Music

MAHANADA RILIS SINGLE ‘FRIENDSHIP’ BERSAMA EUNICE DENGAN SENTUHAN JAZZ

Bersama sahabatnya, Eunice, Nada memberikan kejutan lewat sebuah single terbarunya berjudul “Friendship”. Single ini beraliran musik jazz dengan satu tajuk persahabatan. Intip kisahnya di sini!

title

FROYONION.COMPelantun jazz muda asal Indonesia, Mahanada Putra Yapari atau dikenal sebagai Nada kembali merilis single terbarunya bertajuk Friendship pada 26 Februari 2024 yang membawa kehangatan arti sebuah persahabatan. 

Friendship memberikan warna baru bagi karya anyar Nada. Pasalnya, remaja kelahiran 2009 silam ini berduet dengan penyanyi muda berbakat, Eunice yang ternyata juga sahabat Nada semenjak kanak-kanak. Bahkan, persahabatan mereka dimulai sejak usia balita.

Didukung oleh masing-masing orang tua yang bangga akan kemampuan bermusik dan menjalin hubungan layaknya seperti saudara, Nada dan Eunice semakin menunjukkan eksistensinya dalam berkarya hingga mewujudkan impian untuk berkolaborasi menciptakan single bersama.

“Kami saling mengenal sejak balita, dan keluarga kami berteman baik. Saya dan Eunice sering bermain bersama. Eunice juga mempunyai hobi yang sama di dalam seni. Dimulai dari nyanyi bersama sampai akhirnya kami berkolaborasi di single ini,” terang Nada.

Nada Friendship
Sampul single Friendship oleh Nada berkolaborasi dengan Eunice. (Foto oleh Mahanada Putra Yapari)

Sebagai generasi muda yang kreatif, Nada dan Eunice tahu bagaimana mengemas lagu bernapaskan jazz dengan cara yang nggak membosankan. Misalnya di beberapa penggalan lirik, mereka selipkan sentuhan lirik yang mengungkapkan ekspresi sedih dan tawa, serta teknik jazz waltz dan swing yang apik.

Ketika penulis bertemu melalui sambungan internet, Nada dan Eunice secara istimewa mempersembahkan lagu ini bagi siapa saja untuk selalu mengenang bagaimana tumbuhnya persahabatan yang memiliki penuh arti bagi kehidupan.

“Pesan yang saya ingin sampaikan adalah arti dari persahabatan, bagaimana membangun persahabatan, dan menjaga persahabatan hingga berlangsung lama,” kenang Nada.

“Nada adalah seorang sahabat dan musisi yang luar biasa, dan aku merasa senang bisa diajak berkolaborasi di lagu ini,” timpal Eunice tentang perasaannya berduet bersama Nada.

Penasaran bagimana kisah menarik di balik pembuatan single Friendship karya Nada dan Eunice? Simak selengkapnya hingga selesai di artikel ini.

FRIENDSHIP: SINGLE YANG DICIPTAKAN NADA SAAT BERUSIA 7 TAHUN

Nada dan Eunice
Disatukan oleh dunia musik, Nada dan Eunice begitu percaya diri dengan single Friendship yang digarap bersama oleh mereka. (Foto oleh Mahanada Putra Yapari)

Tepat! Single ini ditulis oleh Nada ketika dirinya berusia 7 tahun. Kita bisa melihat bagaimana sosok anak muda seperti Nada gigih berkarya di belantika musik jazz. Satu harapan yang pasti, ia dan Eunice berharap single ini disukai banyak pendengar.

“Harapan saya, sih, lagu ini dapat diterima dan disukai sama pendengar dan pastinya bisa membawa kebahagiaan bagi pendengar sekalian,” jawabnya.

Seperti pada single sebelumnya, yakni Hometown, Nada turut berkolaborasi dengan sederet musisi jazz beken tanah air, di antaranya Joshua Alexander, Refa Dauna, Kevin Suwandi, dan Hansen Arief.

"Persahabatan bagiku adalah sesuatu yang sangat berharga, dan aku ingin menuangkannya dalam sebuah lagu. Aku harap lagu ini bisa relatable bagi semua orang, regardless of age,” kenangnya.

Oleh karena itu, single ini merupakan karya terbaik Nada dalam menghadirkan sesuatu yang dapat membuat pendengarnya memasuki ruang berisikan kisah seru persahabatan yang telah dipupuk sejak lama.

JATUH HATI KE MUSIK JAZZ KARENA SOSOK SANG KAKEK

Musisi Nada
Nada, musisi belia jazz asal Indonesia yang memiliki segudang pengalaman tampil di panggung terkemuka. (Foto oleh Mahanada Putra Yapari)

Tak banyak orang yang tahu jika Nada merupakan cucu dari maestro jazz asal Indonesia, Jeffrey Tahalele. Nada juga banyak mempelajari gaya bernyanyi dari deretan legenda musisi Jazz, seperti Ella Fitzgerald, Oscar Peterson, dan Artuto Sandoval.

Para musisi jazz tersebut secara langsung membentuk karakter dan gaya bermusik jazz ala Nada. Hal ini terlihat jelas dalam single perdananya bertajuk Hometown, Nada menggunakan teknik swing jazz dengan nyanyian scat yang dominan.

Semenjak usia belia, Nada telah mencicipi deretan panggung jazz terkemuka, di antaranya Semarang Festival, Sanur Jazz Festival Bali, Mostly Jazz Bali, Jazz Traffic Surabaya, Jazz Pahlawan Surabaya, TP Jazz Bandung, dan Java Jazz Festival.

Merasa kecintaannya terhadap musik jazz semakin besar, sampai tiba di usia remaja, Nada akhirnya memberanikan diri untuk bernyanyi pada berbagai gelaran jazz berskala nasional dan internasional hingga sekarang.

“Dimulai diajak nyanyi oleh opa dan oma serta orang tua saya, lama lama saya merasa nyaman dan senang saat saya bernyanyi, terutama musik jazz. Sampai akhirnya saya mendapat kesempatan bernyanyi di berbagai event nasional & internasional sampai saat ini,” pungkasnya.

Single Friendship bisa kita dengarkan secara resmi di seluruh platform musik digital seperti iTunes, YouTube Music, Spotify, TikTok, TikTok Music, Apple Music, Instagram, Facebook, dan Amazon Music. 

LIRIK LAGU FRIENDSHIP OLEH NADA & EUNICE

Oh the bond,

So profound,

That we share,

Love all around,

Brings us joy and no despair,


 

Through the years,

Side by side,

We have shared,

Not to hide,


 

Such a Friendship great and true


 

Through laughs and tears,

It's true you see,

You're always there for me,

Throughout our life,

We've made such mem'ries that,


 

Keeps this,

Precious,


 

Bond

Precious bond,

It has made,

Something very treasured,

Special trust that never fade,

And this song,

This lovely song,

Is to show,

It's here to show,

How our friendship it has grown. 

(*/)

BACA JUGA: ‘HOMETOWN’ OLEH MAHANADA, BAWA NUANSA KERINDUAN AKAN KAMPUNG HALAMAN BAGI PENDENGARNYA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas