya kayak buat apaaa gitu nyerahin lisensinya.

Gue sendiri gak habis pikir, kok bisa seorang dokter kandungan praktiknya kayak gini. Mau itu dia ngikut kepercayaan apapun, bro, ada 94 anak yang lahir dan tumbuh dewasa (bahkan mungkin bisa lebih!) karena perbuatan kejinya ini.

Bayangin aja kalo ini kejadian di Indonesia, yang dimana anak-anaknya udah tumbuh besar sebagai milenial - gen Z. Bakal abis dah ni dokter viral karena dispill di Twitter atau bahkan diundang podcast sana-sini.

Beberapa dialog terakhir dari anak-anak Donald Cline atau bisa juga dibilang sebagai korban disini keren-keren banget sih:

“I'm not gonna run away from him, not gonna run away from this story” - Matt White (Sibling #17)

“Instead of destroying me, you made me realize my self-worth. I’m a fighter, I will fight for every sibling and every woman that you assaulted. And I will do this until the fucking day I die” - Jacoba Ballard (Sibling #1)

Selebihnya, it’s still a worth watch movie Civs! Semoga dengan adanya film Our Father bisa jadi pembelajaran buat siapapun yang mau coba praktik inseminasi buatan. (*/)

BACA JUGA: NONTON SERIES MARVEL ‘SHE-HULK’: KEMUNCULAN TITANIA DAN FROG-MAN, JADI SEBUAH PERTANDA AKAN KEHADIRAN ‘SECRET WARS’?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dicky Mahardika

Sehari-hari bikin presentasi, kadang kelamaan mikir buat bikin kalimat deskripsi kayak gini.