Music

DARI RASA SEPI YANG MELAHIRKAN DEBUT SINGLE PERTAMA 'MENANGKAP SEPI' DARI CANDRA MEGAH

Solois pop pendatang baru asal Mojokerto rilis debut single 'Menangkap Sepi', wujud lahirnya sebuah karya yang berangkat dari rasa sepi.

title

FROYONION.COM - Saya kira setiap manusia pasti mempunyai sisi kesepian. Setidaknya bukan seperti kesepian yang ditafsirkan oleh masyarakat modern yang begitu naif memaknainya sebagai jiwa-jiwa yang terasingkan dan menyedihkan. Penyebab utama merupakan ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi hasrat sosialnya sebagai manusia seutuhnya.

Di sela-sela keramaian manusia pasti ada rasa sepi yang hinggap di keramaian, atau lebih jelasnya kita akan merasakan kesepian ketika lama menunggu dosen di ruangannya, sunyi dan sepi pasti akan menghampiri.

Ternyata banyak juga tokoh, pemikir, dan bahkan musisi yang lahir dari kesepian tersebut. Lain halnya dengan masyarakat modern saat ini, mereka para tokoh yang lahir dari kesepian malah menangkap rasa sepi tersebut. Banyak ide dan gagasan yang menghasilkan sebuah karya lahir dari kesepian. 

Salah satu solois yang lahir dari rasa sepi adalah Candra Megah. Candra Megah merupakan solois, penulis, dan bahkan seorang produser asal Mojokerto, Jawa Timur. 

BACA JUGA: TIDAK PERLU PUNYA PACAR, KAMU BISA LAKUKAN INI SAAT KESEPIAN

Candra Megah
(Sumber foto: Candra Megah)

Kali ini Candra Megah berhasil merilis single yang bertajuk 'Menangkap Sepi' melalui Bulan Penuh Record pada 19 Juli 2023. Lagu 'Menangkap Sepi' pun merupakan perkenalan Candra Megah sebagai seorang musisi solois sebelum merilis album EP di waktu mendatang. 

Perkenalan saya dengan dengan Candra Megah ketika Ia tampil sebagai seorang solois di helatan Urun Suasana; Engkau dan Aku, Kediri, 25 Juni 2023 kemarin. Dari perkenalan itu saya baru tahu ternyata Candra juga seorang gitaris Holigrey, band Indie rock Mojokerto.

Selain rasa sepi, Candra mengungkapkan bahwa Ia juga terinspirasi dari seperti Sean Lennon, The Beatles, Dewa 19 dan Sheila on 7. Sedangkan dari segi lirik Ia lebih dekat dengan kehidupan realitasnya. 

Dalam sepi ku meruang merindukan | Yang tlah usang; yang tlah hilang | Yang tlah lama tak terulang | Entah kapan engkau kembali datang.

Ku rindukan gundah jiwa | Gelisah mekar berbunga | Setiap cinta; setiap luka | Ku inginkan semua.

Dari penggalan lirik 'Menangkap Sepi', Candra Megah mencoba menggambarkan dirinya yang menangkap akan ruang-ruang yang telah lama hilang, baik itu teman, keluarga, kekasih atau bahkan luka melalui lagunya.

Pengalaman akan kesepian itu sendiri telah mengajarkan untuk berdiskusi dengan pikirannya, sehingga telah melahirkan sebuah single pertamanya 'Menangkap Sepi'.

Pada debut lagunya ini, Candra merekam instrumen secara mandiri di Sonikraft Studio dibantu Satria Akbar Pranata untuk mengisi keyboard, Padhank Mahesa pada bass dan sebagian part gitar dibantu oleh Teguh Joyosantiko. 

Sedangkan untuk vokal Candra merekam di Lazarus Record Studio. Lagu 'Menangkap Sepi' sendiri di mastering oleh Andrianto Wahyu, yang juga menjadi partner Candra di Sonikraft. Pada visualnya sendiri dikerjakan M. Januar Adib; yang juga mengerjakan photoshoot, artwork, visual, vidio serta tata letak. 

Kini debut single 'Menangkap Sepi' milik Candra Megah bisa kamu nikmati di berbagai macam digital streaming provider kesayanganmu. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ricky Alfandi

Content writer, freelance jurnalist, suka musik dan suka nonton konser.