Music

6 ISTILAH YANG WAJIB KAMU TAHU SEBELUM NONTON KONSER!

Sebelum nonton konser, wajib tahu banget nih istilah-istilah yang sering dipakai antar sesama fans yang mau nonton konser. Check it out!

title

FROYONION.COM – Tahun 2023 ini banyak banget musisi-musisi dalam negeri maupun luar negeri yang mengadakan konser. Sebenarnya tidak hanya konser, ada juga festival musik dan fanmeeting. Nah, biasanya ada beberapa istilah yang sering banget digunakan untuk acara musik. 

Istilah ini sering juga dimention oleh promotor sebagai bahan informasi untuk calon penonton yang akan nonton konser. Gak cuma itu, para fans juga sering memakai istilah-istilah ini di media sosial, biasanya digunakan ketika membicarakan persiapan war ticket, mencari teman apabila ada yang pergi sendirian, juga sekedar meramaikan euforia menjelang konser dan hal lainnya yang terkait konser. 

Biar gak bingung, ini dia istilah-istilah yang sering dipakai dalam acara konser. 

QN 

Biasanya di medsos itu suka rame “QN besar atau kecil?” “Eh, QN berapa?” Nah, arti dari QN adalah queue number atau nomor antrian dalam bahasa Indonesia. Biasanya QN diperoleh setelah kita berhasil mengamankan tiket konser yang mau ditonton. 

Gunanya QN itu untuk nomor antrian kita saat menunggu di holding area sebelum masuk ke venue yang ada stagenya. Antrean QN umumnya dimulai dari yang nomorya paling kecil. Semakin kecil QN yang dimiliki, kesempatan untuk berada di dekat panggung akan semakin besar karena akan diberikan akses untuk masuk duluan. QN ini hanya berlaku ketika sedang antre saja, kalau setelah masuk venue dan misal terlambat gak ikut ikut antre di holding area, walau QN yang dimiliki kecil tetep gabisa dapet yang paling depan. 

Jadi pastikan kalau kamu punya QN kecil, jangan terlambat ya okay!

HOLDING AREA 

Istilah ini masih ada kaitannya sama QN ya. Holding area ini adalah tempat nunggu atau antre sebelum masuk ke venue yang sebenarnya. Biasanya promotor punya jadwal pada jam berapa para penonton diizinkan untuk masuk venue. Nah, biasanya penonton nunggunya di holding area. Antre di holding area pakai QN ya. 

Holding area ini lebih sering ada di acara konser musik Kpop. Contohnya saat konser R to V Red Velvet, venue itu ada di Hall 5, untuk holding area di Hall 6 yang ada disebelah Hall 5. 

Nah, di holding area juga bisa jadi ajang buat kenalan atau sekedar ngobrol antar sesama fans sembari nunggu diperbolehkan untuk masuk venue

CAT

CAT ini diambil dari bahasa Inggris, category. CAT digunakan promotor untuk menamai tiket-tiket yang akan dijual. CAT ini biasanya terdiri dari beberapa kategori. CAT pada umumnya akan diannounceoleh promotor sekitar maksimal satu bulan sebelum pelaksanaan konser, ada juga yang udah keluarin pengumuman harga CAT dari beberapa bulan sebelumnya. 

Semakin besar venue konsernya, CAT pun akan semakin beragam. Seperti contohnya konser COLDPLAY yang akan diadakan di stadion GBK, memiliki sekitar 11 kategori. Tetapi, hal itu kembali lagi pada keputusan dari pihak promotor ya. 

BACA JUGA: KENAPA GEN Z SUKA BANGET MENCIPTAKAN ISTILAH BARU?

Seringnya sih, CAT yang semakin kecil akan semakin mahal karena artinya kamu bakalan dapat posisi yang deket banget ke panggung, jadi lihat artisnya pun semakin jelas. 

CAT ada dua jenis yaitu CAT yang penontonnya berdiri (standing) dan CAT yang penontonnya duduk (seating). Biasanya, untuk CAT yang duduk itu di poster pengumuman akan tertulis seated di samping harga CAT. 

Jadi kalian prefer CAT apa nih?

EYE-LEVEL

Kalau konser pastinya kita pengen banget mengabadikan momen itu dengan cara merekam saat artisnya sedang tampil agar nanti setelah konser kita bisa tonton ulang rekaman itu. Tetapi banyak banget fans yang seringkali gak menghargai sesama fans, salah satunya fans yang merekam dengan cara mengangkat handphone terlalu tinggi. 

Bahkan di media sosial khususnya twitter, kalau ada yang merekam tinggi itu sebutannya ‘merekam setinggi harapan orang tua.’ Nah, untuk menghindari hal tersebut, beberapa promotor dan fanbase memberi himbauan untuk merekam dengan cara eye-level

Merekam setara eye-level ini jadi pas rekam, handphonenya sejajar dengan mata kita. Tujuannya, agar gak menghalangi penonton lain yang ada di belakang kita. 

Nah, sesama penoton jadinya gak ada yang rugi ya. 

FANCHANT

Fanchant ini bahasa mudahnya adalah yel-yel. Fanchant ini seringnya muncul di konser Kpop. Setiap lagu biasanya punya fanchant tersendiri. Fanchant juga gak sembarangan, tetap ada nada dan ritmenya. 

Fanchant juga jadi salah satu daya tarik loh ketika menghadiri konser, karena lewat fanchant jadi cara untuk memeriahkan suasana ketika konser dan juga untuk menyemangati sang idola. 

Udah pada hapal fanchant idola kalian belum?

SN

Sebelumnya ada QN, kali ini SN. SN ini merupakan singkatan dari seat number atau nomor kursi. SN hanya ada di kategori yang memiliki keterangan seated. Apa beda QN dan SN, QN itu nomor antrian yang hanya bisa digunakan ketika antre di holding area dan ketika masuk venue sudah tidak berlaku, sedangkan SN adalah nomor kursi yang nantinya bakal jadi tempat duduk kita di dalam venue.

Keuntungan bagi pemegang SN atau penonton yang memilih kategori seating, tidak perlu antre datang lebih dulu karena di dalam venue sudah punya posisi masing-masing beda halnya dengan penonton kategori standing yang harus datang lebih awal untuk mengantre dengan QN yang mereka miliki. 

Sama seperti QN, SN biasanya akan muncul setelah berhasil melakukan pembayaran tiket. 

Itu dia istilah-istilah yang sering digunakan ketika konser musik. Semoga bisa membantu buat kamu yang pertama kali ingin nonton konser! Have fun! (*/) (Photo credit: Fadhil/Froyonion)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Alifa Salmaa

Alumni sasjep yang suka pop culture dan belum kesampaian jadi anime.