Music

EFEK RUMAH KACA AKAN MAINKAN SET PANJANG ALBUM RIMPANG PADA JULI MENDATANG

Dalam waktu dekat, Efek Rumah Kaca akan mempresentasikan seluruh materi album terbaru mereka, Rimpang, untuk pertama kalinya di Jakarta.

title

FROYONION.COM - Band Efek Rumah Kaca lewat single berjudul “Heroik”, kemudian berhasil menjadikannya sebagai bagian dari album terbaru, Rimpang. Album yang ditunggu-tunggu setidaknya selama 7 tahun tersebut akan dimainkan dalam bentuk set panjang.

Rimpang dalam Pop Hari Ini tercatut sebagai salah satu “Album Indonesia Favorit Kuartal Pertama 2023”. Seluruh lagu dalam album ini bakal hadir dan dimainkan secara live di depan semua pengunjung dalam event bertajuk Pertunjukan Rimpang.

Pertunjukan Rimpang bakal digelar pada Kamis, 27 Juli 2023 mendatang di Stadion Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. 

Pada gelaran tersebut, Efek Rumah Kaca rencananya akan memainkan sebuah set panjang dengan durasi seminimalnya 150 menit. Seluruh lagu dalam album Rimpang (dan materi-materi lama) akan dimainkan di hadapan semua pengunjung.  

Rimpang adalah album penuh keempat Efek Rumah Kaca yang dirilis pada 27 Januari 2023. Album tersebut berisi 10 lagu  yang digarap dengan pendekatan yang lebih kompleks dan fresh

Rimpang menjadi menjadi babak baru band Efek Rumah Kaca, terutama lewat keberadaan personil baru, Reza Ryan (gitar), yang berperan besar dalam pengambilan arah musikal Efek Rumah Kaca hari ini. 

Efek Rumah Kaca beranggotakan Cholil Mahmud (vokal utama, gitar), Poppie Airil (vokal, bass), Akbar Bagus Sudibyo (vokal, drum) dan Reza Ryan. 

Pada penampilan live, band alternative rock ini mempunyai sejumlah musisi tambahan yang sudah bermain bersama selama beberapa tahun terakhir antara lain Agustinus Panji Mahardika, Cempaka Surakusumah, Gracia Andrea, Irma Hidayana, Muhammad Asranur, dan  Nastasha Abigail. 

Pertunjukan Rimpang akan menjadi kesempatan perdana bagi Efek Rumah Kaca untuk memainkan materi-materi dari album tersebut. Ini juga berarti jadi pengalaman eksklusif bagi penonton untuk pertama kalinya menyaksikan Rimpang secara penuh. 

“Dalam pola kerja kami, menggarap lagu di studio selalu memiliki kebebasan teknis yang luar biasa lebar. Kadang, tidak pernah berpikir dulu bagaimana memainkannya di atas panggung karena pendekatan artistik yang berbeda,”  terang Reza Ryan.   

“Rekaman ya rekaman, main live ya main live. Perlu waktu untuk mempersiapkan semuanya supaya bisa  dimainkan. Ada beberapa elemen yang perlu disesuaikan, atau malah bertemu dengan pendekatan suara dan  aransemen yang beda,” tambahnya.

Efek Rumah Kaca berkolaborasi dengan Plainsong Live, promotor asal Jakarta yang dikenal luas karena event musik populer Joyland Festival, untuk mengerjakan pertunjukan Rimpang.  

“Plainsong Live adalah sekumpulan orang yang sama seperti banyak sekali penggemar musik di Indonesia, yang menggandrungi Efek Rumah Kaca dengan kadar yang tidak wajar. Jadi, ketika ada peluang untuk menggelar  Pertunjukan Rimpang, ya langsung kami buat saja,” ujar Ferry Darmawan dari Plainsong Live. 

“Dan benar, kami tidak melakukan promosi yang masif di penjualan perdana kemarin. Secukupnya saja via media  sosial, tapi disambut publik dengan sangat antusias. Per 1 Juni 2023, kami sudah menjual 60% tiket dari kapasitas  yang tersedia. Beberapa kelas bahkan tiketnya sudah terjual habis.” tamba Ferry. 

Pertunjukan Rimpang berkapasitas 4.000 orang. Calon penonton kini hanya tinggal bisa memilih kelas tipe Festival  (Rp 388.000,-), Tribune B (Rp 358.000,-), Tribune C (Rp 298.000,-) di www.plainsong.id/erk. Kelas lain sudah habis terjual dan tidak tersedia.  

“Kerja dengan Plainsong Live selalu menyenangkan. Sudah sama-sama kenal, jadi keinginan masing-masing juga  bisa dikejar dengan mudah. Yang paling penting, bagi Efek Rumah Kaca, materi album Rimpang perlu  dipresentasikan dengan baik supaya pesan yang dikandungnya juga sampai pada publik,” sambung Cholil. 

“Kami ingin idenya menjalar dan membawa pengalaman yang terekam baik untuk semua orang yang hadir nanti,” tambah Poppie Airil. 

Bisa dibilang bahwa Pertunjukan Rimpang adalah sebuah konser khusus yang dibuat oleh sekumpulan penggemar bagi banyak penggemar lain. Ferry Dermawan menutup pernyataan sekaligus mengundang publik untuk menghadiri pertunjukan Rimpang pada  27 Juli 2023 nanti. 

“Semoga jadwalnya aman dan [penonton] bisa mendapatkan tiket. Kesempatan ini adalah sesuatu yang langka di mana Efek Rumah Kaca untuk pertama kalinya memainkan album baru dalam versi utuh. Ditunggu kedatangannya di Stadion Tennis Indoor Senayan.” (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung