Music

FLOWERY MELANCHOLIA: BUAH KOLABORASI THE JANSEN DENGAN THE CAROLINE’S DAN LOON

The Jansen, The Caroline’s dan Loon berkoalisi dan merilis 3-Way Split bertajuk Flowery Melancholia. Ketiga band tersebut akan membawakan dua lagu baru yang belum pernah mereka rilis sebelumnya.

title

FROYONION.COM - Berawal dari berjalannya tur Banal Wisata di sepanjang pulau Jawa, The Jansen kerap bertemu dengan beberapa band. 

Selama tur Banal Wisata, The Jansen berbagi panggung dengan banyak band. Agenda tersebut ternyata membuat The Jansen turut menyukainya begitu merasakan sensasi aksi panggung band-band tersebut secara langsung.

The Jansen bertemu dengan Loon ketika bermain di Semarang dan The Caroline’s yang turut membantu penyelenggaran panggung The jansen di Surabaya. 

Selepas tur, The Jansen masih menjaga alur komunikasi dengan beberapa band yang mereka temui selama tur. Lalu ketiganya—The Jansen, The Caroline’s dan Loon—mencetuskan untuk membuat split.

Mengutip Pop Hari Ini, rekaman split adalah wujud rekaman musik. Mulai dari single, EP, maupun paket album yang dibuat oleh sejumlah artis yang berbeda. 

Pola ini unik karena berbeda dengan kompilasi yang biasanya diikuti oleh banyak musisi. Pola split pun sebetulnya sudah ada sejak tahun 60-an.

Baca Juga: MEMAHAMI ‘LANGIT TAK SEHARUSNYA BIRU’ DARI SISI LAIN

The Jansen, Flowery Melancholia
Flowery Melancholia akan dibawakan pada tur serta hadir dalam bentuk kaset rilisan.

Pada split Flowery Melancholia, tiap band memberikan dua lagu baru yang belum pernah mereka rilis sebelumnya. 

Korespondensi dan alur komunikasi dari band di satu kota ke kota lainnya bisa terjalin dalam bentuk yang bervariasi. 

Mulai dari pola komunikasi yang kasual macam korespondensi harian di jejaring media sosial ataupun yang lebih serius, misalnya mengarah ke proses berkarya macam perencanaan tur di masing-masing kota basis band tersebut.

Sejumlah band kerap menjaga korespondensi untuk tetap saling terkoneksi antara satu dengan yang lain lewat membuat sebuah karya bersama; biasanya dalam konteks dunia musik independen dengan membuat sebuah rilisan split, Flowery Melancholia salah satunya.

Semangat jalinan korespondensi juga hadir dalam perilisan 3-way split oleh The Jansen (Bogor), The Caroline’s (Surabaya) dan Loon (Salatiga) bertajuk Flowery Melancholia.

Rilisan 3-way split ini akan hadir secara bertahap: melalui kanal digital macam Bandcamp, berbagai layanan DSP pada tanggal 21 April 2023, lalu disusul oleh rilisan fisik berformat kaset. 

Kaset rilisannya sendiri akan tersedia dalam rangkaian tur Loon dan The Caroline’s ke berbagai kota. Jadwal turnya antara lain pada pada 29 April 2023 di kota Jakarta, 30 April 2023 di kota Tangerang, lalu pada 1 Mei 2023 di kota Bogor bersama The Jansen. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung