Pop

5 FILM PENDEK HOROR KARYA SINEAS INDONESIA YANG SUKSES BIKIN LO KETAKUTAN

Merasa bosan sama film horor yang itu-itu aja ceritanya? Tonton 5 film pendek horor ini! Dijamin bikin lo ketakutan, plus panas dingin. Selengkapnya, baca di sini, Civs!

title

FROYONION.COMIndustri film di Indonesia kembali berjaya pasca vakum karena pandemi. Salah satu genre yang lagi laris adalah horor. Ceritanya beragam, mulai dari mengisahkan sekelompok mahasiswa KKN yang tersesat di desa gaib, sampai sekumpulan orang yang tergabung dalam sekte pemuja setan.

Jika kita flashback, tercatat film horor pertama di Indonesia adalah Doea Siloeman Oeler Poeti en Item (1934), kemudian disusul Beranak dalam Kubur (1971) yang diperankan oleh ratu film horor Indonesia, mendiang Suzzana.

Larisnya film horor hadir dari sumbangsih sutradara top Indonesia yang berhasil meramu kisah mistis maupun urban legend menjadi karya film horor yang fenomenal, sebut aja seperti Joko Anwar, Timo Tjahjanto, Rizal Mantovani, Rocky Soraya, dan masih banyak lagi.

Nggak cukup sampai di situ, ada banyak aktor maupun aktris yang saking seringnya bermain di film horor Indonesia, malah jadi trendsetter tersendiri. Siapa gerangan? Ada Sharefaa Danish, Luna Maya, Asmara Abigail, dan the one and only, mendiang Suzzana.

Di samping larisnya genre horor dalam format film layar lebar, film pendek yang umumnya berdurasi kurang dari 1 jam juga terbukti banyak peminatnya, lho Civs. Favorit gue sih, Grave Torture karya Joko Anwar. Walaupun berdurasi sebentar, dijamin bikin lo merinding!

Eits, selain itu ternyata masih banyak daftar film pendek horor yang sangat gue rekomendasikan untuk lo tonton. Ada apa aja? Mending baca tulisan berikut biar lo nggak penasaran ya, Civs!

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI FILM KARYA SINEAS JOGJA YANG COCOK LO TONTON SEPULANG KERJA

1. GRAVE TORTURE

Urutan pertama, gue sarankan lo untuk nonton Grave Torture. Dari judulnya aja udah kebayang ini film berkisah tentang apa? Yap, siksa kubur! Salah satu masterpiece sutradara Joko Anwar memang nggak pernah gagal memproduksi film horor bertemakan kehidupan sehari-hari, contohnya ini.

Soal sinopsis, film pendek horor berdurasi kurang lebih 8 menit tersebut akan mengajak lo untuk melihat seorang bocah yang nggak terima dengan kematian sang ayah–seorang pembunuh berantai yang diketahui tewas. Sampai, si bocah tersebut ikut masuk ke dalam peti jenazah ayahnya dan mulailah terlihat adegan yang bikin lo panas dingin!

2. JANGAN KEDIP

Joko Anwar lagi-lagi bikin film pendek berdurasi 1 menit yang nggak kalah keren. Sebenarnya, Jangan Kedip adalah film yang tujuannya untuk keperluan kampanye iklan. Biarpun durasinya sebentar, namun sensasinya benar-benar bikin lo serasa diteror.

Film pendek horor ini menceritakan seorang wanita yang terpaksa harus terus menerus membuka matanya. Sekalinya berkedip, eh itu dedemit, setan, hantu, makhlus halus, apapun namanya otomatis terlihat dari mata. Saran gue, lo tonton film ini bareng bestie, biar ada teman yang bisa diajak teriak bersama. Wkwkwk.

3. LANTAI 4

Bisa dibilang, Lantai 4 adalah film pendek yang mewakili imajinasi kita ketika berada di lift. Soalnya, ada banyak adegan di beberapa film yang memainkan sunyinya situasi di dalam lift, kemudian tiba-tiba lift berhenti di suatu lantai, namun anehnya nggak ada satupun orang yang memberhentikan lift.

Begitulah cerita yang berusaha diangkat oleh FX Purnomo, selaku sutradara film Lantai 4 dengan mengembangkan cerita dengan melalui sentuhan mistis yang agak berbeda. Tak lupa kehadiran makhluk halus berwujud seram yang begitu terkait dengan penomoran angka 4–yang katanya pamali menurut keturunan Jawa maupun Tionghoa.

4. MAKMUM

Lo pasti sudah nggak asing sama judul fim pendek ini. Nah, film Makmum yang sempat viral di tahun 2016 ternyata digarap secara sederhana, namun tetap memberikan kejutan yang datang secara nggak diduga. Pasti, ada di antara lo yang kepikiran terus karena kisah yang ada di Makmum, kan Civs?

Sang sutradara, Riza Pahlevi mengangkat kisah di film ini berawal dari sinopsis seorang penghuni asrama putri yang terbiasa bangun di sepertiga malam untuk beribadah. Namun, sampai akhirnya, si pemain utama tersebut tersadar jika ada yang mengikutinya sebagai makmum tak kasat mata. Berani nonton lagi, Civs?

5. YOURS TRULY

Terakhir tapi bukan yang paling akhir. Film pendek Yours Truly merupakan film pendek yang sejujurnya sih bukan murni mengangkat horor, apalagi adegan penampakan setan. Film berdurasi 16 menit ini justru menangkat tema physiological thriller dengan plot twist yang nggak terpikirkan sebelumnya.

Secara sinopsis, film pendek besutan duo sutradara Elvira Kusno dan Ian Salim ini mengangkat kisah seorang pria yang berprofesi sebagai kurir pengantar bunga. Walaupun punya sifat pendiam dan pemalu, sang pria ini perlahan menunjukkan cintanya kepada salah satu penerima bunga yang akhirnya membawa dia kepada mala petaka.

Coba untuk lo yang ngakunya pemberani, dan punya nyali yang nggak ada habisnya–silakan tonton 5 film pendek horor tersebut. Yang pasti, deretan film pendek ini nggak cuma sukses bikin lo ketakutan, namun ada pesan tersirat di dalamnya, Civs! (*/)

BACA JUGA: 5 FAKTA PENDANAAN FILM DI INDONESIA YANG JARANG LO KETAHUI!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas