Music

SINGLE DAN ALBUM TERFAVORIT 2023 PILIHAN ‘RADIO4’ YANG HARUS KALIAN DENGAR

Musisi Indonesia telah merilis single dan album terbaiknya sepanjang 2023. Music discovery podcast Froyonion, Radio4 telah merangkum single/album terfavorit dan menyajikannya untuk kalian.

title

FROYONION.COM - Radio 4 adalah sebuah music discovery podcast oleh Froyonion Podcast (Frodcast) yang tayang dua minggu sekali di platform streaming Spotify. Kalian bisa mendapatkan informasi terbaru berupa 4 nomor musik lokal pilihan lewat setiap episode yang disajikan.

Pada awal tahun ini, Radio 4 telah merangkum single dan album terfavorit yang telah dirilis oleh musisi Indonesia sepanjang tahun 2023. Berikut deretan nomor musik terfavorit 2023 pilihan Radio4 yang harus kalian dengar. 

ALBUM TERFAVORIT 2023

1. Kunto Aji - Pengantar Purifikasi Pikir

Sebagaimana karya musik Kunto Aji lainnya, album Pengantar Purifikasi Pikir pun hadirkan frekuensi suara yang memberikan efek meditasi atau menyembuhkan (healing).

Pengantar Purifikasi Pikir merupakan salah satu album karya Kunto Aji yang paling eksploratif. Lagu “Asimetris” dalam album terbarunya menjadi juara lantaran terdapat ketukan drum yang terasa memikat telinga.

2. Heals - Emerald

Heals berhasil keluar dari aliran shoegaze menjadi progressive rock yang tetap mulus membayangi dengan musik dreamy-nya. 

“Air Emas” kelak akan menjadi favorit kalian begitu mengeksplorasi album ini. Obrolan tentang Heals pun sudah bisa kalian dengarkan di Frodcast.

3. Swellow - Katus

Album Katus oleh Swellow tentu saja masuk ke dalam daftar album terfavorit 2023. Unit indie rock asal Bogor ini berhasil membawakan bahasan sederhana dalam keseharian menjadi kompilasi musik yang heavy.

Sajian musik oleh Swellow uniknya akan mudah didengar juga oleh pencinta musik pop. Kalian yang baru mendengarkan musik Swellow bisa memulainya lewat lagu berjudul “Jeruk”.

4. Nadin Amizah - Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya

Album Nadin yang berjudul Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya memberikan beberapa rasa yang berbeda dari album sebelumnya. 

“Rayuan Perempuan Gila” menjadi juara dari total 11 lagu yang tergabung ke dalam album ini, disusul oleh “Tawa dan Berpayung Tuhan”.

BACA JUGA: MENCARI ARTI BERTUMBUH BERSAMA ALBUM KETIGA KUNTO AJI

SINGLE TERFAVORIT 2023

1. Deredia - Bala-bala

Deredia hadirkan “Bala-bala” lewat penyerapan dari musik Indonesia lama, dan menjadikannya sebagai musik yang lebih fresh. 

Aransemen musik dan liriknya yang terasa relevan membuat “Bala-bala” pantas untuk jadi single terfavorit 2023.

2. Refo & Fauna - Teman Temanku Udah Nikah Aku Masih Nonton Spongebob

Pendengar yang berumur, tapi masih suka nonton kartun, tentu saja akan tertampar dengan lirik lagu Refo & Fauna yang satu ini. 

Namun, liriknya yang satir rasanya dibalut dengan nuansa musik yang riang seakan membuat lagu ini cocok untuk didengar sebagai pelipur lara.

3. Sore - Meraki

Tak terduga Sore membawakan musik reggae pop dalam “Meraki”. Lagu ini hadir sebagai warna baru yang Sore tawarkan.

Pendengar Sore, maupun pendengar musik reggae, rasanya harus mencicipi sajian yang satu ini. Tidak boleh dilewatkan.

4. Namoy Budaya, Heruwa - Olah Reggae

Masih dalam lingkup reggae. Lirik oleh Heruwa, dipadu dengan alunan musik oleh Namoy Budaya, kombinasi ini rasanya membuat badan ingin bergoyang. Tidak salah “Olah Reggae” masuk ke dalam single terfavorit 2023.

BACA JUGA: PROMOTOR MUSIK DILARANG ADAKAN KONSER PADA DUA BULAN INI DI TAHUN 2024

HONORABLE MENTION:

Selain album dan single terfavorit 2023, terdapat juga 8 nomor yang menurut Radio4 perlu untuk kalian dengarkan.

  1. Hindia - Berdansalah, Karir Ini Tak Ada Artinya
  2. Tarrkam - Kameleon
  3. Jo Soegono - Hujan Deras
  4. Fuzzy, I - Corruft
  5. Isyana Sarasvati - UNDER GOD'S PLAN
  6. Melati ESP - E.M.Z.
  7. Ranu Pani - Euforia
  8. Made Mawut, Nosstress - Tabir Kelam

Itulah sejumlah 4 album dan 4 single terfavorit 2023, ditambah 8 nomor honorable mention yang harus kalian dengar di awal tahun ini. Musisi Indonesia selalu hadirkan musik segar kepada pencinta musik tanah air. Jangan sampai kalian melewatkannya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung