Music

RAYAKAN 3 TAHUN BERMUSIK, UN1TY GELAR KONSER TUNGGAL PERDANA

Boyband Indonesia, UN1TY, sukses menggelar konser tunggal mereka untuk merayakan 3 tahun bermusik. Para fans dari berbagai penjuru Indonesia berbondong-bondong mengguncang Ciputra Artpreneur dengan teriakan mereka. Terbukti, penampilan mereka emang berkesan.

title

FROYONION.COM - Buat lo yang belom kenal sana UN1TY, sini kenalan dulu. 

Boy band jebolan audisi 1ID Music Project ini resmi debut sejak 9 Desember 2019 lalu. Terdiri dari 7 orang cowok-cowok: Farhan, Shandy, Gilang, Fenly, Fajri, Zweitson, dan Fiki. Ketujuh anggota UN1TY ini sekaligus merepresentasikan keberagaman budaya Indonesia, salah satunya dari daerah asal mereka. Mulai dari pulang Sumatera, Jawa, Sulawesi, hingga Papua direpresentasikan oleh para anggota UN1TY. 

Hal ini juga selaras sama nama grup mereka yang merepresentasikan semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika alias Unity in Diversity. Nggak heran kalo UN1TY jadi boy band yang Indonesia banget, Civs!

Tepat 3 tahun berkarya, akhirnya UN1TY bisa menggelar konser tunggal mereka buat ngerayain momen memorable ini bareng YOUN1TE (panggilan akrab fans UN1TY) bertajuk UN1TY UN1VERSARY:THE SHOW. Digelar pada Sabtu lalu (17/12) di Ciputra Artpreneur Jakarta, UN1TY berhasil guncang indoor theatre dengan penampilan totalitas mereka. 

BACA JUGA: SOEGI BORNEAN, BAND YANG BERNUANSA JAWA-KALIMANTAN

UN1TY tampil pada konser tunggal pertama mereka untuk merayakan anniversary ke-3. (Foto: Froyonion/Grace Angel)
UN1TY tampil pada konser tunggal pertama mereka untuk merayakan anniversary ke-3. (Foto: Froyonion/Grace Angel)

Beberapa lagu hits mereka seperti Satu, Coba Cintaku, Restu Waktu, Baby, dan Friendzone juga turut dibawakan dalam konser yang juga menggandeng musisi 1ID Entertainment lainnya seperti V1RST, Melvin, dan Christie. 

Uniknya, ada juga beberapa lagu lain yang justru mengguncang panggung. Seperti medley lagu-lagu daerah asal para anggota UN1TY, jingle Pepsodent dan It’s Alright yang merupakan lagu kolaborasi mereka dengan Livin’ dari Bank Mandiri. Mengejutkannya, kedua jingle yang mereka bawakan ini malah nyantol banget di benak para YOUN1TE loh! 

BACA JUGA: YOGYAKARTA MENJADI TITIK PERTAMA TOUR BANAL WISATA DARI THE JANSEN

Ratusan YOUN1TE memenuhi teater Ciputra Artpreneur, siap memeriahkan konser UN1TY idola mereka. (Foto: Froyonion/Grace Angel)
Ratusan YOUN1TE memenuhi teater Ciputra Artpreneur, siap memeriahkan konser idola mereka. (Foto: Froyonion/Grace Angel)

Selain membawakan lagu yang unik dan seru, UN1TY juga memberikan penampilan live yang amat menghibur, rapi, dan tulus. Karena waktu nonton langsung, nggak ada satupun dari mereka yang lipsync, bener-bener nyanyi live sambil nari! Nggak cuma nyanyi dan nari, mereka juga banyak berinteraksi dengan para penonton. Mulai dari turun ke bangku penonton sambil perform sampe ngajak salah satu penonton untuk nyanyi bareng di panggung. 

“Menurut gue seorang performer yang baik adalah mereka yang bisa totalitas di panggung, baik nari dan nyanyi. Selain itu juga harus bisa mengesampingkan semua masalah supaya bisa memberikan penampilan terbaik buat semua yang nonton,” tutur Zweitson, salah satu anggota UN1TY, saat diwawancara tim Froyonion.com sesaat sebelum konser.

Selama 3 tahun berkarya, sudah banyak ups and downs yang udah mereka lewati. Mulai dari adaptasi saat pandemi yang membuat mereka membesarkan online presence lewat sosial media. Selayaknya bagi semua orang, pandemi juga merupakan masa-masa tersulit UN1TY. Perasaan down karena nggak bisa tampil secara langsung juga sempat menyergap mereka.

Tapi akhirnya kerja keras mereka terbayar dengan penghargaan Breakthrough Artists of the Year pada perhelatan Indonesian Music Awards 2022. 

BACA JUGA: CERITA AIS LUGU, ‘HANTU GIGS’ JOGJA YANG SUPPORT BAND-BAND LOKAL

Nyerah karena pandemi? No, no, no… Kalo nyerah mah nggak bakal dapet AMI Awards, ea~ (Foto UN1TY: Froyonion/Grace Angel)
Nyerah karena pandemi? No, no, no… Kalo nyerah mah nggak bakal dapet AMI Awards, ea~ (Foto: Froyonion/Grace Angel)

“Bagi musisi, pasti rekognisi adalah hal yang sangat berarti. Kami senang bisa diapresiasi dan penghargaan ini jadi motivasi untuk kami bisa berkarya lebih giat lagi,” tutur Fiki. 

Menurut gue, UN1TY jadi standar performer buat vokal grup atau boyband lain di Indonesia. Karena mereka bener-bener membuktikan kalau kerja keras dan latihan nggak ada henti adalah resep (nggak) rahasia dari penampilan apik mereka. 

Kiranya sepak terjang UN1TY bisa jadi semangat ya buat kita untuk terus semangat berkarya! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.