Movies

FILM ‘SIKSA KUBUR’ KARYA JOKO ANWAR, JADI PENGINGAT ATAU SEKADAR HIBURAN?

Siksa Kubur hadir dengan genre horor religi yang mengangkat tentang rasa tidak percaya akan adanya tuhan. Film Siksa Kubur akan tayang di bioskop pada 10 April 2024!

title

FROYONION.COM - Film Siksa Kubur membawa sinopsis yang sangat menarik. Film ke-10 karya sutradara Joko Anwar ini akan tayang pada tanggal yang sama dengan Lebaran 2024.

Siksa Kubur bercerita tentang Sita (Faradina Mufti) yang keduanya orang tuanya menjadi korban dari peristiwa bom bunuh diri. Kejadian tersebut membuat Sita jadi tidak percaya lagi pada agama.

BACA JUGA: PENJELASAN FILM PENGABDI SETAN 2 BESERTA TEORI-TEORINYA, HATI-HATI SPOILER!

Sejak peristiwa tersebut, Sita sangat berkeinginan untuk masuk ke dalam kuburan orang paling berdosa untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama sudah tidak lagi relevan.

Peristiwa mengejutkan pun terjadi ketika Sita berupaya membuktikan hal tersebut. Kalian bisa bisa menyaksikan potongannya lewat trailer Siksa Kubur yang baru rilis.

BACA JUGA: ‘LEVITATING’: FILM KETIGA WREGAS BHANUTEJA, KETIKA KESURUPAN MENJADI HIBURAN

Film Siksa Kubur adalah produksi Come and See Pictures. Lewat trailer di atas, kalian bisa melihat keindahan sinematografi serta akting tokoh utama Sita (Faradina Mufti) dan Adil (Reza Rahadian).   

“Faradina Mufti dan Reza Rahadian bukan sekadar memainkan peran, tapi bertransformasi menjadi karakter yang mereka bawakan. Demikian juga dengan jajaran cast yang lain. Dari trailer sudah terlihat penampilan mereka yang memukau,” kata Joko Anwar.

BANJIR PIALA CITRA 

Selain Faradina dan Reza, kalian juga akan cast lainnya yakni Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Jajang C. Noer, Niniek L. Kariem, Happy Salma, Djenar Maesa Ayu, Putri Ayudya, Arswendy Bening Swara, Fachri Albar, Muzakki Ramdhan, dan Egi Fedly.

Dari nama-nama di atas, jika dihitung berapa jumlah Piala Citra yang diraih, totalnya yaitu sejumlah 51 Piala Citra. Faradina Mufti adalah peraih nominasi Piala Citra FFI 2020, lalu Reza Rahadian adalah peraih lima Piala Citra FFI. 

PENGGARAPAN YANG SERIUS

“Dalam proses yang kami lalui, kami melakukan berbagai kajian berdasarkan riset, kajian agama, baik dalam bentuk audio, buku hingga ceramah agar tidak menyalahi ajaran agama, dan bisa menjadi bahan renungan untuk penonton dan pembuat filmnya,” ujar Joko Anwar.

Sewaktu menggarap film Siksa Kubur, Joko Anwar pun sampai harus mundur dari proyek film dari studio Hollywood pada tahun lalu. Ia turut mengatakan bahwa film Siksa Kubur juga akan menjadi film yang interaktif. 

BACA JUGA: ‘FRITZCHEN’ JADI DEBUT FILM JOKO ANWAR DI ‘TANAH SUCI’ PERFILMAN HOLLYWOOD

Siksa Kubur membicarakan kehidupan setelah kematian, tema ini bisa menjadi pengingat, tapi bisa juga hanya sekadar hiburan. Joko Anwar berharap penonton juga bisa berdiskusi setelah menonton film Siksa Kubur yang tayang pada 10 April 2024. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung